Friday, August 15, 2014

Anak Dan Perkembangannya


Anak-anak berkembang sangat cepat dan pesat. Kadang, walaupun kita selalu ada untuk anak-anak, tapi sepertinya masih saja ada yang terlewat atau tertinggal dari perkembangan anak-anak kita. Ketika perhatian kita sedikit dan sebentar saja lengah, tiba-tiba anak-anak sudah memiliki 'sesuatu' yang baru, tanpa kita tahu. Kita tiba-tiba saja terperangah akan kebisaan baru anak-anak kita.

Fayda, anak kedua saya, ketika berusia belum genap 3 tahun, tiba-tiba saja sudah bisa mengancingkan bajunya sendiri. Memang sih, setiap kali jika Fayda hendak memakai baju yang ada kancingnya, Fayda selalu meminta untuk mengancingkannya sendiri. Awalnya gagal, tapi Fayda termasuk anak yang tidak mudah menyerah, mungkin memang semua anak-anak begitu ya... :) Berulang kali mencoba, dan akhirnya........ Fayda berhasil! Tentu saja saya bersorak gembira saat itu, Fayda pun ikut bertepuk tangan sumringah.

Di usia 4 tahun 2 bulan, tiba-tiba Fayda menunjukkan pada saya hasil membuat perahu dari kertas. Tentu saja saya kaget. Saya tidak pernah mengajarkan Fayda membuat/melipat kertas menjadi perahu. Tapi rupanya, Fayda sering memperhatikan saya membuat perahu dari kertas, ketika Fayda memintanya. Alhasil, berlembar-lembar kertas dijadikan ajang eksperimen Fayda dalam membuat perahu kertas.

Kakaknya Fayda, Farras sedang senang membuat pesawat terbang dari kertas (pula). Fayda pun tak mau kalah. Dan belakangan ini, Fayda dengan giat mencoba membuat pesawat terbang dari kertas. Fayda sering memperhatikan kakaknya melipat kertas menjadi pesawat terbang. Dan taraa.... Fayda pun sudah berhasil membuat/melipat kertas menjadi pesawat terbang. Sungguh... anak-anak selalu membuat orang tua takjub akan apa yang sedang, ataupun sudah mereka lakukan.

Sejak usia 3 tahun, Fayda sudah belajar membaca. Eits... saya tidak pernah memaksanya lho... Fayda sendiri yang sering meminta untuk belajar membaca. Mungkin karena sering melihat kakaknya belajar, jadi Fayda suka ikut-ikutan ingin belajar. Buku belajar membacanya pun lungsuran dari Farras :D Saya tidak pernah meminta Fayda untuk belajar membaca, tapi pasti selalu Fayda yang meminta saya untuk membimbing dia belajar membaca. Dan tanpa saya sangka, tiba-tiba saja Fayda sudah bisa membaca. Saya hanya melongo... (beuh bahasa apa itu ya... hehehe). Padahal tahapan membaca Fayda belum selesai, tapi Fayda sudah menunjukkan kalau Fayda bisa membaca. Ternyata Fayda memang jago improvisasi dalam membaca, sehingga Fayda bisa cepat membaca.

Begitupun dengan menulis. Kalau tentang belajar menulis, sebenarnya saya tidak pernah mengajarakan Fayda menulis secara serius. Hanya selewat saja. Tapi tiba-tiba, kembali Fayda membuktikan kalau Fayda bisa menulis. Bisa menulis dalam arti begini, jika saya mendiktekan pada Fayda sebuah kata, misal : b a j u. Maka dengan cekatan Fayda menuliskannya pada buku, dengan benar. 

Saya tidak pernah ingin membuat anak-anak saya menjadi anak-anak yang sepertinya dipaksa oleh orangtuanya untuk bisa 'ini' dan 'itu'. Tidak. Saya dan suami tidak pernah memaksa mereka. Apalagi jika belajar sesuatu yang sebetulnya memang belum waktunya. Tapi jika si anak terus meminta, apakah kita sebagai orangtua, menghentikan permintaannya? Kalau saya, lebih memilih tidak. Jika memang anak mau dan meminta, tanpa ada paksaan dari orangtuanya, saya lebih memilih untuk mengikuti kemaunnya, karena anak-anak cepat dalam hal belajar dan cepat menyerap dalam hal mendapatkan sesuatu yang baru. Dan saya perhatikan, Fayda belajar dengan senang dan gembira.

Begitupun dengan berhitung. Saya hanya pernah mengajarkan Fayda cara berhitung menggunakan tangan. Seperti 2+2, dengan tangan. Dan tanpa saya duga, ternyata dengan cepat pula Fayda sudah mengerti cara berhitung dengan menggunakan jari tersebut. Seperti 4+3, dengan cepat Fayda akan mengacungkan tangannya dan mulai berhitung.

Memantau perkembangan anak, memang betul-betul membuat kita 'amazing'. Ada kalanya kita tersenyum, tertawa, menggeleng-gelengkan kepala dan bersorak gembira.

24 comments:

  1. Alhamdulillah.... Senangnya membaca tentang anak2 yang perkembangannya menakjubkan ini... Masa Batita adalah masa emas perkembangan anak ya mbak? Nitip sun sayang buat si cantik Fayda & kakaknya yaa...

    ReplyDelete
  2. enak juga baca artikel yang seperti ini

    ReplyDelete
  3. Anak-anak memang cepat perkembangannya terutama di usia seperti itu.

    ReplyDelete
  4. Membiarkan anak tumbuh alami sesuai bakatnya y mbak

    ReplyDelete
  5. Anak-anak memang cepat sekali menyerap. Anak-anak di preschoolku rata-rata bisa baca di usia 3 tahun, padahal belajarnya sambil bermain :) Salam untuk Fayda :)

    ReplyDelete
  6. perkembangan anak itu mengikuti apa yang sering dilakukan dengan orang-orang disekitarnya........jadi terkadang kita dibuat terkaget-kaget karenanya....tiba-tiba...eh anakku sudah bisa berdiri sendiri......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  7. Siap-siap bentar lagi minta laptop trus nge blog dehh.. hihihihihi

    ReplyDelete
  8. Memang waktu berjalan begitu cepat yah mbaaa...
    kita harus selalu menghargai setiap momen2 kecil barang anak kita :)

    Whoaaa...Fayda keren sekaliiii udah bisa bacaaaa :)
    Pinternyaaaa :)

    Fathir tuh mbaaa...syusaaaah banget kalo disuruh belajar baca, padahal udah 5 tahun...bhuahahaha...
    rada beda ama Kayla, dulu lumayan cepet tuh mba, mungkin anak cewek emang lebih telaten kali yah mba...jadi aku sih masih nyantai aja deeeh :)

    ReplyDelete
  9. Saleum,
    Itu si Junior pake sepatu bola kah? hmm jika benar, mudah2an kelak berprestasi dibidang sepakbola.

    ReplyDelete
  10. .anak-anak emang menakjubkan! dan itu gak lepas dari siapa emak dan bapaknya. ^_^

    ReplyDelete
  11. Anak anak memang cepat sekali pertumbuhan fisiknya, juga wawasan dan kecerdasaannya. Satu hal ataua salah satu hal yang saya kagumi dari anak anak adalah daya ingatnya yang kuat. Anak akan menghafal sangat cepat nyaris di setiap perkataan dan tingkah laku kedua orang tuanya

    ReplyDelete
  12. Berbahagialah orangtua yang bisa mengikuti tumbuh dan berkembangnya anak dengan baik. Sungguh, ini adalah bagian dari anugerah yang luar biasa. Kenapa saya menuliskan komentar ini? Karena saya sempat menemukan orangtua yang "cuek" dengan tumbuh dan berkembangnya anaknya sendiri.

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah,saya aja lihat perkembangannya fayda lewat blog seneng bangettt..ini anak kok dah gede aja ya,ini anak kok dah ikut jejak mamasnya ya, ini anak kok dah pintar aja lengak lenggok pake sepatu roda..pokoknya selalu bahagia deh lihat perkembangan fayda yg main pintar :)
    hug bt fayda :)

    ReplyDelete
  14. dari kemaren2 temen2 saya pada cerita soal baby mereka uda bisa ini itu.. saya jadi pengen bikin satuuuuu :p

    ReplyDelete
  15. Senang melihat anak2 semangat berkreasi ya, Mba.
    Makin cerdas Fayda.

    ReplyDelete
  16. anak sekarang sepertinya pintar pintar, lebih cepat perkembangannya, apa karena konsumsi makanan dan lingkungan sekitar juga sepertinya memperngaruhi

    ReplyDelete
  17. Emaknya blogger sih, jadi bakat nulisnya nurun :D

    ReplyDelete
  18. Wow, hebat nih Fayda semangat banget belajarnya :) Iya ya, kalau anak yang minta belajar masa kita nolak.. Ikutin aja, tapi pelan-pelan supaya kaya bermain, jadi anak have fun..

    ReplyDelete
  19. Lucuuuu anaknya. Kecil2 udah bisa roller blade ya :D

    ReplyDelete
  20. Waa kerennya Fayda! pasti karena mamanya deh ^^

    ReplyDelete
  21. Saya sangat suka dengan anak-anak :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran