Friday, January 16, 2015

Ingin Berbisnis Online tapi Tidak Punya Produk?


Sumber Gambar
Mempunyai bisnis online yang menjual produk tentu sangat menyenangkan, dan akan menguntungkan bila dapat dikelola dengan baik. Selama ini keinginan saya untuk menjual produk dengan cara online hingga saat ini belum terealisasikan. Kendala yang mendasar yakni persediaan barang dan teknis pengiriman yang tentu memerlukan manajemen yang baik. Sebetulnya kendala di atas adalah bukan merupakan alasan untuk membangun bisnis online dengan menjual produk tertentu, namun ini karena keterbatasan saya dalam memenuhi kebutuhan mendasar tersebut, singkatnya ingin dagang tapi tidak punya modal (berbelit belit ya mau bilang gak punya duit aja...hehehe )
Akhirnya setelah melakukan penelusuran informasi melalui eyang Google, : Bagaimana Memulai Bisnis Online dengan Cepat dan Mudah? Ingin Berbisnis Online tapi Tidak Punya Produk? Saya memutuskan untuk belajar berjualan produk secara online, bekerjasama dengan perusahaan "Dropship Supplier". Metode ini tentu sudah tidak asing bagi para pelaku bisnis online, namun buat saya ini adalah sesuatu yang baru dan bisa jadi salah satu cara untuk merealisasikan keinginan saya berjualan produk secara online, dengan modal yang terbatas. Menurut Wikipedia, pengertian Dropship itu sendiri adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke supplier.

Perusahaan Dropship yang saya pilih adalah Cakning , perusahaan ini mengkhususkan dalam bidang Dropship Supplier , biaya regitrasi yang dibayarkan untuk menjadi member cakning Rp. 100,000. Setelah menjadi member kita bisa mengkakses ribuan produk dengan banyak kategori yang siap dipasarkan dengan cara kita. Setiap produk yang tercantum di Cakning terdiri dari harga jual dan harga discount untuk member, sehingga kita akan mendapatkan selisih dari harga penjualan pada konsumen kita. Produk - produk tersebut berasal dari beberapa vendor yang terdaftar di Cakning, dari berbagai kota di indonesia : Jakarta, Bogor, Bandung dll. Khusus produk regional berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya di mana kantor manajemen Cakning berdomisili. Satu hal yang terpenting adalah kita tentu bisa memilih produk-produk apa saja yang akan kita pasarkan dengan melihat dari kualitas produk ataupun harga jual yang kompetitif di pasaran.

Selain dapat mengakses ribuan produk, member juga mendapatkan E-Training berupa artikel tutorial seperti cara order, cara setting Toko Online* (toko online instan/sederhana yg diberikan Cakning untuk member), dan SEO sederhana. Tentu semuanya itu untuk memimbing dalam memaksimalkan penjualan kita. Namun jika kita punya modal yang cukup, tentu akan lebih baik kita membuat toko online sendiri, yang produknya bisa dipilih dari member area cakning, ataupun ditambah dengan produk-produk  dari yang kita miliki. 

*contoh Toko Online instan : f2shop Online

20 comments:

  1. berarti harus punya produk dulu ya mbak, tapi ya betul katanya mbak santi lebih mudah kalo os itu udah ada modal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya idealnya begitu, namun dropship adalah solusi untuk menyiasati agar kita nggak perlu stok barang dan teknis pengirimannya.tentu kitapun harus memperhatikan produk2 apa saja yg akan kita pasarkan,

      Delete
  2. aku pernah mbak model dropship gitu,tapi kadang g sesuai sama pelangan mau,misalnya baju,dari bahannya sendiri. g eaknya kita g tau barangnya kl dropship hehe...
    sukses ya mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul mak, alangkah baiknya sebelum kita menjual barang apa saja yg kita pilih, kita harus meneliti terlebih dahulu dengan menanyakan pada pihak vendor untuk produk2 tersebut..., :)

      Delete
  3. wah heubat jeng..sukses ya bisnis onlinenya

    ReplyDelete
  4. berarti kita tinggal promosi aja ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebaiknya kita pilah2 produk yg kira2 bisa dengan mudagh dipasarkan, and tentu juga meneliti kualitas dan harganya,makasih mbak sudagh mampir.

      Delete
  5. sama mbak saya juga pengen bisnis online,,hehe sukses ya buat bisnis nya :)

    ReplyDelete
  6. sudah banyak yang pakai cara dropship ya mbak

    ReplyDelete
  7. iya mbak betul sudagh banyak banget...,tinggal memaksimalkan sajah . hehehe

    ReplyDelete
  8. Bagi yang tidak/belum mempunyai modal cara ini memang bagus. Yang oenting adalah kerja keras, jujur, dan rajin berpromosi.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwon pakde, saat ini masih saya pasarkan di lokal saja, dengan memilih produk2 yang menurut saya bagus, unik dan kompetitif harganya.

      Delete
  9. saya pernah jualan dengan cara dropship. Kuncinya sih, kita harus percaya dulu sama toko online yang akan bekerja sama dengan kita

    ReplyDelete
  10. Mba, sy pernah dropship, sering malah.
    Sekarang berhenti dulu.
    Btw itu semacam portal online khusus dropship gitu ya?

    ReplyDelete
  11. teteeeup belom tertantnag bikin dropship

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran