Friday, January 03, 2014

#1Hari1Ayat : Keutamaan Zaitun

اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.(QS: An-Nuur Ayat: 35)



Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati. (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah)

Nama latin dari buah Zaitun adalah olea europea tumbuh di kawasan Meditrania tetapi tempat penanaman yang paling utama ialah Spanyol, Turki, Itali, Tunisia dan Moroko.
Saya mengetahui tentang minyak Zaitun atau lebih dikenal dengan nama Olive Oil, baru beberapa tahun terakhir ini, dan belum begitu tahu banyak tentang manfaatnya, juga tidak pernah tertarik untuk mengetahui lebih jauh atau lebih detil tentang apa itu minyak Zaitun, apa manfaatnya dll.
Sampai tadi pagi saya melihat acara di TV tentang keutamaan dari buah Zaitun.
Di dalam Al Quran, buah zaitun disebut oleh Allah sebanyak 7 kali yaitu 2 kali zaitun itu disebut sendirian sementara 5 kali disandingkan dengan beberapa buah lain seperti kurma, delima, anggur dan buah tin - See more at: http://berkah2013.blogspot.com/2013/04/keistimewaan-buah-buahan-yang.html#sthash.Vdl4zfzJ.dpuf
Di dalam Al Quran, buah zaitun disebut oleh Allah sebanyak 7 kali yaitu 2 kali zaitun itu disebut sendirian sementara 5 kali disandingkan dengan beberapa buah lain seperti kurma, delima, anggur dan buah tin - See more at: http://berkah2013.blogspot.com/2013/04/keistimewaan-buah-buahan-yang.html#sthash.Vdl4zfzJ.dpuf
Di dalam Al Quran, buah zaitun disebut oleh Allah sebanyak 7 kali yaitu 2 kali Zaitun itu disebut sendirian sementara 5 kali disandingkan dengan beberapa buah lain seperti Kurma, Delima, Anggur dan buah Tin. SubhanaAllah. Selain untuk kesehatan, minyak Zaitun juga dipergunakan untuk kecantikan.


Pohon zaitun merupakan salah satu pohon tertua yang tumbuh dimuka bumi, daunnya selalu hijau yang tingginya mencapai 15 meter. Pucuk daunnya sedang (tidak besar dan tidak pula kecil), berbunga kemudian menghasilkan buah setelah berusia 4 tahun dan akan memproduksi buah secara terus-menerus selama sekitar 2000 tahun. Pohon zaitun berumur panjang, hingga satu pohon usianya bisa mencapai 5000 tahun. 
Oleh sebab itu, Allah mengistimewakannya dan menyebutnya sebagai pohon mulia. Hanya pohon Zaitunlah satu-satunya memperoleh predikat tersebut. Zaitun tergolong jenis pohon-pohonan penghasil minyak, mampu beradaptasi dengan musim kering yang berkepanjangan. Ia tumbuh dengan amat pelan tetapi umurnya sangat panjang.(sumber

Untuk mencoba buah Zaitun, mungkin agak sulit mendapatkannya di negara kita (jadi pengen nyoba buah ini :D ), apakah teman-teman ada yang sudah pernah mencobanya? Tapi untuk minyaknya, di negara kita sudah banyak yang memasarkan minyak Zaitun ini. Suatu saat, saya ingin mencoba minyak ini, mungkin untuk menggoreng, untuk kesehatan atau untuk kecantikan, karena minyak Zaitun sudah bisa diperoleh untuk berbagai macam penggunaan.




Words : 495

22 comments:

  1. sering pakai minyak zaitun tapi belum pernah kalau minum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. brarti saya ya, yg ketinggalan :)

      Delete
  2. Tapi hati-hati, San. Minyak zaitun yang buat muka, beda loh sama yang buat masak :D

    ReplyDelete
  3. minyak zaitun bermacam-macam ya mbak. ada juga buat message :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, yg dibikin krim juga ada, utk muka

      Delete
  4. Minum sblm tidur hehe...minyk gor hbs.pake deh hehe

    ReplyDelete
  5. untuk kesehatan & kecantikan udah pernah nyoba.. pengen nyoba untuk masak juga, tp blum kesampaian aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah nyobain semuanya

      Delete
  6. biasanya saya minyak zaitun untuk kulit :)

    ReplyDelete
  7. sekarang sdh ada yang dikemas dlm kapsul spt minyak ikan, bagus banget utk menjaga kolestrol dan keremajaan kulit

    ReplyDelete
  8. teman saya pernah minta tolong belikan minyaknya untuk olah obat karena dia anak farmasi,
    sulit banget nyarinya, eh ketemunya di toko bahan roti..

    ReplyDelete
  9. Subhanallah ...
    minyak zaitun suka pake, tapi belum pernah pegang buahnya, sebesar apa gak tahu hehe ...
    Terimakasih sudah mampir di blog saya, ya, dik

    ReplyDelete
  10. Bila saudara atau kenalan pulang haji atau umrah, saya sering mendapat oleh-oleh zaitun, manfaat bangeeet....

    ReplyDelete
  11. Minyak zaitun bagus buat menggoreng, buat kulit juga. Buat diminum juga. Mirip2 keutamaan jintan hitam (habbatussauda) ^_^

    ReplyDelete
  12. aku suka minyak zaitun karena buat ngelangsingin badan hehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran