Monday, August 19, 2013

Berkah Ramadhan

(Foto ala kadarnya, karena gak punya dokumentasi. Hiks... hiks...)

Masih bercerita tentang Ramadhan dan Lebaran kemarin, semoga ceritanya belum basi :)
Kalau berkah Ramdhan saya ketika tahun 2005 dan 2009 adalah memiliki anak, ceritanya ada disini. Dan berkah Ramadhan tahun 2013 ini adalah terbiasanya Farras, anak pertama saya dalam menjalankan ibadah sholat 5 waktu.

Bulan Ramadhan tahun ini adalah puasa tahun pertama Farras. Menginjak usianya yang sudah 7 tahun, saya dan suami mengajarkan Farras untuk mulai berpuasa di bulan Ramadhan. Awalnya sempat ragu, apakah Farras bisa puasa sampai Maghrib, tapi kalaupun tidak bisa puasa sampai Maghrib, tak apalah sampai Dzuhur juga (setengah hari). Namanya juga sedang belajar berpuasa. Tapi ternyata tak dinyana, puasa Farras bisa sampai Maghrib, bahkan satu bulan penuh full puasa. Alhamdulillah.

Selain belajar puasa, kami pun mengajarkan Farras untuk bisa sholat 5 waktu secara kontinyu. Biasanya (sebelum Ramadhan) Farras sholat hanya pada saat Maghrib saja, tapi ketika Ramadhan ini, kami menganjurkan Farras untuk bisa sholat 5 waktu. Dan Alhamdulillah, Farras pun bisa menjalankannya dengan baik, tanpa menolak, dan tak ada 'bolong-bolong'. Pun sholat Tarawih nya Farras kerjakan dengan baik. Alhamdulillah kembali.

Ternyata berkah menjalankan sholat 5 waktu di bulan Ramadhan ini, menjadikan Farras untuk tetap taat menjalankan sholat 5 waktu tersebut walaupun Ramadhan telah berlalu. Alhamdulillah. Itu berkah Ramadhan pertama. Berkah Ramadhan kedua, karena Farras bisa puasa full satu bulan penuh, maka ketika Lebaran, Farras mendapatkan angpau jauh lebih banyak dari tahun kemarin :) Betapa bahagianya Farras! Uang di dompetnya banyak banget hehehe... Dan walaupun uang nya sudah banyak, Farras tidak menginginkan beli apa-apa, hanya ingin beli HP yang murmer :), yang hanya bisa untuk telepon dan SMS untuk sekedar komunikasi dengan ayah ibunya, jika sedang berjauhan. Sisanya, Farras ingin buka buku tabungan sendiri. Alhamdulillah.

Ketika hendak Lebaran pun, Farras tidak ribut mempermasalahkan baju baru untuk Lebaran. Ibu nya tidak membelikan baju baru untuk Lebaran, sodara-sodara hehehe... Soalnya baju Farras dan Fayda masih bagus-bagus, jadi saya tidak membelikan baju baru, disamping itu saya malas jika harus berdesakan memilih baju di toko. Tau sendiri kan, kalau mau Lebaran, semua toko pasti penuh berdesakan. Tapi Alhamdulillah nya, Farras mendapatkan baju baru dari Tante-Tantenya. Makasih ya.. Tante.. udah ngebeliin baju baru buat Farras dan Fayda :) Akhirnya Farras dan Fayda bisa ber Lebaran dengan baju baru :)

Berhubung orang tua saya dan suami sama-sama satu kota, jadi kami tidak pernah merasakan yang namanya mudik :)
Hari pertama Lebaran, kami sholat Ied di komplek perumahan kami. Setelah bersalam-salaman dengan tetangga di komplek, kami meluncur ke rumah orang tua suami, makan ketupat beserta lauk-pauknya di rumah mertua. Setelah itu kami pun bersalam-salaman dengan tetangga di rumah orang tua suami saya. Setelah selesai, meluncurlah kami ke rumah orang tua saya. Selesai di rumah orang tua saya, kami pun menuju rumah mbah saya (masih satu kota) sambil berziarah ke makan Apa (ayah) saya, mbah laki-laki saya dan saudara-saudara saya dari pihak Apa (kebetulan makam nya di TPU yang sama). Dari situ, kami kembali ke rumah orang tua suami saya, dan berziarah ke makam Bapak mertua saya.

Tanpa terasa matahari sudah ada diatas kepala, waktunya anak-anak untuk beristirahat, agar sore hari bisa kembali melanjutkan silaturahmi yang belum sempurna.

20 comments:

  1. Farras, kakak minta uangnya dong!! hehe :))

    ReplyDelete
  2. @ Lucky : hehehe... sini dong kakak :)

    ReplyDelete
  3. Ramadhan dan lebaran menyatukan semua keluarga ya, Mbak. Berkah yang agak susah ditemukan pada hari-hari biasa. Karena masing2 punya kesibukan sendiri :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah.. Ramadhan yg penuh berkah. Smoga Farras tambah pinter 'n sholeh.
    Hrsnya kita org dewasa bisa mencontoh farras, sehabis Ramadhan ahklak dan kebiasaan baik ttp terjaga, dan makin rajin beribadah :)

    ReplyDelete
  5. @ evi : betul mba... makanya sepertinya Ramadhan dan Lebaran bisa dijadikan ajang silaturahmi

    ReplyDelete
  6. @ covalimawati : Amiin.. Semoga mba. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. minal aidzin walfa idizin ya bu.
    mohon maaf lahir dan batin mumpung masih suasana lebaran :D

    ReplyDelete
  8. Sama2 mba... Mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah dek Farras moga jadi anak shalih ya :)
    Btw maaf lahir batin mbak, maaf baru mampir ke mari

    ReplyDelete
  10. Wah Farras hebat udah bisa puasa full tahun ini. Semoga ibadahnya makin baik kedepannya. Amiiin..

    ReplyDelete
  11. banyak berkah di bulan Ramadhan
    maaf lahir dan bathin ya mbak

    ReplyDelete
  12. lanjutkan farraz... kau lebih hebat dari mas topics | wah ga seru ga pernah ngerasaiin mudik ckck...

    ReplyDelete
  13. senengnya farras ya mbk.....baarakallah

    ReplyDelete
  14. @ Mugniar : Aamiin. Makasih doanya. Maaf lahir batin juga mba, iya ga papa :)

    ReplyDelete
  15. @ Bebe : Makasih tante. Aamiin. Semoga

    ReplyDelete
  16. @ Lisa Tjut Ali : Alhamdulillah mba. Sama mba

    ReplyDelete
  17. @ Topics : Makasih Om. Iya nih belum pernah ngerasain mudik. ckckckck :)

    ReplyDelete
  18. @ Hanna HMZwan : Seneng banget dia mba Hanna :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran