Tuesday, May 21, 2013

Ngeblog Dunia Kedua Saya


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ke tujuh.

Saya sama sekali tidak pernah membayangkan ataupun bertanya pada diri saya sendiri, seandainya saya tidak ngeblog, sampai suatu hari saya membuka blog Anging Mammiri dan melihat tema 8 minggu ngeblog bersama Anging Mammiri. Tema minggu ke tujuh dari Anging Mammiri ini, membuat saya tercenung beberapa saat. Iya, ya... apa yang terjadi seandainya saya tidak ngeblog. Apa pula yang terjadi seandainya saya tidak "melek" internet.

Perkenalan pertama saya dengan internet adalah karena facebook. Facebook yang saat itu lagi booming (sekarang pun sepertinya masih menjadi andalan kita dalam bersosialisasi di dunia maya, walaupun saat ini banyak media yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain, selain facebook). Ketika facebook sedang naik daun, maka saya pun tak mau ketinggalan untuk mempunyai akun facebook. Maka mulai saat itu (mungkin sekitar tahun 2008) saya pun mulai terkoneksi dengan teman-teman (baru maupun lama). Dan berkat 'kedekatan' saya dengan facebook, lambat laun saya pun mulai 'bermain' dengan internet. Membuka internet bukan hanya untuk facebookan, tapi juga mencari jawaban dari berbagai pertanyaan yang ada di benak saya. Karena waktu itu saya masih punya balita (anak pertama pula), maka saya pun mulai membuka-buka web tentang tumbuh kembang bayi dan balita, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di fikiran saya. 

Seiring berjalannya waktu, dan seringnya saya berinteraksi dengan internet, membuat saya mencoba untuk membuat blog, itupun awalnya dibantu oleh suami. Ketertarikan saya pada blog, karena memang saya suka menulis. Sepertinya asyik menuangkan ide, tapi ditulis di blog, bukan lagi ditulis pada buku, yang dulu sering saya lakukan. Blog sempat vakum, tidak ada postingan/tulisan, karena sempat bingung mau nulis apa?
Lalu saya mulai ikut perkumpulan-perkumpulan/komunitas-komunitas yang mendukung saya dalam menulis di dunia perblogan. Ternyata sungguh asyik mengikuti komunitas-komunitas ini. Lama-lama saya merasa sangat enjoy dengan dunia baru saya. Memosting suatu tulisan, sudah merupakan suatu kewajiban, karena rasanya kalau tidak menulis di blog, ada sesuatu yang kurang. Mempunyai teman-teman baru dari komunitas-komunitas yang saya ikuti, merupakan warna baru dalam dunia saya. Blog Walking sudah merupakan makanan sehari-hari saya. Rasanya kalau tidak Blog Walking, seperti makan sayur tanpa garam, ga enak :). Dunia saya sekarang bertambah, selain dunia nyata, saya memiliki dunia lain yaitu dunia maya. Walaupun dunia maya, tetap saya pun ingin bisa bertemu langsung dengan teman-teman baru saya di komunitas-komunitas baru saya. Senang rasanya membayangkan jika suatu saat saya bisa bertemu dengan teman-teman dunia maya saya. Membaca perjalanan mereka, mulai dari bercerita tentang rumah tangga (yang positif tentunya), bercerita tentang anak, bercerita tentang lingkungan, seolah-olah kita ikut didalamnya. Ikut berkomentar terhadap apa yang mereka tulis, membuat warna tersendiri buat saya. Sering saya menunggu jawaban pemilik blog, terhadap apa yang saya komentari. Mengikuti ajang lomba seperti Anging Mammiri ini lakukan, memicu saya untuk bisa terus menulis (menulis yang lebih baik tentunya), setiap ada lomba Giveaway, saya tak ketinggalan untuk ikut serta. Malah saya sering mencari info lomba-lomba. Dan lewat blog walking itulah info lomba-lomba sering saya dapatkan.

Dan jika ada pertanyaan, seandainya saya tidak ngeblog, saya tidak akan memiliki teman dari komunitas-komunitas yang saya ikuti, tidak akan mengenal mereka, tidak akan belajar dari apa yang mereka tuliskan, tidak bisa mengambil manfaat dari ide/fikiran orang lain yang mereka tuliskan di blog, tidak akan tersenyum-senyum sendiri jika membaca postingan yang lucu atau bahkan komentar yang lucu, tidak akan ikut trenyuh apabila ada yang memposting tulisan yang sedih. Dan jika saya punya ide tentang sesuatu, saya tidak akan bisa menuangkannya, akibatnya banyak ide yang ada di kepala saya yang tidak tersalurkan :( . Saya pun pastinya tidak akan tahu apa itu blog walking, mengunjungi blog teman-teman dunia maya saya, memberikan komentar-komentar (komentar positif tentunya). Saya tidak akan tahu penulisan yang baik dalam membuat cerita  fiksi. Ilmu saya dalam menulis tidak akan bertambah.

Mudah-mudahan saya akan tetap bisa ngeblog, walaupun mungkin usia sudah tua (terinspirasi Bunda Yati, yang walaupun sudah tidak muda lagi, tapi tetap semangat ngeblog). Saya selalu berharap dan berusaha isi blog saya semakin hari semakin berkualitas yang bisa memberikan manfaat buat semua. Saya selalu ingat pesan suami, jika mau posting tulisan, tulislah sesuatu yang bermanfaat, dan saya sedang belajar untuk itu.

34 comments:

  1. Benar dengan ngeblog bisa membuka mata dan pergaulan juga :)

    ReplyDelete
  2. iya mba... tambah teman walaupun hanya di dunia maya.

    ReplyDelete
  3. hu'uumm...
    meski belum kenal di dunia maya, rasanya udah bisa lihat kesehariannya di blog..

    salam kenal ya mba :)
    semoga postingannya selalu memberi manfaat bagi yang para pembaca

    ReplyDelete
  4. Kalau bagi Saya, blogwalking bisa menambah wawasan karena biasanya Blogger sering berbagi banyak hal yang bisa menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Aku sih waktu 2008 masih akrab di friendster mbak, belum punya facebook :) Tapi masalah blog, ternyata sama2 angkatan 2008 yah :)

    ReplyDelete
  6. ku usahan jalan2 di sini deh kalo ada post baru meski belum ada undangan pesta rabeg hahaha..
    meski juga tulisannya mesti berkaitan dg GA hehe..

    ReplyDelete
  7. KEEP BLOGING AND EDUKASI YA MBAK...
    :)

    ReplyDelete
  8. @ f4dLy :): Kalo ngeblog belum lama, belum 2 tahun

    ReplyDelete
  9. @ Topics : hahaha... rabeg lagi GA lagi xixixi..

    ReplyDelete
  10. @ Dihas Enrico : InsyaAllah. Makasih ya..

    ReplyDelete
  11. Waah, cepet banget udah posting untuk anging mammiri :D setuju sekali Mbak, ngeblog bikin hidup kita jadi luar biasa :)

    ReplyDelete
  12. hehehe... mumpung ada ide, kalo di nanti2 malah kelupaan :) Ayo mba Helda setor tulisannya :)

    ReplyDelete
  13. Aku juga merasa sangat beruntung telah mengenal blog mbak...
    Dari blog aku mendapatkan banyak sekali hal2 yang sangat bermanfaat. I do love blog hehehe

    ReplyDelete
  14. Kalau aku justru pertama kali kenal dg blog, setelah itu friendster, facebook dll... :)
    Tapi blog tetaplah yang nomor satu hehehe

    ReplyDelete
  15. @ catatan kecilku : toss dong hehehe..

    ReplyDelete
  16. @ the others : walaupun perkenalan pertama saya adl facebook, tapi yg nomor satu skrg ini adl blog :)

    ReplyDelete
  17. Untuk jalin silaturahim, jangan lupa di follow balik blogku yah mbak :)

    ReplyDelete
  18. Ahikhik.. jadi inget pertama kali ngeblog, karena niat buat web dppr way bisnis online. haha.. tapi trus mandeg :p

    ReplyDelete
  19. @ f4dLy :): sudah saya follow ya :)

    ReplyDelete
  20. @ noestyle : salah satu alasan saya bikin blog juga karena ikut bisnis online yg skrg mandeg hehehe...

    ReplyDelete
  21. aku juga mak, kalau engga BW rasanya kayak punya hutang hahahha

    ReplyDelete
  22. menyenangkan sekali ya punya banyak teman dengan beragam cerita dan karakter ^^ walau hanya dunia maya, tetapi justru dengan begini kita bisa berteman tanpa batas :)

    salah satu alasan saya juga demikian, jadi bisa belajar banyak hal dari pengalaman orang lain yg tertuang di tulisan. asyik banget!

    siiip, lanjutkan ya. semangat, semangaaat!

    salam manis,
    arga litha

    ReplyDelete
  23. @ Arga Litha : Tetap semangat! hehehe

    ReplyDelete
  24. Dunia maya mendekatkan kita pada orang lain, pada ilmu juga... meski jarak yang jauh.... :)

    ReplyDelete
  25. Setuju, kita bisa saling bersilaturahmi lewat dunia maya

    ReplyDelete
  26. setujuuuuuuuuu... karna ngeblog maka kita jadi terhubung dengan banyak orang-orang yang berbeda ya dan tahu "isi rumahnya" alias isi blognya.. hehehe

    ReplyDelete
  27. amiin semoga tetap bisa terus ngeblog. saya dulunya juga sering menggila di jejaring sosial. setelah berkenalan dengan blog, saya lebih aktif menulis sesuatu yang mungkin lebih bermanfaat.

    Salam,
    @arisiras

    ReplyDelete
  28. tau gak mba, aku pertama kenal sosmed i2 friendster sekitar thn 2007, leptop masih mahal waktu i2, jadinya pake modem dan internet kantor saat sore hari, hiks.

    ReplyDelete
  29. @ Ade Anita : senang ya mba, kalo kita mengenal org lain lewat tulisannya.

    ReplyDelete
  30. @ arisiras : iya ya, jadi lebih nikmat dgn ngeblog :)

    ReplyDelete
  31. @ yunarty itu aty_bidam : 2007 aku malah belum berkenalan dgn internet hiks..

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran