Saturday, May 09, 2015

Sekelumit Cerita Di Saat Ramadhan

Ramadhan tahun 2009 saya tak menyadari kalau saya sedang hamil. Hamil anak kedua. Tak ada tanda-tanda kalau ada janin dalam perut saya. Maka saya pun puasa seperti biasa, seolah-olah saya sedang tidak hamil. Biasanya kan jika hamil muda, pasti merasakan mual, muntah. Tapi tidak dengan saya. Maka di Ramadhan tahun 2009 lalu, saya puasa penuh satu bulan dengan lancar tanpa kendala.

Ramadhan tahun 2013 anak kedua saya sudah berusia 3 tahun. Dia sudah punya mukena untuk dikenakan ketika latihan sholat di sekolah. Ketika Ramadhan tiba, dia pun sibuk ingin ikut Tarawih di Masjid dekat rumah, karena melihat kakaknya juga hendak sholat Tarawih. Berhubung saya sedang tidak sholat, maka anak kedua saya ikut sholat Tarawih bersama tantenya. Senangnya melihat anak saya menggunakan mukena pergi ke Masjid untuk sholat Tarawih. Moment ini saya abadikan lewat jepretan kamera HP. Ini adalah mukena pertama Fayda. 


Fayda dan Farras mau sholat Tarawih

Pengalaman ibu-ibu ketika memiliki anak kecil saat bulan Ramadhan pasti tak berbeda jauh, yaitu kehebohan ketika berbuka puasa. Anak-anak kita yang masih batita atau balita, pasti sibuk ingin ikut berbuka juga, sehingga air yang tumpah, teriakan, ingin ini ingin itu pasti menghiasi meja makan ketika berbuka puasa. Walaupun heboh dan repot, tapi itu semua akan menjadi kenangan yang indah di saat kita mengingatnya. 

Anak-anak saya adalah anak-anak yang super aktif dan super heboh. Jadi bisa dibayangkan bagaimana suasana di meja makan saat berbuka puasa. Apalagi yang kecil selalu ingin ikut kakaknya. Apa yang kakaknya pilih untuk berbuka, dia juga ikut-ikutan, ingin sama dengan kakaknya. Kalau kakaknya dibuatkan minuman untuk berbuka, karena memang Farras sudah belajar berpuasa, maka adiknya ikut-ikutan harus dibuatkan juga minuman untuk berbuka puasa. Jika kakaknya berbuka dengan bakwan dan sambal kacang, maka adiknya pun harus begitu. Jika bakwan yang diambil kakaknya berjumlah dua, maka adiknya pun harus mengambil bakwan sebanyak dua. Pokoknya harus sama :) Hadeuh... rempong banget deh pokoknya. 

Dan sebelum Ramadhan tahun ini tiba, saya sudah bisa membayangkan bagaimana suasana di meja makan ketika berbuka puasa :) Tapi itulah kenangan, kenangan yang indah yang bisa saya kenang. Karena ketika anak-anak sudah dewasa, maka  kehebohan seperti itu, tak akan terulang kembali.



57 comments:

  1. Saat paling seru di bulan puasa emang pas buka ya Mak. Ponakan sy kalo pas buka aduuuh riwehnya minta ampun. Tapi senengnya suasana jadi rame hehe

    ReplyDelete
  2. aih Fayda ma Farras kompak ya mbak. anak-anak saya belum belajar puasa. insya Alloh tahun ini pas si sulung naik ke SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farras juga mulai bljr puasa ketika masuk SD mak...

      Delete
  3. Semangat ya mak, kalo menyambut Ramadhan...

    ReplyDelete
  4. Moment Ramadhan emang selalu berkesan...apapun itu...

    ReplyDelete
  5. semoga Ramadhan kali ini kita bisa beribadah lebih khusyu dan ikhlas lagi ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Gak kerasa ya udah sebulan lagi puasa:D Perasaan baru kemarin lebaran deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu memang cepat berlalu ya... :)

      Delete
    2. Btw, aku mau ngasih tau juga kalo di blog aku lagi ada Giveaway :) http://gebrokenruit.blogspot.com/2015/05/giveaway-kedua-mfrosiy.html Ditunggu partisipasinya ya :) Tuliskan aspirasimu dan tebarkan inspirasi terhadap sesama. Selamat berkreasi.

      Delete
  7. aku masih kecil juga heboh, minta ini itu waktu buka puasa, tapi akhirnya yang dimakan cuma gorengan satu biji sama teh anget, udah kenyang XD

    ReplyDelete
  8. xixixixix,,,kebayang serunya pas buka puasa^^
    mau bakwan juga dong xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... paling enak buka puasa sama bakwan :)

      Delete
  9. Soal heboh kayaknya bakalan sama Mak. Tahun ini anak sy yang ce hampir 3 tahun. Tahun kmrn sih..setiap diajak tarawih di masjid, pasti bolos...bosen dia. Kadang cuma jalan mpe Masjid (krn ikut2an, banyak orang)...trus minta pulang.mudah2an bsk nggak lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2 biasanya memang kalau melihat karamaian, suka ikut2an senang ya mak...

      Delete
  10. anak-anak tak saba rmenunggu magrib, duduk manis di meja makan , melototi kolak, benar2 heboh pas adzan akhirnya berkumandang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... maghrib masih setengah jam lagi, tapi sudah duduk manis di meja makan ya mak... :)

      Delete
  11. Udah ga sabar nih 1 bulan lgi nunggu ramadhan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak terasa ya, Ramadhan tinggal 1 bln lagi

      Delete
    2. iya mba, tinggal menghitung hari. bulan yang di tunggu-tunggu oleh semua umat muslim

      Delete
  12. sudah kangen sama sholat tarawih nih mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. suasana Ramadhan memang selalu ngangenin ya...

      Delete
  13. selalu kangen dg ramadhan dan antusiasme anak-anak. smg tahun ini bisa kembali berjumpa dg ramadhan ya mak :)

    ReplyDelete
  14. Fayda cantik dengan mukenanya... ^_^
    Yap! bener banget tuh mak, heboh kalau mau buka puasa, hihihi...

    semoga tahun ini kita bisa bertemu Ramadhan kembali, aamiin... :-D

    ReplyDelete
  15. Vania dan teman2 suka buka puasa barang kakak...
    bikin menu berbuka es campur.. yang penting bareng2 itu udah seneng banget.. hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ketika berbuka, pasti heboh ya mak... :)

      Delete
  16. Suasana Ramadhan memang selalu ngangenin. Aduh... Ramadhan bentar lagi ya. Sukses GA-nya mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sebentar lagi tapi sudah terasa suasana Ramadhan nya ya... :)
      Makasih...

      Delete
  17. Bulan depan sudah Ramadhan. Udah nggak sabar pengin cooling down, banyak2 ibadah.

    ReplyDelete
  18. bulan ramadhan adalah bulan yang saya tunggu :)

    ReplyDelete
  19. Sama kok, Mak. Si bungsuku juga selalu ikutin apa aja kegiatan kakaknya. Mudah-mudahan Ramadan tahun ini pun berkesan ^^

    ReplyDelete
  20. Aku juga ngga sabar menyambut Ramadhan tahun iniiih.. Raya udah bisa diajak ke mesjid & selalu pengen sholat pake mukenanya.. :)
    Semoga menang tulisannya mba

    ReplyDelete
  21. pas terawih kudu siap siap siaga ya klo punya bocil

    ReplyDelete
  22. Subhanallah. Semoga juara. Ditunggu kabar baiknya. :)

    ReplyDelete
  23. Fay pili makanan yg sama terus, berarti Kakak Farras pemimpin meja makan ya, Mbak. :D

    ReplyDelete
  24. iya tuh mbak,pas buka puasa pasti anak-anak ikutan heboh,orang tuanya keganggu deh :))

    ReplyDelete
  25. iya, bagi saya, juga hal2 mengesankan, yg paling mengesankan terjadi pada bulan ramadhan. sebentar lagi ramadan tiba. marhaban ya ramadhan :)

    ReplyDelete
  26. Ngga kerasa udah mau puasa lagi yak Mba...

    ReplyDelete
  27. Namanya juga anak-anak mbak, wajar jika atraktif dan heboh.

    itu bisa nggak ketahuan gimana bisa mbak, jadi sempet puasa juga ya sebelum tahu kalau lagi hamil?

    ReplyDelete
  28. Adik yang ingin kompak dengan sang kakak ya, Mbak :)
    Allahumma balighna Ramadhan...

    ReplyDelete
  29. saat buka memang jadi rame dan heboh kalau ada anak-anak

    ReplyDelete
  30. Kalo anak2 dah gede nanti sibuk acara buka puasa bersama sendiri2 dengan temen2 nya. Orang tua hanya di rumah benggong nungguin hahaha ... eh bikin acara bukber sendiri aja bunda

    ReplyDelete
  31. gak berasa sebentar lag ramadhan ya

    ReplyDelete
  32. sebentar lagi Ramadhan, nih. Jadi kangen sama suasananya :)

    ReplyDelete
  33. Ah iya.. Ngga kerasa ya Mbak, uda mau puasa.. :D

    Btw, hebat banget pas dulu hamil ngga kerasa atau lemes gimana. Salut! :D

    ReplyDelete
  34. Malahan hal-hal heboh mau buka puasa itu yang ngangenin :')

    ReplyDelete
  35. masa itu yang akan dirindukan kalau anak-anak sudah besar ya mak? :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran