Thursday, January 02, 2014

#1Hari1Ayat : Kecerdasan Anak, Rahmat Allah SWT



Allah Berfirman:
وَ إِذا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (QS. Al-A'raf : 204).

Anak pertama dan kedua saya, Farras dan Fayda, termasuk anak-anak yang cepat sekali menghapal. Pada saat Farras berusia 3 tahun (memang usia 3 tahun adalah Golden Age ya... ), dimana informasi apapun yang didapat Farras pasti diserap dengan cepat, layaknya spon. Sehingga di usia itu, saya manfaatkan sebaik-baiknya dengan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat. Ketika saya kenalkan hururf-huruf dan angka-angka, dengan mudah Farras bisa mengingat dan menghapalnya. Sehingga ketika Farras berusia 3,5 tahun, Farras sudah bisa membaca, tanpa paksaan dari saya. Awalnya saya hanya mencoba-coba mengenalkan membaca pada Farras, ternyata Farras mau belajar dan mampu, akhirnya saya teruskan untuk memberi materi belajar membaca untuk Farras. Begitu juga dengan Iqro. Awalnya mengenalkan huruf Hijaiyah, ternyata Farras antusias, saya lanjutkan dengan Iqro, sampai tuntas Iqro 6. Dengan tanpa paksaan, Farras pun melahap semua materi tersebut. Di saat teman-temannya baru mengenal Iqro satu, Farras sudah melesat sampai Iqro 3. Saya bersyukur, dalam mengenalkan huruf dan angka pada Farras, saya tidak mengalami kesulitan, karena Farras bisa bekerja sama dengan baik.
Begitu juga Fayda, ketika menginjak usia 3 tahun, Fayda sudah mengenal huruf, angka dan huruf Hijaiyah. Untuk Fayda dalam hal membaca memang tidak secepat kakaknya. Di usia 3 tahun 8 bulan sekarang ini, Fayda masih belum bisa membaca, hanya Iqro sudah sampai Iqro 2. Dan setiap belajar pun, saya tidak pernah memaksa Fayda, seringnya Fayda sendiri yang minta belajar membaca, berhitung maupun Iqro. Dan yang  membuat saya terkagum-kagum adalah ketika Fayda bisa hapal buku cerita yang sering saya bacakan pada Fayda. Satu buku penuh Fayda hapal, dialog dan narasinya. Sewaktu Farras seusia Fayda, Farras tidak pernah selancar itu menghapal buku cerita seperti Fayda. Hapalan Surat-Surat Al-Quran Fayda lebih banyak yang dihapal dibanding Farras di usia yang sama, begitu juga dengan doa-doa harian. Fayda lebih banyak hapalan doa-doa hariannya dibanding Farras. Saya bersyukur kembali akan semua rahmat ini. 
Sehingga saya dapat mengambil kesimpulan dari pengalaman sendiri, untuk menjadikan anak cerdas dan cepat menghapal, hal-hal yang pernah saya lakukan untuk anak-anak saya diantaranya adalah :

- Ketika hamil, rajin membaca Al-Quran minimal sehabis sholat Maghrib

- Memberikan ASI eksklusif dilanjut sampai usia 2 tahun.
- Ketika usia 9 bulan, dimana anak-anak sudah bisa diberi nasi tim saring, menu harian Fayda pasti ada ikan Salmonnya. Ketika Farras berusia yang sama dengan Fayda, saya tidak memberikan ikan Salmon, karena saat itu sulit sekali mendapatkan Salmon, di kota saya belum ada Super Market yang menyediakan ikan Salmon. Tapi di usia sebelum 3 tahun, Farras hampir setiap hari memakan ikan Kembung, dimana ikan Salmon dan ikan Kembung tinggi akan kandungan Omega 3 nya.
- Sering membacakan buku cerita/dongeng pada anak-anak, sehingga secara tidak langsung kita mengajarkan anak untuk bisa cepat menghapal.
- Mengenalkan huruf dan angka secara terus menerus/berulang/kontinyu, sehingga anak tertarik dan akan lebih cepat hapal, tapi jangan dipaksakan ya...

Rahmat dari Allah SWT adalah rahmat yang terbesar bagi manusia dan alam ini, dan mendapatkan rahmat berupa Farras dan Fayda adalah anugerah terindah dan terbaik dari Allah SWT bagi kami.






Words : 497

9 comments:

  1. Subhanalloh ya mbak... manfaat bacaan Al-Quran banyak sekali :)

    ReplyDelete
  2. tak heran ya mbak ... Al - Quran adalah kitab yang terbaik ya, mbak.... smg kita semua Istiqomah membaca dan mengamalkannya.... sukses ya, mbak GA nya

    saya juga ikutan mbak.. yuk kita ramaikan blog dgn menelah ayat per ayat pada kita suci kita ini

    ReplyDelete
  3. Dibaca - dimaknai - dihayati - dipelajari - diterapkan - diistiqamah-kan

    Semoga bisa. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. begitu ya.. iya sih ya mbak,benar juga.. saya juga mengenalkan gambar dan nyanyian2 kepada athar lewat kartu batita. sekarang di usianya yg 16 bulan,bicaranya sudah lumayan,jadi saya tahu apa keinginannya..
    dan Alquran memang nomor 1 lah., :)

    ReplyDelete
  5. subhanallaah....
    dan pastilah rasanya akan nyes nyes sekali ya.. melihat perkembangan anak yang demikian cepat dan dapat dilihat hasilnya..
    semoga jadi amal jariah seorang bunda.
    4 jempol deh, untuk ibunya..

    ReplyDelete
  6. anak2 daya serapnya memang masih dahsyat. Makanya bagus sekali kalau diisi dengan hal positiif

    ReplyDelete
  7. Subhanallah.. Bener bgt mbak, usia 3 th memang lagi heboh2nya. Cepet banget nangkepnya. Harus dimaksimalkan nih mumpung Dzaky masih 3 th.. hihihi ^^

    ReplyDelete
  8. Anak adalah anugerah terindah dariNYA ya mbak :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran