Friday, January 04, 2013

Hadiah Atas Raport Farras

Alhamdulillah…. raport perdana Farras, anak pertama saya memuaskan. Nilai tertinggi di kelas nya. Saya, sebagai  ibunya sempat deg-deg an juga ketika akan menerima raport Farras, bagaimana ya.. hasilnya? Apakah memuaskan, sesuai dengan usaha Farras dalam belajar? Dan ternyata… nilai raport Farras sesuai dengan kerja keras nya dalam belajar. 

Kalo boleh memuji anak sendiri, Farras termasuk anak yang mudah menyerap segala macam pelajaran, sehingga tidak ada kesulitan dalam membimbing belajar Farras, bahkan vocab bahasa Inggris yang sudah dipelajari Farras di semester pertama ini, sudah Farras hapal di luar kepala semua, termasuk cara penulisannya. Begitu juga dengan matematika & math, cepat sekali bisa dimengerti Farras, jika ayahnya sedang menerangkan pada Farras.

Kemampuan Farras dalam akademik, memang sudah terlihat sejak Farras dikenalkan pada angka dan huruf. Dan ketika Farras masuk sekolah Kober, Farras semakin terlihat menonjol diantara teman2 nya dalam hal akademik, sehingga ketika Farras tamat dari Kober, Farras mendapatkan predikat Cerdas Kognitif. Pun ketika Farras masuk TK, guru Farras di TK A dan TK B menilai Farras memiliki kecerdasan diatas teman2 nya yang lain. Alhamdulillah…. Tapi ini suatu tantangan besar bagi kami, sebagai orang tua nya, bagaimana kami bisa mendidik Farras bukan hanya akademik saja, tapi kecerdasan2  lainnya yang juga penting untuk diolah dan unggulkan. 

Dari kecil, Farras adalah anak yang sangat aktif, tidak mau diam selalu bergerak. Dan hal ini lah yang kadang membuat orang2 di sekitar Farras seperti mbah nya, tante nya, om nya, sepupu nya, “gerah”, karena ada saja kelakuan Farras yang bikin hati “jumpalitan” dan  teriakan2 dari siapa saja yang melihat tingkah Farras, sehingga akhirnya saudara2 nya bilang Farras nakal. Saya suka sedih kalo sudah ada yang menyebut Farras nakal, karena pada dasarnya tidak ada anak yang nakal, kita nya saja sebagai orang dewasa yang suka me “label”  kan hal tsb pada anak yang tidak mau diam, cenderung sulit diatur. Berilah “label” yang baik pada anak, karena  itu akan membantu anak menjadi lebih baik.  Kok… saya jadi melantur ya, bercerita tentang Farras….. :)

Dan ketika saya menerima raport Farras, bu Guru berpesan, supaya sikap Farras dijaga, karena Farras kalau di dalam kelas tidak mau diam, selalu berjalan2, juga dengan ucapan Farras, karena Farras kalau berbicara suka teriak2. PR buat kami sebagai orang tua Farras.
Tapi walaubagaimana pun, karena nilai raport Farras sudah memberikan yang terbaik, kami memberikan reward atas kerja keras Farras dalam belajar. Farras kami ajak berkunjung ke rumah tante nya di Semarang, bersama mbah nya, adik nya, kami orang tuanya, tante nya yang lain dan sepupu nya. Walaupun sebenarnya jalan2 ini sudah direncanakan jauh2 hari sebelum Farras menerima raport, tapi tetap saja diperhitungkan sebagai hadiah atas raport Farras :), juga keinginan2 Farras yang lain, akan kami penuhi, seperti ingin main game animal kaiser, ingin jalan2 ke mall, makan di luar rumah dll (kami turuti semuanya, mumpung keinginan nya ga berat hehehe….).

PR kami dari bu Guru tentang sikap dan ucapan Farras, sedikit2 kami ingatkan pada Farras. Ketika Farras bersikap kurang sopan, kami ingatkan dan kami nasehati, ketika Farras berbicara tidak sopan, kami ingatkan dan kami beri nasehat juga, supaya Farras mengerti bahwa hal ini adalah hal penting yang harus Farras rubah, karena Farras sudah besar, sudah kelas 1 SD, sudah berusia 6,5 tahun.
Suatu ketika Farras bilang : “ Bu… kalau semester depan Farras ranking 1 lagi dan sikap Farras sudah berubah, hadiah nya uang 200 ribu ya, bu?” Waduh… saya fikir, minta hadiah kok uang ya….. (sambil senyum2). Lalu saya jawab : “Oke…. Tapi kalo sikap nya belum berubah ,100 ribu aja hadiahnya”.
Farras menjawab (sambil mikir, ga tau apa yang difikirkan) : “ Iya deh….”

8 comments:

  1. anak yang cerdas sekali..(kalau mengenai gaya bicaranya yang suka teriak2 jadi ingat ma anakku) kalau mengenai kesopanan.., kenapa ya anak2 sekarang cenderung agak berani ma orang dewasa?? pe-er buat kita sebagai orangtua...

    ReplyDelete
  2. @ cassandra aulia : terima kasih sudah berkunjung..
    Kalau anak2 yg masih usia 6-7 mungkin sama ya, dulu dgn skrg,ada anak aktif dan ada juga yg tdk begitu aktif. Dan utk saya sendiri, memberi nasehat pada anak saya, keknya mulut ini udah dower kali hehehe....

    ReplyDelete
  3. dapet duit yaa bund, kenapa gag dapet barang ajah lebih asyik berkesan :D

    selamat buat farras yaa rangking 1 :D

    ReplyDelete
  4. @ Niar Ci Luk Baa : Ga tau tuh... anak saya, bisa2 nya punya ide hadiah duit. hehehe...

    ReplyDelete
  5. semoga hadianya itu bikin Farras tambah semangat belajar ya.. Selamat juga utk prestasinya.. selama permintaannya wajar dan anaknya memang berprestasi gpp ya kasih reward.. sy juga gitu :)

    ReplyDelete
  6. @ myra anastasia : saya dpt ide nulis ini, karena baca postingan mba myra. makasih ya.....

    ReplyDelete
  7. hihihihi itu uangnya biasanya digunakan faras untuk apa bunda? lucu nian :)

    ReplyDelete
  8. @ Rumah Al Banna : hehehe... saya juga ga tau mau dibuat apa uang nya :)mungkin ada sesuatu yang ingin dibeli Farras

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran