Tuesday, November 25, 2014

Memaknai Arti Kelulusan

Menjadi seorang wanita, menikah, mengandung dan melahirkan anak mungkin bisa dikatakan bahwa wanita tersebut telah 'lulus' menjadi seorang wanita. Namun 'kelulusan'nya belumlah apa-apa, karena setelah 'kelulusan'nya tersebut, masih banyak peer yang harus dikerjakan oleh seorang wanita. Setelah berpayah-payah mengandung dan melahirkan, seorang wanita masih memiliki tanggung jawab yang besar untuk membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Dan itu semua akan dipertanggungawabkannya di hadapan Sang Khalik kelak. Untuk itu, 'lulus' untuk menjadi seorang ibu, tidaklah mudah dan tak ada habisnya, masih banyak tangga-tangga selanjutnya untuk menuju kata 'lulus' tersebut.

Ketika seorang wanita baru saja melahirkan anaknya, kebahagiaan yang tak terkira yang dirasakan. Kesakitan ketika hendak melahirkan terbayar sudah. Bahwa sang wanita telah 'lulus' menjadi seorang ibu. Tapi bukan berarti 'lulus'nya itu telah selesai menjalani perannya sebagai seorang wanita yang menjelma menjadi seorang ibu. Dia harus menapaki tangga-tangga yang masih panjang untuk mencapai 'kelulusan' yang lain yang harus dicapainya. 'Lulus' dari yang satu, harus menapaki untuk bisa 'lulus' menuju tangga berikutnya lagi.

Memaknai arti kelulusan seorang ibu yang baru melahirkan adalah dengan menjaga sebaik-baiknya buah hatinya. Merawat dan mengasuh anak, bukanlah hal mudah tapi dengan segala keikhlasan yang dimilikinya, semuanya akan terasa ringan. Membesarkan anak (apalagi di zaman sekarang), banyak tantangan, dimana seorang ibu harus bisa dan banyak belajar. Dalam menjaga, mendidik, membesarkan anak, seorang ibu harus memiliki kearifan yang tinggi.

Jika lulus SD, kita masih harus berjuang lagi untuk bisa mendapatkan SMP yang kita inginkan. Begitu pula jika kita sudah lulus SMP, maka kitapun masih harus berjuang lagi untuk bisa masuk SMA yang kita harapkan. Setelah lulus SMA, kita masih harus berjuang untuk bisa masuk perguruan tinggi yang kita idam-idamkan. Dan setelah lulus dari perguruan tinggi, kita masih harus berjuang mendapatkan pekerjaan yang kita harapkan. Begitulah seterusnya, hingga akhirnya bisa lulus menjadi seorang wanita dengan menjadi seorang ibu. Kelulusan yang terus berjenjang. Tak ada yang mudah dalam mendapatkan kelulusan itu, tapi tak ada yang tak mungkin juga kita bisa memperolehnya. Yang jelas, dengan cara kita menjalankan kelanjutan dari kelulusan dengan baik, maka kita sudah bisa memaknai arti kata 'lulus'.

Kita baru bisa memaknai arti kata lulus adalah ketika kita sudah lulus, kita tidak berhenti untuk terus berusaha dan berjuang dalam mendapatkan hal yang lebih baik lagi, untuk menapaki 'kelulusan' yang lain yang tentunya masih panjang dalam hidup di dunia, dan tentunya untuk hidup kita di akhirat kelak. Sangat manusiawi jika kita bergembira, berbahagia atas kelulusan yang telah kita peroleh, tapi jangan terlena dan jangan pula berlebihan dalam menyikapi kelulusan kita itu, karena dengan kelulusan tersebut, masih panjang jalan yang harus ditempuh, jalan panjang dan berliku. Karena memang hidup adalah perjuangan.



http://keinatralala.wordpress.com/mentions/keinarahardjo/

Words : 427

10 comments:

  1. Sebelum kita bertarung di masyarakat, entah untuk mencari lapangan pekerjaan atau mendaftar sebagai CPNS,. setiap dari kita yang lulus suatu jenjang pendidikan memang dituntut untuk siap. Menukmati kelulusan juga tidak bisa dianggap remeh. Bertahun tahun studi atau kuliah, wajar saja menikmati kelulusan. Asal jangan terlalu terlenaaaa

    ReplyDelete
  2. Klo bagi saya saat lulus sarjana=membahagiakan ortu..:)

    ReplyDelete
  3. kalau saya ketika saya sarjana dan memberikan orang tua yang terbaik serta membalasnya dengan lebih baik

    ReplyDelete
  4. paling berkesan,pas lulus kuliah,ribetnyaa minta ampun harus dandan dan pakai kebaya hehehe,tapi seru dan seneng keluarga bisa hadir semua

    ReplyDelete
  5. betul sekali mbak,,kita nggak boleh terlena dulu,,,masih banyak yg harus segera kita selesaikan agar mndapatkan predikat lulus

    ReplyDelete
  6. yeay ikutan GA lagi mak.. "Kita baru bisa memaknai arti kata lulus adalah ketika kita sudah lulus, kita tidak berhenti untuk terus berusaha dan berjuang dalam mendapatkan hal yang lebih baik lagi.." (noted)

    ReplyDelete
  7. Betul sekali mak.. hidup adalah perjuangan. Tidak hanya sekolah saja yg butuh perjuangan untuk sekedar kata LULUS,tetapi semuanya ya mak.. LULUS membuat kue yang enak bagi seorang ibu juga mempunyai makna yang dalam,,hihihi

    ReplyDelete
  8. Mantap.... kelulusan itu berarti seberapa penting kita menggenggam kesabaran hati

    ReplyDelete
  9. Sungguh sangat dalam dan indah kata-kata dalam kandungan artikel ini, terimakasih ats sharenya mbak, salam kenal...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran