Monday, June 30, 2014

Marhaban Ya Ramadhan



Bismillahirohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah bisa ngeblog lagi setelah satu bulan off :( dan Alhamdulillah masih bisa bertemu Ramadhan lagi, bulan penuh Rahmat.

Mengawali bulan Ramadhan ini, ada suatu cerita menggelitik dari teman suami. Mengawali Tarawih di Masjid lingkungan rumahnya, ketika sang Imam membaca akhir dari surat Al- Fatihah, tiba-tiba ada anak kecil di lantai dua yang bersuara lantang berucap : "Dan semua berkataaaa.........."
Para Makmun pun menjawab : "Aaamiiiin...."
Entahlah apakah ini suatu kelucuan dari seorang anak kecil, ataukah ketidaksopanan? Tapi yang jelas, kalau saya ada disitu, pasti saya akan senyum-senyum sendiri :D.

Selain cerita diatas, saya pun mendapat tips dari seorang teman, bagaimana bisa menghatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan ini. Jumlah halaman dalam Al Qur’an ada 604 halaman. Dan Insya Allah kita berpuasa selama 30 hari.
Jika ingin mengkhatamkan membaca Al-Quran sebanyak 1 kali, maka bacalah Al-Quran setelah sholat Fardhu 5 waktu sebanyak : setelah sholat Subuh 4 halaman, setelah sholat Dhuhur 4 halaman, setelah sholat Ashar 4 halaman, setelah sholat Maghrib 4 halaman, setelah sholat Isya 4 halaman.
Dan jika ingin mengkhatamkan 2 kali, maka bacalah Al-Quran sebanyak : setelah sholat Subuh 8 halaman, setelah sholat Dhuhur 8 halaman, setelah sholat Ashar 8 halaman, setelah sholat Maghrib 8 halaman, setelah sholat Isya 8 halaman.

Semoga bulan Ramadhan ini kita diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankannya, dan mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Aamiin. YRA.

26 comments:

  1. "Dan semua berkata..." Ha ha ha itu mah saya juga bisa senyum-senyum mbak. Nggak sopan ya anak itu, tapi emang anak sekarang lebih kreatif kalau mau iseng ;)

    ReplyDelete
  2. iya kadang mengkhatamkan membaca Al-Quran di bulan ramadhan suka tidak kekejar.. terimakasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dgn tips seperti itu, bisa memudahkan kita jika ingin menghkatamkan membaca Al Quran

      Delete
  3. hah,sebulan g ngeblog??masak sih mak??kmn aja hehhe...
    semoga kita diberi kesempatan menghatamkan qu'an dibulan ini mak aamiin...selamat berpuasa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menambah rasa bersalah ku dong mak hana dgn pertanyaan seperti itu hehehe...
      Selamat berpuasa juga mak :D

      Delete
  4. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ya Mak. Maaf lahir batin ..

    Itu ... anak siapa yang mengatakan, "Dan semua berkata .. "? Iseng amat, yak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lahir batin juga mak... Selamat berpuasa. Hihihi anak yg benar2 iseng :D

      Delete
  5. Selamat menjalankan ibadah puasa yah mbaaaa...
    Aku mohon maaf lahir dan batin yaaaah :)

    Iya niiiih...lama banget gak apdet nih mbaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lahir batin dan selamat berpuasa juga mak Erry... :)

      Delete
  6. ayo hatamkan al qur'an dalam waktu sebulan pasti bisa .... :)

    Selamat Puasa..

    ReplyDelete
  7. Mbaa, apakabar?
    Anak kecilnya cerdas. :D


    Selamat berpuasa, ya. Salam untuk dua ponakan Dua F. . . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik, semoga Idah juga baik2 saja ya...
      Selamat berpuasa juga, akan saya sampaikan salamnya dari tante Idah :)

      Delete
  8. setelah ramadhan juga harus bisa khatam ya mbak :) mbak ikutan odoj gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak Lidya... belum mak belum ikutan :(

      Delete
  9. "Dan semua berkata..." itu kocak bener mbak.. hahaa...

    Selamat menunaikan ibadah puasa mbak santi, semoga Ramadhan ini membawa keberkahan utk mbak sekeluarga, aamiin.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berpuasa juga mba... Aamiin YRA. Terima kasih :D

      Delete
  10. Selamat berpuasa mbak,,mohon maaf jika ada salah kata selama ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mak... mohon maaf lahir batin juga :)

      Delete
  11. anak-anak dengan segala kepolosannya bikin ngikik hehhe

    Mak, ikutan GA saya, yuk :)
    http://www.kekenaima.com/2014/06/4th-giveaway-honestly-tunjukkan-lumia-mu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya mak..
      Saya gak pake Lumia sih mak... :(

      Delete
  12. Moga2 anak itu tidak sengaja, cuman kebetulan aja ya mbk :)
    se7 banget, cuman kadang2 Imtaq lagi turun ... ya gitu deh :)

    ReplyDelete
  13. dan saya penasaran dg kondisi saat itu, mbak? adakah langsung pada cekikikan? hehe.. mudah2an tidak yaa... Selamat menjalankan ibadah ramadan ya mbak... :)

    ReplyDelete
  14. Semoga Ramadhan ini bisa menjadi ladang ibadah menuju hati yang lebih bersih.

    ReplyDelete
  15. Hwaaa..jadi ingat masa kecil saya dulu.. Gak sampe kayak si anak itu sih, tapi dulu selalu adu kenceng bilang "amin" dengan anak2 yg lain trus cekikikan deh sesudahnya.. :p Selamat berpuasa yaa Mbak ;)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran