Thursday, April 04, 2013

[BeraniCerita #06] Antara Eyang, Rino Dan Ratna

Tak perlu waktu lama, Rino akhirnya sampai di rumah bergaya Jawa kuno yang cukup besar. Halamannya luas dengan beberapa pohon beringin. Tampaknya rumah ini adalah rumah turun-temurun.

Tok, tok! Rino mengetuk pintu.

Tak lama pintu dibuka. Rino terkejut melihat sosok yang berada di hadapannya.
“Ratna?” Tanya Rino. Ratna pun tak kalah kagetnya melihat kedatangan temannya di rumah Eyangnya ini. “Rino? Ngapain kamu disini?” Tanya Ratna.
“ Lho…. Kamu juga ngapain disini?” Rino balik bertanya. 
 “ Lho… ini kan rumah Eyangku, suka suka dong… kalo aku ada disini”. Ratna menjawab ketus. Ratna memang lagi sebal sama yang namanya Rino. Gimana ga sebal, setiap hari adaaa aja keisengan  Rino pada Ratna di kampusnya, tepatnya kampus mereka, karena memang Rino dan Ratna teman se kampus.
“ Eyang kamu? Gak salah? Ini kan rumah Eyang Putriku!” Teriak Rino tak mau kalah.
“Apa??”  Ratna terkejut. “Eyang putri Rino?” Bisik hati Ratna. “Ini kan,  rumah Eyang Putri aku, kok bisa sih…” Batin Ratna kembali. Belum juga kedua makhluk tersebut menyelesaikan pikiran mereka masing-masing…
“Ada apa ini ribut sekali disini”. Eyang Putri keluar dari dalam kamar.
“Eyang…. “ Berbarengan Rino dan Ratna memanggil Eyang. Dan mereka pun tanpa sadar saling memandang heran. Rino mencium tangan Eyang Putrinya.
“Eyang, apa kabar?” Sapa Rino. Eyang hanya tersenyum.
“Kalian berdua, duduklah”. Perintah Eyang.

“Kalian pasti heran, kenapa Rino memanggil Eyang dengan sebutan Eyang dan Ratna pun memanggil Eyang dengan sebutan yang sama dengan mu, Rino” Eyang Putri membuka percakapan.
Wajah sangat penasaran terlihat di wajah Rino dan Ratna.
“Kalian sama-sama cucu Eyang, hanya saja Ratna adalah cucu langsung dari anak semata wayang Eyang, sementara Rino sebenarnya adalah cucu dari adik Eyang, yang sudah lama meninggal, yaitu mbah Seno, tapi tetap saja kan, Rino adalah cucu Eyang?” Lanjut Eyang lagi.
“Jadi kami bersaudara, Eyang?” Tanya Rino dan Ratna hampir berbarengan.
Eyang mengangguk. “Eyang sudah lama tahu kalian teman se kampus, tapi Eyang belum sempat bercerita pada kalian, karena kesibukan kalian, makanya ketika Ratna ada disini, Eyang memanggil Rino untuk datang kesini, supaya kalian tahu kalau kalian ini bersaudara”.  
Rino dan Ratna saling berpandangan. Rino tersenyum manis pada Ratna, semanis hatinya yang sekarang bisa lebih leluasa untuk  ngisengin Ratna, sementara Ratna tersenyum kecut, sekecut hatinya yang masih belum terima atas keisengan Rino setiap kali mereka ada di kampus.  

#381 kata#

28 comments:

  1. Wiih... mbak Santi sdh langsung tancep gas saja... apik, mbak :)

    ReplyDelete
  2. Kenapa jadi teringat Eyang Subur, ya :))
    Nice ;)

    ReplyDelete
  3. waah, cepatnyoo.. keren mbak! :)

    ReplyDelete
  4. mantap!
    Dah jadi aja nih mbak.. Hehehe

    ReplyDelete
  5. eh, ada Ratna nya. Jadi inget Galih dan Ratna mbak.. :D

    ReplyDelete
  6. @ Mechta : mumpung ide nya lagi keluar, jadi meluncur deh.... hehehe...

    ReplyDelete
  7. @ Nina : hahaha... eyang subur yang fenomenal...

    ReplyDelete
  8. @ tami : hehehe... biasa aja tho, mba... :)

    ReplyDelete
  9. @ Lidya : mentang2 eyang subur lagi naik daun, ya mba... :)

    ReplyDelete
  10. @ Etika Maria : iya nih, mba :) kadang ide lagi ga ada. Lha ini... ide nya muncul :)

    ReplyDelete
  11. @ Aisyah : heuheuheu... Galih & Ratna yang tenar pada zamannya, tapi tak pernah lekang oleh waktu :)

    ReplyDelete
  12. @ Wong Cilik : wow... iya... hehehe..

    ReplyDelete
  13. @ rahmah : hehehe... iya toh.. :)

    ReplyDelete
  14. Ada yang manis, ada yang kecut! Sodara ketemu gede! Hehehe

    ReplyDelete
  15. @ eksak : enak yg mana tuh, manis ato kecut? hehehe..

    ReplyDelete
  16. mihihihi...siap2 deh Ratna lebih diisengin Rino^^
    Keep writing ya...

    ReplyDelete
  17. @ Mimin : Makasih mba.... semoga ide hangat selalu muncul dari otak ku hehehe...

    ReplyDelete
  18. ahai seru nih punya sodara ketemu gede..
    tp males jg klo sodaranya suka ngisengin hehe..

    ReplyDelete
  19. @ Nathalia : iya, paling males kalo punya sodara tukang iseng :)

    ReplyDelete
  20. Sering nih kejadian kaya gini. Baru tahu kalau saudara ketika udah sama-sama gede.. :D

    ReplyDelete
  21. belum pernah ngalamin kalo ternyata teman sepermainan adl saudara sendiri, apalagi udah lama kenal tapi baru sadar.. :D

    ReplyDelete
  22. @ elafiq : sama, saya juga belum pernah ngalamin :)

    ReplyDelete
  23. @ rinibee : iya bisa jadi mba.. :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran