Sunday, June 14, 2015

Mangga Arumanis, Mangga Yang Harum dan Manis

Mangga Arumanis, Arum = Harum, adalah mangga kesukaan saya. Kenapa saya suka mangga Arumanis? ya karena itu, baunya harum dan rasanya manis sesuai namanya. Saya memang tidak suka buah yang berasa asam. Saya sukanya pada buah yang berasa maniiis. Mangga Arumanis itu, jika sudah tua dan matang, rasanya manis sekali dan harum jika dicium di bagian pangkalnya. Maka nya di depan rumah dengan luas tanah yang seadanya, saya menanam buah mangga Arumanis. Mangga Arumanis ini saya beli dari tetangga sebelah rumah karena memang dia punya usaha menjual tanaman buah dalam pot (tabulampot). Waktu itu saya memilih tabulampot mangga Arumanis ini, karena saya suka pada mangga ini. Sempat berbuah sekali. Rasanya memang manis banget. Saya gak kecewa membeli tanaman ini. Tapi setelah sekali berbuah, lamaaaa sekali gak berbuah-buah. Sempat bertanya-tanya, kenapa ini pohon, kok gak berbuah lagi. Padahal kalau melihat pohon mangga punya orang lain, sudah berbuah lebat. Akhirnya suami saya memangkas bagian dahan yang tidak indah dipandang mata, supaya rapi gitu.... dan ternyata memang ada efeknya, mangga Arumanis saya berbuah kembali, tapi tidak banyak. Aneh (lagi). Tapi biarin aja deh.... Setelah pohon mangga itu kami cuekin, eh... ternyata berbuah lagi, lumayan banyak :) Tapi suami saya terlalu terburu-buru untuk mengambil buahnya, padahal belum tua. Akhirnya buahnya rasanya asam begitu matang, karena tidak tua di pohon. 

Bentuk buah mangga Arumanis ini berbentuk jorong, berparuh sedikit dan ujungnya meruncing. Buah yang sudah tua berkulit hijau tua. Mangga ini berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Tanaman mangga Arumanis cocok hidup di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Masa kering diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Jika ditanam di daerah basah, tanaman banyak mengalami serangan hama dan penyakit serta gugur bunga/buah jka bunga muncul pada saat hujan. Pohon mangga saya pun banyak yang rontok, mungkin ini terjadi ketika si pohon berbunga pada saat hujan. Karena memang iklim sekarang ini sedang tidak menentu. Di saat panas terik, tiba-tiba turunlah hujan, atau sebaliknya. Tanah yang baik untuk tanaman ini adalah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah seimbang. Nah... untuk yang ini, saya mah gak tau pisah euy.... Jadi setumbuh-tumbuhnya aja :(

Ternyata memang pemangkasan pohon itu memang diperlukan untuk perawatan. Jadi punya pohon juga harus dirawat, supaya muncul tunas-tunas baru, selain tentunya  penyiangan dan pemupukan. Kalau penyiangan, saya memang suka melakukannya. Penyiangan itu adalah mencabut rumput atau tanaman lain yang mengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman. Untuk pemangkasan, itu adalah tugas suami hehehe... Sementara untuk pemupukan, gak pernah euy.... :( Maka nya mungkin buahnya tidak maksimal, walaupun terbilang lumayan banyak. 




34 comments:

  1. Makan mangga jenis satu ini, sebuah kenyang mb. Udah musim mangga mbak....?? Tempat saya kok blm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, gak cukup satu. Sudah mba, sudah lama malah :)

      Delete
  2. buah mangganya bikin ngiler, enak ya panas-panas gini makan mangga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga yg sudah tua dan matang, hmmm... pastinya segar :)

      Delete
  3. Ini udah musim mangga belum sih? Biasanya pas Lebaran ortu panen. Sebentar lagi berati :D

    ReplyDelete
  4. Mangga arumanis ini belum matang saja alias masih mengkal sudah enaaaak :)

    ReplyDelete
  5. aku suka mangga mbak, jadi kangen mangga di Indonesia, enak-enak

    ReplyDelete
  6. ga perlu beli ya kalau punya pohon mangga sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo blm matang, blm bisa dimakan :)

      Delete
  7. Dirumah mertua ada pohonnya nih mak :)

    ReplyDelete
  8. mangga kesukaanku..dan melihat mangga ini aku langsung...glek...

    ReplyDelete
  9. pemangkasannya di tebasin aja gitu ya daun ama ranting pohonnya...hihiii mule musim mangga niiich

    ReplyDelete
  10. emangnya udah musim mangga yah? tapi ko belum ada gosip-gosip gituh kan biasanya suka ada yang nawarin gituh tapi inih belum ada. hihi

    ReplyDelete
  11. mangga itu buah favorit saya. Kalau lagi musim, setiap hari bisa makan mangga terus, gak ada bosennya :)

    ReplyDelete
  12. Kalo pohonnya udah besar butuh pot yg Lebih besar juga mba. Soalnya sy jg punya pohon nya tp masih keciiiiil dari biji ditanam

    ReplyDelete
  13. mbaaaak...
    Dirimuh pasti stres deh kalo lihat pohon mangga di depan rumahku.
    Ditanam sejak aku pindah ke rumah ini, berarti dari tahun 2004 lah yah...
    dan belum pernah berbuah sekali pun...bhahahaha...

    Eh, tapi emang gak pernah disiram juga sih hihihi...

    ReplyDelete
  14. Sampai sekarang aku belum bisa membedakan jenis-jenis mangga berdasarkan bentuknya wkwkwk. *malu

    ReplyDelete
  15. Sudah muslim lagi mak?. Tempatku masih berbunga saja, belum ada kemajuan. Seneng kalau lihat mangga arumanis berbuah banyak.

    ReplyDelete
  16. di sini malah belum musimnya mbak, banyak yang jual melon, semangka sama timun mas :D

    ReplyDelete
  17. itu jenis mangga favorit saya.. tapi disini belum banyak yg jual mangga.. mungkin sebentar lg.. ^^

    ReplyDelete
  18. Buah paling nikmat dimakan iitu klo buah dari pekarangan sendiri, ulaalaa

    ReplyDelete
  19. aaahhh... enak banget punya pohon mangga.. apalagi mangga arum manis.. saya penggemar berat mangga.. tapi karena gak punya pohonnya ya apa boleh buat beli melulu deh :)

    ReplyDelete
  20. baca artikel ini jadi pengen ke pasar buah..hehehe..saya punya pohon mangga tai belum berbuah. mudah2an tahun depan sudah berbuah..

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran