Sunday, July 21, 2013

Ramadhan Tahun Ini

Banyak sekali keistimewaan bulan Ramadhan, diantaranya adalah Allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, sebagaimana hadist berikut :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ بعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى مَا شَاءَ اللهُ يقُولَ اللَّهُ تَعَالَى: إِلاَّ الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ مِنْ أَجْلِى، لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ، وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ عِنْدَ اللهِ أَطْيَبُ مِنْ 
رِيحِ الْمِسْكِ

Setiap amalan anak Adam dilipatgandakan pahalanya sebanyak 10 sampai 700 kali lipat sesuai yang dikehendaki oleh Allah ta’ala. Allah ta’ala berfirman: kecuali puasa maka sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Seseorang dia meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya karena Aku. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan: gembira ketika berbuka dan gembira ketika bertemu dengan Rabbnya. Dan bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah adalah lebih harum dari bau minyak wangi misik. (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Asy Syaikh Al Albani).

Subhanallah... sungguh Allah Maha Pemurah.
Yang hanya saya inginkan dari Ramadhan tahun ini adalah, ibadah saya dan suami meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, InsyaAllah, anak pertama saya, Farras bisa menjalankan ibadah puasanya full satu bulan penuh tanpa ada keluhan yang berarti (selama ini Alhamdulillah lancar dan semangat), juga ibadah sholat lima waktunya yang telah Farras jalankan tanpa "bolong-bolong" bisa terus berlanjut walaupun bulan Ramadhan berakhir. Terbiasanya Farras bangun jam 4 pagi untuk sahur, semoga di bulan berikutnya, bisa menjadi kedisiplinan Farras untuk bisa bangun jam 5 pagi agar bisa menjalankan ibadah sholat Subuh tepat waktu. Aamiin... Aamiin.. Yaa Robbalaa'lamiin. Dan semoga ibadah kami di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT.

Ramadhan tahun ini pun saya ingin sekali bisa menikmati malam Lailatul Qodar, malam seribu bulan, dimana di malam itu, Allah melimpahkan banyak RahmatNya. Semoga saya bisa bertemu dan menikmati malam Lailatul Qodar ini. Aammiii Ya Allah..

Dan jika Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir saya, saya ingin meninggal dalam keadaan suci dan khusnul khotimah, dimana ibadah-ibadah saya di bulan Ramadhan ini dan di bulan-bulan sebelumnya, diterima oleh Allah SWT. Dan saya bisa meninggalkan orang-orang yang saya cintai dengan keikhlasan, begitu juga orang-orang yang mencintai saya bisa ikhlas menerima kepergian saya. Saya bisa meninggalkan anak-anak yang sholeh dan sholehah yang selalu mendoakan saya. Pun kelak anak-anak saya selalu dijaga keimanan dan keislamannya oleh Allah SWT dengan cinta kasih Nya sepanjang hidupnya.

Tak ada yang tahu kapan ajal akan menjemput, yang terpenting bagi kita adalah menjalankan semua ajaran, perintah Allah SWT dengan sebaik dan seikhlas mungkin, sehingga ketika sang malaikat maut hendak menjemput kita, kita sudah siap. Tak ada yang lebih baik dari kematian seorang muslim dan muslimat melainkan mati dalam keadaan khusnul khotimah. Semoga kita semua termasuk di dalamnya. Aamiin.

Ya Allah, jika Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhirku, ampunilah semua dosa-dosaku, yang besar maupun yang kecil, yang sengaja maupun tak sengaja.
Ya Allah, jika Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhirku, terimalah semua amal ibadahku, tempatkanlah aku bersama orang-orang  sholehah lainnya. Jadikanlah anak-anakku, keturunanku, anak-anak yang sholeh dan sholehah. Amiin... Aamiin.. Yaa Robbalaa'lamiin.

24 comments:

  1. met puasa kakak teteh santi dewi *bukapuasadenganrabeg* hehe..
    semoga kita meraup keutungan pahala sebesar2 nya ya teh

    ReplyDelete
  2. Selamat berpuasa Mak.. semoga seluruh amalan baiknya diterima oleh Allah, dan semoga tahun ini puasanya lebih baik lagi.. amiiin :)

    ReplyDelete
  3. Merinding bacanya. Terima kasih sudah diingatkan Mak Santi :)

    ReplyDelete
  4. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

    Semoga mendapat kemudahan dari Allah.

    ReplyDelete
  5. Tapi, setahuku yang terpenting dari Ramadhan, adalah setelahnya bukan saat ini :)

    ReplyDelete
  6. @ Topics : Selamat berpuasa juga buat Mas Taufik, gak enak buka puasa dengan rabeg mah, enaknya makan apem, cuwer atau ketan bintul dgn rendang hehehe...
    Aamiin. Semoga doa kita semua di dengar oleh Allah SWT dan dikabulkan.

    ReplyDelete
  7. @Riski : Selamat berpuasa juga buat mba Riski. Aamiin... YRA

    ReplyDelete
  8. Semoga diberi kelancaran sampai hari kemenangan ya :)

    ReplyDelete
  9. @ Hanna : Aamiin mba Hanna, Ramadhan yang membawa berkah ya? :)

    ReplyDelete
  10. @ Miss Fenny : sama2 mak Fenny. Semoga kita selalu ingat akan Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. @ Andy : saat Ramadhan dan saat setelahnya sama2 penting Andy. Jejak perbuatan baik kita disaat Ramadhan, jangan sampai hilang ketika Ramadhan berakhir.

    ReplyDelete
  12. @ SHUDAI AJLANI (dot) COM : Aamiin.Semoga banyaknya Amin yang kita panjatkan akan didengar Allah dan dikabulkan Nya

    ReplyDelete
  13. Selamat menunaikan ibadah ramadhan, semoga kita semua dapat mendapatkan keberkahan ramadhan :)

    ReplyDelete
  14. @ Etika Maria : sama2 selamat berpuasa. Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Amin, smoga kita masih bertemu ramadhan berikutnya ya.

    ReplyDelete
  16. masih semangat ibadah tambahannya di bulan ramadhan ya. maaf ya aku ngerapel nih bwnya :)

    ReplyDelete
  17. @ Lidya : harus semangat ya mba, karena mumpung bulan Ramadhan. Ga papa mba Lidya. Makasih ya..

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran