Saturday, December 06, 2014

Penjumlahan Pertama Fayda

Sewaktu pertama kali Fayda belajar membaca, saya tak pernah memaksa. Saya hanya menyalurkan keantusiasan Fayda dan kemampuan Fayda yang ingin belajar membaca. Keinginan Fayda membaca dipengaruhi oleh kakaknya, Farras. Fayda selalu semangat ingin belajar jika melihat kakanya belajar. Setiap malam belajar, Farras memang selalu belajar, seringnya ditemani ayahnya. Karena sering melihat, Fayda akhirnya ingin juga belajar. Fayda memang follower sejati kakaknya. Apapun yang kakaknya lakukan, pasti Fayda akan meniru. Alhamdulillah ada manfaatnya, di usia kurang dari empat tahun, Fayda sudah lancar membaca dan mengaji Iqro'.

Semalam, Fayda belajar berhitung penjumlahan. Ini pun dikarenakan sering melihat kakaknya belajar matematika dengan ayahnya. Fayda juga sering melihat nilai 100 pada buku catatan matematika Farras. Jadi, berhubung Fayda adalah follower Farras, maka ketika Farras belajar matematika, Fayda pun ingin bisa belajar matematika seperti kakaknya. Awalnya ayahnya menolak untuk menyanggupi permintaan Fayda belajar matematika. Tapi Fayda keukeuh. Akhirnya, ayahnya menyerah. "Fayda dengarkan dulu penjelasan Ayah ya?" Kata ayahnya ketika mulai belajar penjumlahan. Dan baru sekali saja ayahnya menerangkan, Fayda sudah mampu mengerjakan soal penjumlahan dari ayahnya, dan inilah hasilnya :





Ada sekitar 20 lebih soal penjumlahan yang suami saya beri. Dan terus terang, saya dan suami saya takjub. Padahal baru sekali ayahnya menerangkan, tapi Fayda sudah bisa menghitung sendiri. Dan hasil hitungannya langsung Fayda tulis sendiri. Inginnya sih nambah lagi, tapi ayahnya bilang, "Udah Dek, istirahat dulu, capek nantinya." Fayda pun menjawab, "Kan yang sebelas, dua belas, tiga belas, empat belas, belum Yah... " Maksudnya penjumlahan angka sebelas, dua belas dst, soalnya belum diberikan. "Ya udah, besok lagi aja." Jawab ayahnya.

Saya dan suami saya tidak pernah memaksa anak-anak untuk bisa sesuatu yang belum saatnya. Tapi saya hanya memanfaatkan keinginan dan kemampuan anak-anak. Saya tahu, anak seusia Fayda otaknya mudah menyerap. Dan di saat Fayda memiliki keinginan untuk bisa melakukan sesuatu walaupun belum saatnya, saya dan suami saya akan fasilitasi. Salah satu caranya seperti contoh yang diatas. Dan Alhamdulillah ternyata memang Fayda mampu dan bisa.

47 comments:

  1. Sama mbak, anak saya yang kedua juga begitu, follower kakaknya apalagi yang ketiga, cerminnya udah lebih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya adik kakak memang begitu ya mak... :)

      Delete
  2. Pinter Fayda lagi seneng berhitung ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sampai sekarang, tiap malam pasti minta soal penjumlahan :)

      Delete
  3. alhamdulillah jadi anak yang pintar ya fayda dan farras...

    canggih langsung sikat abis 100%

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, anak cerdas seperti harus terus diperhatikan. itu nikmat Allah yang luar biasa memiliki seorang anak semisal Fayda. biasanya, bila anaknya hebat, itu juga sebagai cermin dari orang tua yang juga hebat..

    semoga Fayda menjadi anak yang Hebat, Baik, Rajin dan tidak dirusak oleh media, atau pun lingkungan yang kurang baik saat dewasa kelak. amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin. YRA. Makasih atas doanya.... :)

      Delete
  5. weeh keren mak....alhamdulillah Farras dan Fayda sudah pinter....semangat terus ya

    ReplyDelete
  6. aduuuh pinternya mau belajar^^ tapi mbak udah benar, jangan dipaksakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.... saya gak pernah maksa, malah suka kasihan, tapi malah anaknya yg maksa :)

      Delete
  7. Pinternya ni kecil2...;)
    sama mak, aku juga ga pernah maksa, cuma "mewadahi" istilahnya ;)

    ReplyDelete
  8. uwaaaa..kerenbanget fayda,kalo penjumlahan yg selalu q inget itu..4+2=....4 dikepala dua ditangan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... kalo Fayda ngimprove sendiri mak Hana....

      Delete
  9. huwaaa fayda pinter banget sih mbak,,,salam buat fayda ya,,,gak boleh suka cemburu :) hehehe tapi anak kecil maklum ya mbak

    ReplyDelete
  10. fayda keren deh... nanti ajarin jav yah ;)

    ReplyDelete
  11. Iya betul mbak...sebagai orang tua memang idealnya tidak memaksakan kehendak kepada anak diiluar kemampuan dan umur anak.... kelak kalau sudah cukup umurnya maka akal akan mengikutinya....kita hanya wajib memberikan pendampingan dan kasih sayang....

    ReplyDelete
  12. Makin pintar nih mbak sih kakak Fayda, semoga semakin rajin belajarnya ^^

    ReplyDelete
  13. Fayda anak yang cerdas ...
    dan diapun tidak malu-malu untuk mengemukakan apa yang dirasakannya ...

    sehat-sehat ya Nak ...

    Salam saya Bu
    (8/12 : 26)

    ReplyDelete
  14. Fayda pinter banget.. ini keren, belajar dg keinginan dan tanpa paksaan akan menjdi hal yang menyenangkan buat mereka.. tetep semangat Fayda :)

    ReplyDelete
  15. Fayda pinter banget.. ini keren, belajar dg keinginan dan tanpa paksaan akan menjdi hal yang menyenangkan buat mereka.. tetep semangat Fayda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. Alhamdulillah memang tanpa paksaan. Fayda yg meminta (dgn maksa pula), dan memang sepertinya dia enjoy aja

      Delete
  16. Wah, mbak Fayda pinter ya. Udah cepet aja bisa itung2an angka

    ReplyDelete
  17. Ih, aku udah komen tadi, kok nggak muncul ya.
    Hebat Fayda ^^
    Katanya sih kalo anaknya yang minta, emang bisa lebih cepet masuknya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah akhirnya bisa muncul ya mak... hehehe...
      Makasih ya.. :)

      Delete
  18. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan??

    ReplyDelete
  19. Waah follower sejati kakak jadi bisa hebat kayak kakak nih. Selamat ya mbak, anak-anaknya bisa berkembang baik. Senang deh bacanya :)
    saya sarankan, diajak belajar bahasa asing juga biar lebih cerdas kebahasaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sedikit2 saya ajarkan. Saya hanya ingin mengajarkan dimana anak antusias thdpnya. Tapi bhs inggris pun saya perkenalkan. Terima kasih ya mak..

      Delete
  20. cerdasnya... sebentar dijelasin langsung bisa ^^

    ReplyDelete
  21. nice to meet you all guys ..please visit me back..

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran