Friday, June 12, 2015

Dendeng Daging Sapi Serang

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asamasin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan. (sumber : wikipedia)

Menjelang bulan Ramadhan seperti sekarang ini, dendeng daging sapi sepertinya menjadi incaran untuk santap sahur. Saya pun mengirim dendeng sapi ini ke rumah Mamah saya, karena memang Mamah saya senang pada dendeng sapi. Memang makanan ini sangat enak disantap saat sahur datang. Harga satu kilo dendeng sapi di tempat saya sekarang ini sebesar Rp. 200.000,- 

Dendeng daging sapi di kota Serang yang terkenal berada di daerah Kaujon. Dendeng daging sapi ini sepertinya memang sudah turun temurun. Setiap orang Serang yang mencari dendeng daging sapi pasti larinya ke Kaujon. Padahal penjual dendeng daging sapi sebetulnya bukan hanya di daerah Kaujon, tapi memang dendeng daging sapi di Kaujon ini sudah terkenal. Di dekat rumah ibu mertua sayapun ada penjual dendeng daging sapi yang sudah lama. Lokasinya lebih terjangkau dibanding penjual dendeng daging sapi yang berada di Kaujon, yang ini berada di pinggir jalan. Jika ada yang ingin mencari daging dendeng sapi dari luar kota, lebih mudah mencarinya karena lokasinya berada di tengah kota. Berbeda denga penjual dendeng daging sapi yang berada di Kaujon, letaknya agak terpencil, harus melewati jalan-jalan yang tidak lebar.

Ketika saya mau membeli dendeng daging sapi yang berada di Kaujon, terlihat hamparan terpal di atas meja. Begitu saya masuk, saya sempat bertanya-tanya, dendengnya disimpan dimana ya? kok tidak terlihat. Begitu penjual dendeng keluar, dia membuka terpal yang berada di atas meja. Seketika mata saya terbelalak, banyak amaaat.... ternyata dendengnya ada di sini toh.... sayangnya saya tidak memotonya :( Biasanya jika saya lewat tempat dendeng ini, banyak dendeng yang sedang dijemur, tapi ketika saya mau membeli, tak ada dendeng yang sedang dijemur. Konon dendeng daging sapi Kaujon ini sudah banyak yang membawanya ke luar negeri. Selain dendeng daging sapi, ada juga dendeng paru dan dendeng ikan. Usaha turun temurun yang berkembang dengan sangat baik. 

Menurut ibu mertua saya, jika ingin menggoreng dendeng daging sapi, untuk mengetahui dendeng tersebut sudah matang atau belum, karena memang agak sulit ya mengetahui dendeng itu sudah matang atau belum dikarenakan warnanya yang cokelat agak kehitaman, maka menggoreng dendeng harus bareng dengan bawang merah. Jadi ketika bawang merah matang, itu tandanya dendeng juga sudah matang.

Selama ini saya mengonsumsi dendeng daging sapi tanpa ada variasi apa-apa. Hanya digoreng tok doang. Ternyata dendeng daging sapi juga enak jika di balado, bumbu cabe hjau, atau mungkin ditumis dan dibuat variasi lainnya.



dendeng ikan sumber

Berhubung saya lupa untuk moto-moto lokasi dendeng Kaujon, fotonya saya ambil dari tempat lain dengan mencantumkan sumber. Foto no 1 adalah tempat dimana saya membeli dendeng, dan dendeng yang terhampar banyak itu, saat saya datang ditutup dengan menggunakan terpal. Gimana, tergiurkah dengan dendeng di atas untuk disantap saat sahur tiba? :D

34 comments:

  1. mantep banget tuh dendeng daging sapi
    favorit

    ReplyDelete
  2. wah...ini makanan kesukaanku... enak banget dimakan pas makan sahur ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, enak banget. ini kesukaan ibu saya juga :)

      Delete
  3. Hmmm, ingat dendeng mendadak laper, Bund. Kalau saya lebih suka dendeng yg manis, biasanya bikin sendiri...

    ReplyDelete
  4. wah,baru tahu tipsnya goreng dendeng,kl bawang merah udah matang artinya dendeng matang..sip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak hana. dulu saya menggoreng dendeng hanya berdasarkan perkiraan aja, skrg gak lagi :)

      Delete
  5. Tipsnya baru tahu saya mba, klo mengoreng dendeng sama bawang merah bisa tahu dendeng'amatang

    ReplyDelete
  6. sama kayak mak HM, saya jg baru tahu trik menggoreng dendeng. hmmm...kayaknya cocok nanti pas idul adha ya. biasanya dapat kiriman daging sampe bingung mau diapakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul. banyak kiriman daging, bisa dibuat dendeng ya mak... :)

      Delete
  7. sama kayak mak HM, saya jg baru tahu trik menggoreng dendeng. hmmm...kayaknya cocok nanti pas idul adha ya. biasanya dapat kiriman daging sampe bingung mau diapakan.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya enak banget tuh dendeng sapinya. Jadi pengen dendeng Padang, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah nyobain dendeng padang hehe

      Delete
  9. wuih kalau udah sebegini berarti pemasukan dan tenaga yang digunakan tentu menyertakan para warga sekitarnya, berarti Dendeng Daging Sapi Serang ini telah memberdayakan warga...keren.
    beli dan bisa jual lagi nih dendeng sapi serangnya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali. masyarakat di sekitar memang yg diberdayakan. Dan bisa dijual lagi tentunya dgn kemasan yg lebih menarik lagi :)

      Delete
  10. Jadi pengen nih makan dendeng sapi. Kalo di rumah kami jarang, Mbak, makan dendeng sapi. Seringnya daging sapi dimasak rawon atau soto.. Ntar browsing ah cara masak dendeng sapi :)

    ReplyDelete
  11. banyak banget dendeng sapinya...produksinya udah besar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak. sekalanya sudah besar. saya pun sampai terbelalak saking banyaknya :)

      Delete
  12. cocok mbak... buat sahur... kan tahan lama... hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. huum. buat sahur. dan memang dendeng tahan lama :)

      Delete
  13. Itu dendengnya banyak banget di penjualnya.. :) Karena awet jadi bisa distok ya mbak..

    ReplyDelete
  14. memang sulit ya mba membedakannya dendeng itu sudah matang atau belum

    ReplyDelete
  15. dendeng sapinya banyak banget..sampek menggunung begitu :)

    ReplyDelete
  16. kalau aku kadang suka di gadoin mbak dendengnya yang udah di goreng

    ReplyDelete
  17. Cukup terjangkau harga yang udah matang ya, Mbak. Secara, harga daging sapi sekarang 100ribuan, kan? Ini tinggal lahaap! :D

    ReplyDelete
  18. Dendeng sapi kesukaan kami sekeluarga :D

    ReplyDelete
  19. enak banget nih buat lauk sahur.. tapi harganya lumayan.. dan adanya cuma di supermarket :(

    ReplyDelete
  20. bikin pengen ni makk, ikan-nya itu lo

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran