Monday, July 22, 2013

Ramadhan Tanpa Apa


14 tahun sudah saya tidak merasakan kebersamaan Ramadhan bersama Apa (sebutan Ayah/Bapak) saya. Apa meninggal tahun 1999 pada bulan Sya'ban, bulan sebelum Ramadhan, jadi Apa tidak bisa ikut merasakan Ramadhan tahun 1999. Masih terbayang jelas, ketika di bulan Sya'ban itu Apa masuk rumah sakit selama 10 hari dan tidak tertolong lagi. Membayangkan dan mengingatnya lagi, membuat mata saya basah. Belum sempat saya mengucapkan maaf dan terima kasih saya pada Apa, Allah memanggilnya. Semoga semua amal ibadah Apa diterima di sisi Allah SWT. Dan Apa mendapatkan tempat terbaik di sisi Nya. Aamiin Ya Allah, Aamiin.
Kami adalah 7 bersaudara, saya anak paling besar denga 6 adik. Pengalaman Ramadhan bersama Apa adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan (saya yakin, adik-adik saya pun demikian). Sedari kecil kami sudah dikenalkan dengan puasa di bulan Ramadhan, walaupun ketika memulai belajar puasa, kami seringkali merengek lapar, minta makan pada Mama kami.

Apa lah yang mengajarkan niat berpuasa dan niat berbuka puasa pada kami, anak-anaknya (berikut artinya lho...). Setelah selesai sahur, kami dituntun untuk membaca niat sahur oleh Apa kami (itu pula yang saya ajarkan pada Farras, anak saya dan sekarang Farras sudah hapal niat puasa). Begitu juga dengan berbuka puasa. Jika waktu berbuka puasa sudah datang, maka Apa siap-siap menengadahkan tangannya mengImami membaca do'a berbuka puasa di depan meja makan, dan kami pun ikut menengadahkan tangan mengAminkan.

Jika Apa tidak keburu sholat Tarawih di Masjid, maka pasti Apa akan menyuruh anak-anaknya untuk mengambil Wudhu dan bersiap-siap sholat Isya dilanjut sholat Tarawih bersama di rumah. Kalau sudah begitu, biasanya kami akan lemes duluan. hehehe... Gimana gak lemes, kalau Imam nya Apa, pasti bacaan sholatnya lamaaa... dan 23 rakaat pula :) Jadi daripada sholat berjamaah di rumah dengan Imam Apa, lebih baik sholat di Masjid, atau sholat sendiri di rumah (pssstt.. sholat sendiri di rumah kan, bisa 11 rakaat) hehehehe.... (Maaf ya, Apa, tapi sekarang tidak seperti itu lagi, kok... ^-^). Tapi pernah juga ketika sholat di Masjid, ternyata Imam nya Apa, kalau sudah begini, tidak bisa berkutik lagi deh, heuheuheu...

Buka puasa Apa tidak pernah yang macam-macam. Begitu suara Adzan Maghrib berkumandang, setelah berdo'a, maka Apa langsung minum, dan makan beberapa buah kolak (1 mangkuk tidak dihabiskan dulu), lalu Apa sholat Maghrib (sholat Maghribnya pun lama), setelah itu baru kolaknya dihabiskan, dan makan besar Apa adalah setelah sholat Tarawih.

Jika Apa Tadarusan, dari setelah sholat Ashar, hingga hampir Maghrib menjelang. saya pernah berfikir, kok Apa kuat amat ya, Tadarusannya sampai lama gitu, saya aja, sebentar udah gak kuat, gak kuat nahan laper qiqiqiqi...  (dasar aja saya nya yang males ya... hehehe...)

Pengalaman menjalankan ibadah puasa bersama Apa adalah pengalaman yang menyenangkan, pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Jika Ramadhan datang, saya selalu rindu Apa, rindu kebersamaan Ramadhan dengan Apa. Jika di Surga ada Ramadhan, mudah-mudahan kami bisa berkumpul lagi bersama Apa (tentunya dengan tambahan keluarga dari anak-anak Apa, sehingga jadi tambah banyak dan ramai) di Surga. Aamiin.

36 comments:

  1. wahhh apa sudah bnyk mengajarkan bnyk ya ke mbk dewi..
    napa jdi terharu gini :'(
    semoga apa tenang di surga :)

    ReplyDelete
  2. ikut belasungkawa ya mbak
    Smoga Apa bahagia di surga-Nya...
    wah pasti seneng dibimbing terus ya mbak
    Salut dengan Apa, bijak dan berwibawa.

    ReplyDelete
  3. Apa menjadi inspirasi pada generasinya kelak, aamiin.
    Mba Dewi...selamat menjalankan ibadah puasa ya, meski tanpa apa semangat terus ya Mba.

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  4. apa yang menjadi tuntunan ya mbak :) semoga farras kelak mewarisi sifat kakeknya.. dan sukses selalu utk ga-nya :)

    ReplyDelete
  5. hmm.. kenangan oh kenangaaan. Semoga Apa tenang di alam sana teh
    *GSPASIALAGI*

    ReplyDelete
  6. saat mengingat orang tua yang telah tiada..segera kirimkan doa dan alfatiha untuk mereka..... selamat berlomba. semoga menjadi salah satu yang terbaik...salam :-)

    ReplyDelete
  7. ikut prihatin deh. Apa sudah memberi teladan. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga meraih kemenangan. Semoga meraih pembelajaran dari bulan penuh hikmah ini.

    ReplyDelete
  8. @ sari widiarti : Aamiin mba Sari, terima kasih doanya.

    ReplyDelete
  9. @ Insan Rabbani : Aamiin. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  10. @ astin astanti : Aamiin. Selamat menjalankan ibadah puasa juga mba Astin, tentu harus tetap semangat :)

    ReplyDelete
  11. @ Uswah SyauQie : Aamiin. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  12. @ Topics : Aamiin. Makasih Mas Taufik

    ReplyDelete
  13. @ BlogS Of Hariyanto : Iya pa, Aamiin dan terima kasih.

    ReplyDelete
  14. @ Gus Priyono : Selamat menunaikan ibadah puasa juga. Aamiin dan terima kasih

    ReplyDelete
  15. Semoga Apa mendapat tempat yang baik di sisi Allah. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Bapak selalu mengajarkan anak2nya untuk beribadah secara rutin ya, Mba. .
    BTW, saya lebih memilih tarawih yang 11. Alasannya sih sama dengan Mba Dew. :D

    Sukses ngontesnya, ya?

    ReplyDelete
  17. @ Niken : Aamiin YRA. Makasih mba Niken

    ReplyDelete
  18. @ Idah Ceris : Alhamdulillah iya.. Makasih ya

    ReplyDelete
  19. lha cerita kita hampir mirip mbak, saya anak terakhir dari 7 bersaudara, ibu meninggal tepat idul fitri, sekarnag kangen sama beliau, jalani ramadhan dan lebaran bareng

    ReplyDelete
  20. Wah keluarga besar juga ya mba...Samaan apa yang diajarkan ya Mba,a lm Papaku juga gt.

    ReplyDelete
  21. sabar ya mbak :) ayah nya pasti udah tenang disana :)

    ReplyDelete
  22. @ sabda awal : Ramadhan memang bisa membuat kita semakin rindu pada org2 yg telah meninggalkan kita ya... karena memang Ramadhan adalah penuh dengan kenangan manis.

    ReplyDelete
  23. @ fitri anita : iya mba Fitri, kami adalah keluarga besar.

    ReplyDelete
  24. @ dea purnama : Aamiin. Makasih Dea :)

    ReplyDelete
  25. Ah, Apa inspirator sekali.
    Saya saja kalau bedug langsung santap makan besar :(

    ReplyDelete
  26. Mendoakan untuk Apanya. semoga sukses ya GAnya.

    ReplyDelete
  27. @ Ika Hardiyan Aksari : Makasih mba sudah mampir :)

    ReplyDelete
  28. @ Lidya : Aamiin. Makasih mba Lidya :)

    ReplyDelete
  29. semoga apa mendapat tempat yg layak dan indah disi Alloh y mbak

    ReplyDelete
  30. Ikut mendoakan Apa supaya mendapat tempat yang terbaik disisi Allah. Aamiin.
    Semoga sukses untuk GA-nya, mba :)

    ReplyDelete
  31. @ Hana Sugiharti : Aamiin... Makasih mba Hana

    ReplyDelete
  32. @ Inna Riana : Aamiin YRA. Makasih mba Inna

    ReplyDelete
  33. Semoga apa diterima disisinya ya Amin, terima kasih partisipasinya :)

    ReplyDelete
  34. @ Karryna : Aamiin. Terima kasih mba Karryn :)

    ReplyDelete
  35. Apa sudah menjadi teladan yang baik y mbak. Subhanallah..

    ReplyDelete
  36. @ UuL : begitulah mba... adik saya kalo sholat sambil garuk2 kepala, suka dimarahin Apa saya hehehe...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran