Monday, May 27, 2013

Manfaat Madu

Fayda sangat suka sekali madu, sehari bisa melebihi takaran yang seharusnya jika dibiarkan. Beda dengan kakaknya, kalau disuruh minum madu, susah sekali, mesti dipaksa. Karena kesukaannya pada madu, membuat saya penasaran, apa sih manfaat madu, selain untuk obat sariawan (saya kalau sariawan, pasti minum madu)? Ternyata, wow! manfaatnya banyak sekali, membuat saya tambah semangat untuk memberikan madu pada Fayda dan Farras tentunya. Tapi ingat ya, untuk anak usia di bawah satu tahun, jangan diberikan madu dulu. Menurut penelitian, di dalam madu kemungkinan besar mengandung spora botulisme yang bisa menyebabkan keracunan pada bayi. 
Manfaat madu bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Sekarang ini banyak sekali produk-produk kecantikan menggunakan bahan tambahan berupa madu, bahkan bahan utamanya adalah madu.

Pengobatan penderita Diabetes
Madu sudah terbukti bisa digunakan untuk pengobatan luka pada penderita Diabetes dimana pasien tidak bisa menggunakan antibiotik. Karena manisnya dari madu berupa fruktosa dan apabila masuk kedalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi tanpa perlu hormon insulin untuk mengubahnya.Sehingga dapat menyembuhkan penderita diabetes.
Keasaman
Keasaman (PH) madu berkisar dari 3.2 sampai 4.5. Kondisi asam ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri.

Antioksidan dalam madu pernah diujikan pada tikus dan mampu mengurangi kerusakan yang terjadi di usus besar.  Hal ini sesuai dengan pengobatan tradisional.
Pengobatan sakit tenggorokan dan batuk
Madu juga sudah digunakan berabad-abad untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk, dan sesuai penelitian yang baru dilakukan, madu dapat meredakan batuk.
Aplikasi medis lainnya
Beberapa studi menunjukkan penggunaan madu dapat mengurangi bau badan, bengkak, dan mengobati luka.

Dalam Alquran pun disebutkan akan manfaat madu ini, yaitu di Surat An-Nahl ayat 69, yang berbunyi : "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Ini belum sebagian dari manfaat madu, masih banyak lagi manfaat madu yang tidak saya posting disini. Saya tertarik dengan manfaat madu yang bisa mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Batuk adalah penyakit yang seringkali hinggap pada orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Dan anak-anakpun tak luput dari sasaran penyakit ini, karena penyebarannya yang sangat mudah. Jika daya tahan tubuh anak sedang lemah, maka penyakit ini bisa tiba-tiba menyerang. Sehingga sepertinya memberikan madu setiap hari pada buah hati kita, akan setidaknya menghindarkan anak-anak kita dari penyakit batuk ini. Karena madu pun memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

(sumber manfaat madu : wikipedia)

15 comments:

  1. ..dan Madu itu temanku.. hiks hiks pas lagi habis nih teh

    ReplyDelete
  2. hehehe... beli lagi dong. Selain madu, ada lagi minuman yg banyak manfaatnya yaitu sari kurma. Rasanya ga beda jauh sama madu :)

    ReplyDelete
  3. Fayda sama banget sama Dzaky, kalo ga di stop bisa bersendok-sendok minum madunya...

    Oia... Madu Bisa buat obat jerawat juga looo..

    Baca pengalaman aku deh http://kartika19.blogspot.com/2012/11/harus-madu-asli.html

    ReplyDelete
  4. brarti anak kita sama dong hehehe... mgkn krn rasanya manis ya, jadi ketagihan.

    ReplyDelete
  5. itu juga udah pernah teh sari kurma...

    ReplyDelete
  6. Bener mbak, madu itu memiliki begitu banyak kasiat untuk kesehatan. Aku juga suka minum madu, bahkan bisa dijadiin sebagai pengganti gula di teh

    ReplyDelete
  7. @ f4dly :) : pake teh enak juga ya? saya malah blm pernah nyoba

    ReplyDelete
  8. @ Meo^^nk : saya bingung, komentnya kok ga masuk disini ya, tapi di email masuk. iya mba, memang kalo mau beli madu, harus jeli dan teliti. Belilah madu di tempat2 terpercaya seperti apotik, gerai2/outlet2. Jangan pada pedagang yg keliling.

    ReplyDelete
  9. Di rumah sebaiknya selalu tersedia madu ya jeng karena banyak manfaatnya.
    terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  10. Iya Pakde. Terima kasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  11. bener deh madu itu bermanfaat, obat alami tanpa efek samping. tapi kok aku ini bandel, minum madu aja maleees. bukan cuma madu sih, herbal lain dan makanan sehat pun kurang memperhatikan. hehe *bandel

    ReplyDelete
  12. Ibunya sih ga papa deh bandel minum madu, tapi kalo anak2 jangan ya... hehehe...

    ReplyDelete
  13. aku juga selalu sedia madu, Allhamdulillah anak-anak suka

    ReplyDelete
  14. @ Lidya : iya mba Lid, utk membantu daya tahan tubuh anak.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran