Friday, November 14, 2014

Masjid Agung Ats-Tsauroh Serang : Masjid Yang Nyaman Untuk Musafir


Masjid agung Serang yang terletak di pusat kota Serang bernama masjid agung At-Tsauroh Serang, atau lebih dikenal dengan nama masjid agung Serang. Selain tentunya sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid agung Serang ini sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan keagamaan seperti ceramah agama, pengajian, perayaan hari raya besar umat Islam, berbuka puasa bersama di kala bulan Ramadhan dll. Masjid ini sangat luas, begitupun tempat wudhunya.

Bagi para musafir, akses menuju masjid ini sangat mudah. Karena berada di tengah kota dan di pinggir jalan besar, siapapun yang sedang melakukan perjalanan panjang, bisa mampir kesini untuk melaksanakan kewajiban sholat fardhu, dan bisa digunakan untuk 'leyeh-leyeh' sesaat setelah sholat wajib dilaksanakan. Area parkir disini sangat luas jika memang kebetulan menggunakan kendaraan pribadi. Jika terasa lapar, di sekitar area masjid ini banyak penjual makanan. Masjid ini dikelilingi oleh ruko-ruko. Ruko yang menjual makanan, pakaian dll. Apalagi jika hari Jum'at, dimana para bapak-bapak menunaikan sholat Jum'at, maka area disekitar masjid ini ramai oleh penjual. Berbagai macam dagangan bisa dilihat dan dibeli disini. masjid agung Serang ini semakin hari semakin menampakkan keramaian. Karena disekitarnya ada sektor ekonomi dikembangkan.



tampak dalam


Bulan Ramadhan tahun ini, sudah beberapa kali saya, suami dan anak-anak berbuka puasa di masjid ini. Membawa bekal sendiri dari rumah, atau membeli makanan berbuka di sekitar masjid ini. Banyak pilihan yang bisa dibeli untuk berbuka puasa. Banyak sekali para pengunjung yang hendak berbuka puasa di masjid ini. Apalagi jika akhir pekan. Serasa kami berbuka puasa bersama secara besar, padahal kami belum kenal satu sama lain. Jadi jika memang ada pelancong dan kebetulan mengunjungi kota Serang di waktu bulan Ramadhan, tak usah khawatir tak bisa berbuka puasa bersama-sama dalam suasana yang ramai tapi menyenangkan. Dengan mendatangi masjid agung Serang untuk berbuka puasa, pasti akan menemukan suasana yang berbeda. Dan saya beserta keluarga kecil saya, sudah menikmatinya, sehingga merasa ketagihan. InsyaAllah di tahun depan, kami akan melakukan perjalanan dengan berbuka puasa bersama lagi disini, di masjid Agung Ats-Sauroh Serang, dimana anak saya pun ketagihan untuk selalu datang lagi ke masjid ini.


 
teras





17 comments:

  1. mantep ini,,wajib dikunjungi kalau lagi perjalanan :)
    btw lantainya bening ya :)

    ReplyDelete
  2. Saya seringnya cuman lewat aja kalo masjid di Serang ini karena sudah deket sama Cilegon. Hehehehe. Bagusss mesjidnya ternyata ya di dalemnya..

    ReplyDelete
  3. WOW! Sudut pengambilan gambar yang keren di "tampak dalam". Saya, jujur saja, belum pernah ke daerah Serang. Tapi semoga ada kesempatan untuk beribadah di masjid ini suatu hari nanti, amin.

    salam kenal dari Jayapura

    ReplyDelete
  4. Baru lihat foto bagian depannya saja sudah berasa nyaman masjidnya, Mbak

    Sukses yaa :)

    ReplyDelete
  5. noted....kalau ke serang coba mampir .

    ReplyDelete
  6. Damaaaiiii lihat poto2nya maak...Menyejukkan :))

    ReplyDelete
  7. pernah kesini, enak juga disini bun.

    ReplyDelete
  8. Ini masjidnya megah ya mba,,kalo pas ramadhan di masjid2 memang seringnya memberikan menu buka puasa untuk para musafir,,aku jg pernah buka di masjid kotaku bersama2 dg banyak orang,,

    ReplyDelete
  9. Wah masjid yang sangat megah ya mbak serasa adem nie msjid di tengah kota serang, moga saya bisa mampir dah suatu hari nanti aamiin

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah ke serang mbak, semoga aja suatu saat nanti bisa mampir sekaligus shalat disana,

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah sampai Serang. Hehehe
    Asyik juga ada yg jualan juga disekitar masjid.

    ReplyDelete
  12. Jadi ingin mengunjungi masjid agung Serang nih lihat foto bagian luarnya yang indah dan bagian dalamnya yang tampak sejuk...

    Salam,

    ReplyDelete
  13. Lantainya bersih banget ya mbak sampai kayak cermin begitu, semoga suatu saat bisa mampir :)

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, cantiknya masjidnya. Kapan-kapan pengin mampir dan sholat di sana deh. :)

    ReplyDelete
  15. baguuuus banget, megah nan mewah ya

    ReplyDelete
  16. Tulisan yang sangat bermanfaat buat para musafir yang melewati Serang yaaa mbak Santi….:)
    Smg menjadi amal catatan pahala di yaumul hisabNya, aamiin

    Jazakillah, sudah berpartisipasi di GA Perjalananku dan Masjid

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran