Thursday, September 24, 2015

And I'll Go For It!

Awal ngeblog sama sekali tidak terpikir sedikitpun bahwa suatu saat ngeblog bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Ngeblog karena memang senang menulis, walaupun awal ngeblog tulisan saya masih kaku karena masih meraba-raba dan memang sudah lama tidak menulis. Saat itu saya belum mengenal istilah blog walking, dimana banyak dibicarakan oleh para blogger, yang belakangan saya ketahui itu sangat penting bagi para blogger dalam menunjang aktifitas menulisnya.

Dalam perjalanan ngeblog, secara tidak sengaja, saya pun mulai mengenal dan ikut bergabung dalam komunitas-komunitas blogger. Dan lambat laun, saya pun mulai tahu sedikit seluk-beluk dan pernak-pernik dunia blog. Itu semua saya pelajari sambil jalan. Dari komunitas dan blog walking-lah akhirnya saya mulai berkenalan dengan yang namanya Giveaway dan mencoba mengikutinya, selanjutnya ikut lomba-lomba menulis blog. Walaupun gak selamanya menang dan mendapatkan hadiah, tapi dari situ saya banyak belajar, yang akhirnya tawaran job review pun datang satu persatu dengan sendirinya tanpa diminta. Mungkin itulah yang dinamakan berkah ngeblog. Karena niat awalnya hanya ingin memberi manfaat pada orang lain, tapi ternyata kita mendapatkan timbal baliknya walaupun tak berharap banyak.


Berkat komunitas-komunitas blogger yang saya ikuti, saya berkenalan dengan komunitas penulis fiksi yang di dalamnya kebanyakan adalah para blogger juga. Bergabung dengan komunitas penulis fiksi membuat saya dejavu. Saya seperti menemukan kembali sisi saya yang dulu yang menyukai fiksi. Maka mulailah konten blog saya isi dengan fiksi dan puisi, walaupun tulisan fiksi dan puisi saya tak sebanyak tulisan non fiksi. Tapi dari situlah saya mulai belajar. Belajar bagaimana membuat fiksi berupa cerpen maupun flash fiction yang baik dan benar. Belajar memahami KBBI, belajar lagi menggunakan EYD yang baik dan benar dalam menulis. Karena komunitaslah, khasanah menulis saya pun menjadi banyak dan berkembang. Dan karena ngeblog-lah membuka kembali passion saya yang telah lama terkubur, untungnya belum sampai mati :)

Giveaway, lomba-lomba blog, mengajarkan saya untuk terus belajar, mengasah kemampuan menulis saya juga mengasah kepekaan saya akan tema yang dilombakan. Untuk itu jika ada Giveaway atau lomba blog, saya termasuk salah satu orang yang getol untuk ikutan. Bukan hanya hadiahnya saja yang menggiurkan, yang sebenarnya hadiah adalah bonus. Karena setiap kerja keras, pasti ada bonusnya. Dan menulis adalah kerja keras kita dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Seperti Giveaway Emak Gaoel ini, semangat banget saya untuk bisa ikut. Selain tergiur hadiahnya, juga tentu karena tema yang dilombakan adalah "gue banget".

Puncak keinginan terbesar akan kecintaan saya pada fiksi setelah 3 tahun ngeblog adalah membuat novel. Bisakah? Suami pun memberi support : "Go For It Bu, Insya Allah bisa!" Seperti Emak Gaoel yang sudah punya karya beberapa novel, saya pun ingin memiliki novel, bukan hanya satu tapi mungkin suatu saat bisa puluhan novel. Mimpi dan ngayal? Semoga bisa menjadi kenyataan :) And I'll Go For It!

Lebih sering membaca blog-blog teman (blog walking) sekalian silaturahmi, berusaha lebih rajin menuangkan ide di blog dalam bentuk tulisan, mengikuti lomba-lomba blog adalah salah satu cara saya juga dalam meng-up date blog, dan tentunya untuk mengasah keterampilan menulis dalam mengejar impian saya membuat novel.

Untuk mewujudkan mimpi saya membuat novel, tanpa ragu saya mengikuti kelas menulis novel online dengan mentor teman-teman blog saya, yang sudah memiliki puluhan novel. Ini adalah bentuk ikhtiar untuk menapaki impian saya. Dan saat ini kelas masih berjalan. Selain kelas menulis novel online yang saya ikuti, saya juga mengikuti Kelas Menulis Rumah Dunia di kota saya yang diasuh oleh Gol A Gong, penulis buku Balada Si Roy. Kelas ini pun saat ini masih berlangsung. Harapan saya, akan banyak ilmu yang saya serap dan dapat. 


Salah satu karya mentor menulis saya
(Riawani Elyta & Leyla Hana)


Suasana Kelas Menulis Rumah Dunia


Degan Mas Gol A Gong
Lewat ngeblog dan blog walking, saya banyak mempelajari tulisan teman-teman, dan banyak pengetahuan yang saya dapat untuk mendukung keinginan saya bisa menulis fiksi dalam bentuk Novel.

Aplikasi yang saya gunakan selama ngeblog di antaranya :


1. Photo Grid : Aplikasi ini saya gunakan untuk editing foto yang hendak saya pasang di postingan blog saya.



3. Word Count Tool : Dalam sebuah lomba blog, atau lomba Giveaway, kita diharuskan menuliskan tulisan kita, dimana ada aturan dengan minimal dan maksimal kata atau karakter. Untuk mengetahui tulisan saya sudah mencapai maksimal kata yang diharuskan, saya menggunakan word count tool ini. 



Happy Blogging! Kejarlah terus impianmu. Go For It!






Go For It Blog Competition






*694 kata

39 comments:

  1. waah... ditunggu karya novelnya Mak.. semangat.. pasti bisa..

    btw, aku baru tahu ada aplikasi Word Count Tool.
    biasanya aku copy pasti tulisan ke Ms. Word biar ketahuan jumlah katanya
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalo nulis, langsung di dashboard, gak lewat MS-Word dulu, jadi aplikasi word count tool ini saya butuhkan banget :)

      Delete
  2. Aku suka frustasi mba e klo ikut lomba..hihi. Tpi lama-lama kupikir lumayan buat ide nambah postingan di blog. Maklum newbie..msh blm byk isinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. newbie gimana... tulisannya bagus2 lho mba Levina ini :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. semoga terkabul jadi novelis ya Mbak..menghasilkan karya yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Wisss keren.mbak. Terbukti, AR-nya udah ramping :) Aku juga baru tahun 2013-2014an aktif lagi ngeblog. Asik ya ngeblog itu. :) Sukses buat lombanya ya, mbak.

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka nulis fiksi...
    Walau ga ikut kelas menulis khusus... tapi suka ikut kalau ada seminar menulis...
    Moga nanti kita saling bertukarpikiran ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah... kalo seminar menulis, malah saya blm pernah ikutan

      Delete
  7. Go for it, Mbak .... mari terus menikmati dan mempunyai harapan melalui blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mengerjakan sesuatu krn passion itu menyenangkan ya mba :)

      Delete
  8. Semoga sukses lombanya mbak, Juga untuk passion blogging dan menulis novel :)

    ReplyDelete
  9. Suksess maak cita"novelnya kalau sudah sukses share yaa hasil novelnya hihihi

    http://www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  10. Mbaaaaaak...
    Ditunggu banget laaaah novelnya, seriusaaaan!
    Kalo perlu aku pre-order dari sekarang lah bhahahaha...

    Semoga tercapai impianmu untuk bikin novel yah mbak...aku turut mendoakan :))
    Fighting!!!

    ReplyDelete
  11. Ikut menantikan novel Mba Santi.. semoga lancar proses nulis dan nerbitinnya yaa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba, bantuan mba Leyla sangat dibutuhkan :)

      Delete
  12. Semangat mak!
    Semoga keinginannya lekas tercapai. Aamiin aamiin aamiin
    Eh btw, kalo aku lihat jumlah huruf atau karakter lewat ms.word, mak Santi. Abis itu baru salin ke dashboard blog xD

    ReplyDelete
  13. Waah mbak santi sesuatu bangeet....
    Ditunggu novelnya yaa....
    Mas Gol a gong one of my teacher for writing...

    ReplyDelete
  14. Waah mbak santi sesuatu bangeet....
    Ditunggu novelnya yaa....
    Mas Gol a gong one of my teacher for writing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Aamiin. Semoga bisa cepat keluar novelnya hehe...
      Pernah belajar ke Mas Gong juga ya?

      Delete
  15. tulisan mbak Santi ini emang yahuuud dan kita hampir sehati deh, karena dengan ngeblog kembali menemukan pasion menulis. Salam sukses untuk ngontesnya ya mbaa :)

    ReplyDelete
  16. semoga terkabul semua cita2nya ya mbak, amiinn :)

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata ikutan lomba emak gaul juga ya, semoga sukses mbak lombanya. Semua orang memang punya tujuan masing-masing dalam membuat blog. :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran