Sunday, December 15, 2013

Di Dua Kehamilan Saya

Bersama Farras, waktu hamil anak kedua

Sejenak mengingat kembali di dua kehamilan saya. Setelah menunggu selama 2 tahun 3 bulan, akhirnya Alhamdulillah  puji syukur kehadirat Ilahi Robbi, saya dinyatakan hamil, hamil anak pertama. Tentunya kebahagiaan yang tak terkira yang saya dan suami saya rasakan saat itu. Kehamilan yang telah kami tunggu-tunggu. Untuk itu, saya ingin merawat kehamilan ini dengan baik dan benar. Bukan hanya itu, saya pun ingin menjalankan kehamilan ini secara sehat dan positif. Karena jika kehamilan dijalankan dengan cara yang sehat dan positif, InsyaAllah anak yang ada dalam kandungan pun akan merasakan dampak yang sehat dan positif juga tentunya. Dan jika ibu hamil selalu berafirmasi positif, maka bayi yang ada dalam kandungan pun akan berlaku demikian.
Hal-hal yang selalu saya bangun ketika hamil adalah :

1. Harus selalu makan & minum yang bergizi. Makan pagi, siang, sore/malam, harus mengandung 4 unsur gizi utama, karbohidrat, protein, vitamin & mineral. Yang tentunya didapatkan dari nasi, ikan (protein hewani), tahu/tempe (protein nabati), sayuran plus buah-buahan. Untuk susu, sehari 2 kali. Pagi dan malam.
2. Memeriksakan kandungan secara berkala.
3. Obat-obatan yang diresepkan bidan/dokter, berupa tambahan vitamin, asam folat dll harus diminum.
4. Menggerakkan badan/olahraga sederhana untuk melancarkan peredaran darah.
5. Tidak boleh terlalu lelah.
6. Saya bekerja selalu menggunakan layar monitor di kantor, oleh karena itu, saya diharuskan mengistirahtkan mata saya untuk tidak terlalu terpaku pada komputer.
7. Menghindari asap rokok, dimana ruangan kerja saya sering terkontaminasi asapnya. Jika perlu gunakan masker.
8. Rajin/sering minum air putih.
9. Mengkonsumsi cemilan yang bergizi, seperti potongan buah segar, juice buah. Kadang saya ngemil urab.
10. Meningkatkan ibadah. Jika sebelum hamil hanya mengerjakan ibadah wajib, maka di kala hamil, ibadah sunah pun dikerjakan. Begitu juga dengan mengaji, yang tadinya tidak setiap malam/hari mengaji, maka ketika hamil harus mengaji setiap hari. Bahkan harus khatam Qur'an beberapa kali.
11. Rajin membaca  buku-buku tentang kehamilan dan kelahiran.
12. Bangun afirmasi positif dengan selalu mendengarkan, membaca hal-hal yang positif. Bergaullah dengan teman yang selalu memberikan semangat dan afirmasi positif. Mendengarkan ceramah baik lewat radio, TV dll. Suami saya selalu mengingatkan : "Jangan suka bergosip ya, karena dengan bergosip akan memberikan pengaruh buruk pada bayi. Lebih baik gunakan waktu luang dengan membaca, atau kalaupun harus ngobrol dengan teman, jangan membicarakan yang tidak baik." Dan nasehat suami saya itu selalu terngiang-ngiang sampai sekarang.

Kehamilan kedua saya pun, saya jalankan tidak beda jauh dengan kehamilan yang pertama. Apa-apa yang pernah saya terapkan di kehamilan pertama, saya terapkan juga di kehamilan kedua saya. 
Di dua kehamilan saya, saya tidak pernah merasakan yang namanya ngidam, morning sickness atau semacamnya. Alhamdulillah di dua kehamilan saya, saya menjalankannya dengan lancar, dan tanpa ada hambatan yang berarti.

26 comments:

  1. Semoga Ibu dan calon anaknya selalu sehat hingga persalinan ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya dan anak2 saya skrg sehat :)

      Delete
    2. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnn . . .

      Delete
  2. selamat ya, mbak
    semoga sehat selalu dan semoga proses kelahiran nantinya lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah proses kelahiran kedua anak saya saat itu lancar :D

      Delete
  3. Turut mendoakan semoga semua dilancarkan yah mba;)

    Sehat teruuuuus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kehamilan dan kelahiran saya dua2nya sehat selalu dan lancar. Makasih :D

      Delete
  4. .. Dan akhirnya taraaaa.. Menghirup udara dunia deh farraz dan fayda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om gak ikut Banten Sciene Day ya, hari Sabtu kemarin. Farras ikut. Seru lho Om kata Farras. Saya sih, gak ikut. Ayah Farras yg nemenin Farras :)

      Delete
    2. ada tugas ke Bogor Teh.. sampai senin ga tau deh ada acara itu

      Delete
  5. Selamat ya....,, Turut mendo'akan semoga diberi kelancaran.

    Sekalian mau nitip info e-Compusoft Blog Contest

    Total Hadiah Jutaan Rupiah lho...
    Hadiah Langsung pulsa 10.000 bagi 100 Pendaftar Pertama.

    Info selengkapnya:
    e-Compusoft Writing Competition

    Bagi sahabat blogger jangan lupa kasih info ini ke yg lain ya...
    Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih infonya. Alhamdulillah semua kehamilan saya lancar. Kehamilan pertama 8 tahun yg lalu, kehamilan kedua 4 tahun yg lalu.

      Delete
  6. tips nya bagus nih mbak buat pembaca dan rekan Blogger yg lagi mengandung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Ely. Semoga begitu :D

      Delete
  7. wah.. sama mbak,,saya juga ga pake mual muntah ngidam hamil anak pertama:D
    semoga nanti untuk kehamilan anak kedua,ketiga dst juga lancar jaya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga begitu mba Yulita, kalo saya anak pertama & kedua sama2 gak merasakan mual muntah, ngidam.

      Delete
  8. Kayaknya banyak yang mengira mbak Santi hamil deh mbak hehehe, alhamdulillah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya mba Nophi. Padahal saya hanya ingin mengenang saat2 saya hamil dulu :D

      Delete
  9. Aku cuma foto kenangan hamil 1 aja mbak... soalnya emang cuma sekali hamil sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto saya waktu hamil pun, cuma itu satu2nya mba :D

      Delete
  10. Allhamdulillah enjoy dengan kehamilannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semuanya bisa berjalan lancar dan dulu sangat enjoy menjalani kehamilan.

      Delete
  11. semoga diberi kelancaran, dan ada kehamilan ketiga, keempat dan seterusnya *loh* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dulu semuanya diberi kemudahan dan kelancaran. Aamiin :D

      Delete
  12. makasih mbak tips2nya.. Aku heran kok pada komennya seolah km lagi hamil ya? bukannya udah lahir semua ya? hihihi Kapan hamil ketiga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... saya juga jadi bingung jadinya :) sesuai anjuran pemerintah, cukup 2 hehehe... *ngeles*

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran