Thursday, April 09, 2015

Mengajarkan Anak Menyanyi

Farras ketika usia 4 tahun, lomba menyanyi di TK :)
Sementara foto Fayda yang sedang lomba menyanyi di TK, saya gak punya :(

Sejak anak-anak saya bayi, saya selalu menyanyikan lagu-lagu anak-anak untuk anak-anak saya. Bahkan ketika saya hamil pun, saya sering menyanyikan lagu anak-anak. Dengan harapan, anak dalam kandungan saya bisa mendengarkan suara ibunya, bisa mendengarkan lagu-lagu yang ibunya nyanyikan, dengan begitu berharap kelak anak saya bisa memiliki kosakata lebih, bisa dengan cepat menghapal lirik maupun nada sebuah lagu, dan juga bisa hapal lagu-lagu yang saya nyanyikan. Walaupun anak saya masih dalam kandungan, tapi saya yakin, janin bisa mendengar. Jika terus diulang-ulang, janin akan merekam.

Dan ketika anak saya lahir, menjadi bayi, saya pun selalu bernyanyi untuk anak-anak saya, dengan harapan yang sama seperti yang saya tulis di atas. Bernyanyi tentunya sambil berinteraksi dengan anak ya Bu... Bernyanyi sambil melihat/memandang pada anak, seakan mengajaknya bernyanyi pula, sambil berjoget, mengikuti irama lagu. Yang jelas seorang bayi pastinya belum mengerti apa yang dinyanyikan oleh orang tuanya, tapi mereka pasti menyerap apapun yang ada di sekelilingnya. Sehingga akan mudah bagi anak untuk mengingat kosa kata baru. Apalagi jika sebuah kata ataupun lagu sering didengar oleh anak.

Maka ketika anak saya sudah mulai belajar berbicara, sayapun mengajarkan anak saya bernyanyi. Anak-anak saya termasuk anak yang cepat belajar bicara, mungkin karena emaknya cerewet ya, ngomong aja hehehe.... Dan jika diajarkan untuk menyanyi, anak-anak saya cepat menghapalnya. Bukan hanya lagu-lagu anak-anak, di usianya yang terbilang masih kecil, sekitar usia 2,5 tahun-an, anak-anak saya sudah bisa menyanyikan lagu-lagu kebangsaan/ lagu-lagu nasional. Apalagi Fayda, selain lagu-lagu anak-anak, lagu-lagu nasional, bahkan lagu-lagu daerah berbahasa Jawa, Fayda fasih menyanyikannya. Padahal Fayda tidak bisa berbahasa Jawa. Lagu-lagu berbahasa Jawa Fayda, diperkenalkan oleh Mbahnya Fayda. Dan dengan cepat Fayda bisa menghapalnya. Cerita tentang Fayda yang sudah hapal lagu-lagu berbahasa Jawa sudah saya tulis dalam blog ini.

Jadi memang jangan malas untuk menstimulasi anak, mulai dari mengajak berbicara, mengajak bernyanyi dll, supaya anak kelak mudah menghapal lagu, atau bisa cepat berbicara dan bisa mendapatkan kosa kata baru lalu menyerapnya. Walaupun tetap ya Bu, perkembangan setiap anak berbeda-beda. Kalaupun sudah sering diajak ngobrol, atau sudah sering diajak bernyanyi tapi anak masih saja belum bisa mengikuti, bukan berarti seorang anak dianggap lambat atau apalah ..... Jangan cepat putus asa, teruslah menstimulasinya. Karena biasanya bernyanyi adalah dunia anak-anak. Anak-anak pasti suka jika diajak bernyanyi.

35 comments:

  1. Wah masih umur 4 tahun udah jago bernyanyi (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jago sih enggak, hanya Alhamdulillah punya keberanian utk tampil :)

      Delete
  2. hiks aku gak bisa nyanyi mbak, Jadi gak pernah mengajari menyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka menyanyi, walaupun suaranya ngepas hehehe

      Delete
  3. Wah pemberani yaaa.. :D

    Selama ini aku cumak nyanyi di kamar mandi aja.. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu blm punya anak, saya juga nyanyi di kamar mandi, stlh punya anak, nyanyinya bareng anak hehe

      Delete
  4. hebat, kecil2 udah berani tampil nyanyi....lumayan pd untuk anak seusia dia

    ReplyDelete
  5. Huaaa, tadi udah komen, sinyal ilang jadi ilang juga ketikannya... :p

    Anak2 itu memang peniru yang baik ya Mbak. Ortunya suka nyanyi biasanya anak juga suka nyanyi tuh. Dan dari postingan ini sepertinya saya bisa memprediksi, emaknya Farras dan Fayda pasti semangat kalo diajak karaokean... :D hehehe peace Mbak

    Eh, tapi saya juga suka karaokean. Melepaskan ekspresi. Tapi saya nggak berani ikutan lomba, grogian sih. hahaha. Salut buat Fayda dan Farras yg kecil2 berani ikut lomba nyanyi.. *tepuk tangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... kalau karaokean saya malah gak pede..... maklum suara ngepas :D

      Delete
  6. Farras ada bakat menyanyi ya Mbak... Ayo Farras berlatih terus ya...siapa tahu bisa jadi Indonesia Idol cilik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farras suka menyanyi seperti saya, tapi kalau bakat sepertinya gak ada mba, soalnya suaranya ngepas kayak saya hehe Hanya saja, Farras itu tipe anak yg pede abiss... :D

      Delete
  7. Menstimulasi anak agar berbicara, bergerak, menyanyi... sungguh penting dalam mengembangkan kecerdasannya ya, Mbak Santi Dewi.

    ReplyDelete
  8. Kalo saya dulu waktu kecil suka dipaksa-paksa buat ikutan lomba deklamasi. Hihihi :D

    ReplyDelete
  9. Untuk Nai, menyanyi itu jadi salah satu gaya belajarnya. Dengan menyanyi dia lebih cepat menangkap pelajaran :)

    ReplyDelete
  10. mudah-mudahan anak mbak kelak menjadi seorang penyanyi yang terkenal :)

    ReplyDelete
  11. bagus nie mba anak sejak kecil udah berani tampil di depan bnyak orang, biar udah besarnya ga jdi orang yang pemalu kalo tampil ke depan

    ReplyDelete
  12. hebat ih mak, berani ikut lomba. anakku 3 taun lebih sekolah aja masuk kelas ditemeni. jadi aja saya sekolah lagi di playgrup :(

    ReplyDelete
  13. Anakku suka nyanyi juga...tp jago kandang. Yang boleh dengar emak ma bpknya doank...:-)

    ReplyDelete
  14. Kreatifitas anak harus diasah sejak kecil...

    ReplyDelete
  15. Aku sih suka banget nyanyi mbaaak...
    Tapi sayangnya aku inih agak buta nada hihihi...

    Kayla & Fathir pun hobi nyanyi sambil teriak2 gitu sih, tapi mirip seperti emak nya laaah hihihi...

    ReplyDelete
  16. Hebat yaa berani maju ke depan dan tampil di depan umum
    Itu aja sudah.bagus banget apalagi klo bakat bernyanyinya sdh ada.

    ReplyDelete
  17. Iya, anak-anak suka menyanyikan apa saja. Mereka juga jadi kreatif banget karena itu :)

    ReplyDelete
  18. hebatnyaa farras :)
    duh, suaraku jelek banget, mau ngajarin boyz nyanyi malah minder hihi

    ReplyDelete
  19. waahh Farras dan Fayda keren udah bisa nyanyi dari kecil..:))
    untuk anakku yang kedua, aku juga sedang menstimulasi dengan cara aku ajak ngomong terus, walopun responnya baru bisa balas ta...ta..ta..ta hihihihi

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah... pinter2 ya Farras dan Fayda... :D

    ReplyDelete
  21. Ponakanku sinta jg sukaaaa bgt nyanyi, aku jg jd sering nyanyi

    ReplyDelete
  22. salut nih masih kecil udah berani berekspresi lewat lagu :) keren mbak

    ReplyDelete
  23. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  24. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  25. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran