Tuesday, February 17, 2015

Ketika Ngeblog Mandek


Pengalaman menulis saya masih cetek (apaan tuh cetek...) hehehe... Saya belum punya pengalaman menulis yang berarti atau yang hebat.  Mengenal blog baru sekitar 2 tahun lebih dikit :), dan saya baru sekedar mengikuti lomba-lomba menulis diantaranya lomba Giveaway. Kalaupun ikut lomba blog yang sponsornya tinggi, belum pernah ada yang menang hehehe.... Ikutan Giveaway pun seringkali kalahnya. Tapi tak mengapa, justru disitulah saya dipacu untuk terus belajar dan belajar. Belajar menulis yang baik. Tak jarang saya pun pernah mengalami ide yang mandeg, malas, tak ada semangat karena misalnya sedang sibuk atau sedang ada masalah. Tapi itulah tantangan yang harus saya hadapi. Bagaimana saya bisa melumpuhkan segala kendala yang ada. Dan ada satu *eh dua ding...* kenikmatan menulis yang nikmat tiada taranya. Yaitu ketika suatu ide bisa tercurahkan lewat blog. Aahhh... itu adalah nikmat. Rasanya ploong... ketika ide yang tertimbun dalam pikiran akhirnya bisa tertuangkan lewat tulisan. Yang kedua adalah ketika tulisan kita nongol di media masa atau tulisan kita menang dalam ajang lomba. Waaah.... itu adalah nikmat dan memacu semangat untuk terus menulis, menulis dan menulis lagi.

Biasanya niih.... kalau saya gak ada inspirasi atau ide untuk menulis, saya banyakin blog walking. Bukan untuk menyontek tulisan teman-teman blogger lho... tapi biasanya kalau sudah blog walking, ada saja ide yang tiba-tiba muncul untuk ditulis. Cuma kendalanya adalah kalau muncul rasa malas untuk blog walking. Tapi biasanya malasnya saya blog walking gak lama, karena saya suka kangen sama teman-teman blogger :). Walaupun secara tatap muka saya belum pernah bertemu dengan teman-teman blogger, tapi rasanya saya sudah berteman dan tahu siapa mereka. Jadinya saya suka merasa kangen. Kangen akan mereka, kangen akan tulisan-tulisan mereka. Kadang... kalau saya belum sempat blog walking ke teman-teman, ada rasa bersalah dan nama teman-teman selalu terngiang-ngiang di kepala :) Lebay? Enggak ah... menurut saya.
Yang kedua, jika saya tak punya inspirasi untuk menulis, saya suka curhat ke suami :). Curhat belum punya ide untuk menulis. Dan biasanya suami akan memberikan ide untuk bahan saya menulis *ketahuan dapurnya deh...*
Yang ketiga, baca majalah, koran, tabloid dan buku.  Siapa tahu ada ide muncul dari situ :)
Yang keempat, mencari lomba-lomba blog dan Giveaway. Karena dengan mengikuti lomba blog atau Giveaway, tema sudah ditentukan, jadi inspirasi pastinya sudah ada, tinggal menuliskannya saja.



21 comments:

  1. Ini yg aku alami beberapa minggu ini, ngak ada ide buat ngeblog padahal materi yg bisa di tulis banyak banget. Ampe muntah liat foto2 yg mau di posting tapi ngak nemu kata buat nulis hehehehe

    ReplyDelete
  2. Terdaftar! Terima kasih Mbak sudah berpartisipasi ^^

    Wah, kadang-kadang aku juga gitu. Mandeg tapi bukan karena gak ada inspirasi, emang males aja buat nyusun kata-kata. Gak boleh ya kayak aku gitu *jangan ditiru :D Sekarang mah aku udah membiasakan mengusir rasa malas itu dengan bikin target ^^

    ReplyDelete
  3. bulan Januari lalu aku juga mandeg nulis sampe 2 mingguan, maleees bgt.

    ReplyDelete
  4. Jangan hiatus terlalu sering dan terlalu lama, entar jadi orang asing lagi
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Salah satu alasan ikut lomba nulis / GA adalah sebagai bahan ngisi blog! hehe .. selain itu juga nambah teman yg bs di BWin ... dan emmang nulis itu ngangeni, tapi saat ga ada ide atau banyaaak ide tapi ga sempat julis.. nah itu baru sediih ... Semoga sukses di GA ini yaa ...

    ReplyDelete
  6. Inspirasi nulis nya boleh juga Mak. Boleh ditiru kalo lg ng-blank :D

    ReplyDelete
  7. saya juga pernah mandek. Tapi, diusahakan jangan sampai terlalu lama. Susah bangkitin lagi semangatnya

    ReplyDelete
  8. Di jurnal ngeblogku, banyak ide yg mmg mau diikutkan GA, Mak. Ahaha.. Tp memang GA itulah yg memaksa kita untuk mau nulis dg baik

    ReplyDelete
  9. semoga giveaway ini jadi pemenang yaa :D

    ReplyDelete
  10. Saya juga tidak pandai menulis mbak, apalagi tentang konsistensi....masih jauh....

    ReplyDelete
  11. wah sama nih mak kadang-kadang suka mandek karena gak ada ide...makanya aku sekarang sering BW biar dapet ide ^_^

    semoga menang ya mak GA-nya

    ReplyDelete
  12. Kalo saya lagi ga ada ide, biasanya suka bersepeda. Sambil bersepeda, biasanya ada saja muncul ide mau nulis atau itu. Semoga sukses ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. ide biasanya bermunculan saat sedang sendirian, tapi sekedar ide, menuangkannya ke blog yaaah sesempetnya... padahal blog itu sarana efektif buat latihan nulis...

    ReplyDelete
  14. Kalo saya, kalo menulis lagi mandeg, jalan-jalan atau duduk-duduk di teras. Terus baca buku, trus kalo mandeg juga tidur, heheheheee... sukses yah giveaway nya ;)

    ReplyDelete
  15. ideemmm...salah satu penyemangat adalah menang kontes dan mejeng di media hahhaha

    ReplyDelete
  16. sama mbak, kadang mandek juga nh ngeblognya... blogwalking kadang jadi sasaran atau malah ngelirik buku2 yang sudah lama selesai dibaca :)

    semoga sukses giveaway nya :)

    ReplyDelete
  17. sama mak, kalau lagi semangat, rasanya pengin nulis terus, tapi nanti bosan dan mndek dengan sendirinya :)

    ReplyDelete
  18. Ya begitulah. Kadang rasa malas itu datang tidak pada tempatnya. Perlu semacam variasi baru agar kebiasaan Menulis ni akan semakin terus berkembang dan terus maju mewarnai dunia penulisan

    ReplyDelete
  19. aku mengalaminyaaa,, mandek ngeblog bisa sampe berbulan bulan, alasannya? males krn saking capeknya liat monitor seharian di kantor. kalo uda kayak gitu aku gak mau maksain diri buat ngeblog, mbak. soalnya uda konsul ke dokter mata juga untuk mengurangi menatap monitor malam2. nah kalo lagi longgar baru deh tancap gas, hehe

    ReplyDelete
  20. saya juga agak keteteran merawat blog akhir-akhir ini mbak :( banyak mentoknya...

    ReplyDelete
  21. Dija juga lagi bikin giveaway Tante..
    biar Dija ngeblog lagi

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran