Tuesday, April 02, 2013

Secangkir Kopi Sehari

Saya adalah penyuka dan penikmat kopi. Awalnya agak takut juga sih, untuk sering-sering minum kopi. Khawatir kecanduan dan efek samping nya  yang tidak baik untuk kesehatan. Ada yang badannya gemetaran, ada yang lambungnya jadi perih, ada yang jadi tidak bisa tidur, ada yang jantungnya jadi berdebar karena efek meminum kopi. Tapi saya sendiri tidak pernah merasakan hal-hal tersebut setelah meminum kopi. Entah sejak kapan saya mulai menyukai kopi. Tapi yang jelas, sekarang ini, setiap hari pasti saja minum secangkir kopi. Tapi saya tidak bisa jika minum kopi sebelum sarapan, saya pasti sakit perut.  Saya mesti sarapan dulu, baru bisa minum kopi. Dan secangkir kopi setiap hari (kadangkala 2 cangkir sehari kalau sedang kepengen banget hehehe.....), sudah cukup untuk saya, kopi nya pun bukan kopi hitam, tapi kopi yang sudah dicampur cream dan gula (kopi 3 in 1). Jika saya kebetulan makan di luar dengan keluarga, jika ada menu kopi yang sekiranya saya belum coba, pasti saya memesan minuman kopi tersebut. Atau jika ada tempat makan, dimana nama tempat makan tersebut berbau kopi, pasti saya tidak sabar untuk bisa mencoba menu minuman kopi tersebut. Kopi panas atau kopi dingin (maksudnya ditambah es), sama enak nya :)


Kekhawatiran saya akan efek samping dari kopi, membuat saya bertanya-tanya, adakah manfaat minum kopi? Berdasarkan hasil search saya di google, ternyata saya boleh berlega hati, karena banyak sekali ternyata manfaat dari meminum kopi, asal jangan berlebihan. Manfaat dari minum kopi, diantaranya adalah minum kopi tidak memicu penyakit kronis. Bahkan, bisa mengurangi risiko diabetes melitus tipe 2 atau sakit gula, risiko terserang alzheimer, parkinson, dan kanker. Jadi…………… meminum kopi, tidak akan menggangu kesehatan, asal………  ya…… itu tadi, tidak berlebihan :) Dan ketika hamil pun, saya tetap meminum kopi, cukup secangkir sehari, tidak lebih.

Saya terbiasa minum kopi, jika sedang di kantor. Biasanya di kantor saya suka mendadak dapat ide untuk menulis (jika saya ada waktu untuk menuangkan ide tersebut, langsung bisa saya tulis, tapi jika tidak ada waktu, ide itu saya simpan dulu di dalam otak saya heuheuheu), oleh karena itu saya selalu sedia kopi. Menuangkan ide lewat tulisan sambil meminum kopi, terasa nikmat sekali. Jika di rumah (Sabtu & Minggu atau tanggal merah), saya jarang minum kopi, kecuali saya mendadak ingin menulis, akan lebih seru bila menulis sambil menikmati kopi. Hmmmm.... aroma nya itu….. Tapi jika saya minum kopi di rumah, anak saya pasti ikut-ikutan ingin minum kopi. Pernah suatu kali…………… (tidak ada angin tidak ada hujan), anak saya yang paling kecil (umur 2,9 tahun) meminta kopi. “Bu…………. adek mau kopi sih…………..”. Saya terkejut, “kopi dek……….? Adek ga boleh minum kopi”. Anak saya menjawab “Enggak……… adek mau kopi”. Setelah dibujuk berbagai macam rayuan, anak saya masih saja tetap mau kopi. Akhirnya terpaksa saya buatkan kopi. Setelah kopi sudah diseduh, lalu saya ajak anak saya untuk mandi. “Dek………. mandi dulu yuk….?” Anak saya menjawab “Nanti dulu…. adek mau ngopi dulu sambil makan donat”. Saya Cuma bisa berkata “Haaaaah……..”. Hadeuh………… capek deh…………. :)

Walaupun saya penyuka dan penikmat kopi, tapi tidak dengan suami saya. Suami saya tidak pernah ( bisa dibilang jarang ) meminum kopi. Entah kenapa…. Suami saya tidak meminum kopi juga tidak merokok (suami teladan ya…. hehehe…. #ngalemdewek#). Jadi jika saya minum kopi di rumah, suka diprotes. “Jangan suka minum kopi bu… ga baik “ Itu kata-kata suami jika saya sedang menyeduh kopi. Tapi kalau di kantor, saya leluasa untuk menyeduh kopi, karena tidak ada yang menegur, hehehe…..

16 comments:

  1. aku belum suka kopi nih :) kalau mau ikutan harus minum kopi gak ya?

    ReplyDelete
  2. Hehehehe... mba Lid, ada2 aja... :)

    ReplyDelete
  3. uwaaaa...sama,q penyuka kopi juga :D

    ReplyDelete
  4. Saya tidak suka kopi :D
    Sukses ya mba GAnya :D

    ReplyDelete
  5. wah ga bisa ikutan GA orang aku ga ,inum kopi -_-'
    pasti nulis ini juga sambil minum kopi hehe..
    di kantor hampir semua, ga ibu2 ato bapak2 tiap pagi pasti ngopi...

    ReplyDelete
  6. @ Topics : abis ngopi itu enak sih.... hehehe...

    ReplyDelete
  7. GA nya dimana ni? pengin ikutan jugaa, udah telat belum ya? hehehe,

    ReplyDelete
  8. Seperti saya, di bilang suka si enggak tapi terkadang suka minum juga namun di kala tertentu minumnya. Kalo lagi sama temen temen ngumpul terus kalo lagi melekan. jadi dalam sebulan itu dapat dihitung berapa cangkir yang aku minum hehheee
    Niche blog

    ReplyDelete
  9. @ admin : ini link nya : http://lisagopar.blogspot.com/p/ga.html paling lambat tgl 20 april 2013. good luck :)

    ReplyDelete
  10. Terima Kasih PArtisipasinya
    Semoga beruntung :)

    Salam hangat,
    Lisa Gopar

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran