Friday, December 21, 2012

IKAN KEMBUNG & IKAN LELE


Mengingat sejenak makanan kesukaan anak saya yang pertama Farras Fadhil Muhana  ketika berumur 3 tahun (sekarang 6 tahun) akan ikan kembung, membawa saya menuju komputer untuk bertanya pada “mbah” Google tentang kandungan gizi dalam ikan kembung. Bukan apa-apa, anak saya kalau makan, senang sekali dengan ikan kembung. Kalau ditanya, Farras hari ini mau makan dengan apa? Pasti jawabannya dengan ikan kembung. Jadi…. Hampir setiap hari menu yang Farras pilih adalah ikan kembung. 


Berbeda dengan Farras yang sekarang, yang sudah berumur 6 tahun. Ikan yang dia senangi sekarang ini adalah ikan lele. Hampir setiap malam menu yang dipilih Farras adalah ikan lele. Dan bedanya lagi, kalo dulu…. Ketika Farras menggandrungi  ikan kembung, saya menggoreng sendiri ikannya, tapi kalau ikan lele, saya lebih sering beli. Saya tidak bisa mengolah ikan lele, dari mulai mematikannya (apa ya… bahasanya J yaahh.. pokonya begitu deh… hehehe…),sampai  membersihkannya, kalau menggorengnya sih… bisa… hehehe… Dibanding ikan kembung, ikan lele lebih sulit (menurut saya). Ikan kembung sih…. dibersihkannya gampang, kalo ikan lele…. nyerah deh…

Mencermati makanan favorit Farras, saya berharap manfaat yang dikandungnya bisa memenuhi nutrisi hariannya. Iseng-iseng search di Google, ini dia hasilnya….

Kandungan gizi Ikan Lele : 

1.       Sumber  Energi
2.       Protein
3.       Lemak
4.       Kalsium (Ca)
5.       Fosfor (P)
6.       Zat Besi (Fe)
7.       Natrium
8.       Tiamin (B1)
9.       Riboflavin (B2)
1.       Niasin
1.      Omega 3




Sementara kandungan gizi Ikan Kembung :

1.      Energi
2.      Lemak
3.      Protein
4.      Serat
5.      Sodium
6.      Kalium
7.      Omega 3
8.      Kalsium (Ca)
9.      Fosfor (P)

1.      Zat Besi (Fa)

Semoga bermanfaat :)

10 comments:

  1. kalo saya nyerah segala jenis ikan,, ga bisa bersihinnyaaa (di-siangin kalo bahasa saya mah, haha)... saya maunya yg udah bersih, udah dipotong2, tinggal goreng, kalo masih bentuk ikan utuh biarpun udah mati saya nyeraaah.... ga bisa megang ikan saya mb... geli gimana gitu, licin2, haha...*emak manja* :D

    ReplyDelete
  2. @ catatanmamnisa : hahahha... awalnya saya juga ga bisa membersihkan ikan,tapi berhubung keadaan mendesak, jadi saya belajar ke ibu saya, hehehe...

    ReplyDelete
  3. kl sy beli ikan biasanya minta tolong sm penjual utk matiin. Kalo perlu sekalian motong2nya. Jd di rumah tinggal di bersihin trus diolah :)

    ReplyDelete
  4. @ myra anastasia : emang enak begitu ya, mba...
    tapi di komplek rumah saya, ibu warung nya ga mau membersihkan :( Jadi terpaksa deh... beli matengan, hehehe...

    ReplyDelete
  5. mahal nggak bu ikan gembung nih?
    kalo gizinya banyak tapi mahal ya musti pikir pikir dulu dunk

    ReplyDelete
  6. @ Mohamad rivai : Ikan Kembung harganya relatif murah pa, terjangkau....

    ReplyDelete
  7. sebagai anak pantai aku suka ikan. sudah belajar menyiangi (kayakrumputaja) klo bahasa jawa nyisiki (membuang sisik) sejak SD.
    tapi sejak di Bandung, sampah cuma diambil seminggu dua kali, klo mau masak ikan/udang/cumi dll nunggu hari pengambilan sampah.

    ReplyDelete
  8. @ Titi Esti : Waah.... enak dong mba ya, bisa makan berbagai jenis ikan, kalo anak saya pasti senang tuh...
    Limbah ikan kalau tidak langsung dibuang memang menimbulkan bau yg sangat tdk enak ya... apalagi udang

    ReplyDelete
  9. Kalo saya beli nasi bungkus di Nasi Padang saya suka pesen ikan kembung. Murah meriah, enak dan garingnya itu suka banget :) Pas lah buatporsi sendiri.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran