Tuesday, November 24, 2015

Membiasakan Anak Untuk Sarapan

Seminggu dua kali Farras les di sekolahnya. Waktunya setelah pulang sekolah. Di sela-sela waktu pulang sekolah ke les, saya selalu menengok Farras ke sekolahnya untuk memantau makan siangnya. Kasihan kalau tidak dipantau, khawatir lupa untuk makan, atau mungkin gak keburu. Kadang saya mengajak Farras makan siang bareng dengan saya, karena kebetulan sekolah Farras dan kantor saya berdekatan, hanya tinggal nyebrang.

Pernah suatu kali saya bertemu dengan orangtua murid yang lain yang juga sedang menengok anaknya, yang juga ikut les. Setelah selesai dengan anaknya, dia lalu pamit duluan pada saya. Lalu saya tanya : "Roni (bukan nama sebenarnya) gak makan dulu Bu?"
"Enggak. Dia biasanya makannya di rumah sepulang les. Mana gak sarapan lagi tuh Roni." Jawab Ibunya Roni.
"Heee...?" Saya terhenyak. Gak sarapan dari rumah, terus makan siangnya sepulang les, dimana pulang les itu sekitar jam 13.30 WIB. Mungkin nyampe rumah sekitar jam 14.00 WIB. Telat banget kan? (menurut saya) Apa gak lapar ya?
"Roni gak pernah mau sarapan Bu... dari dulu." Jawab Ibunya Roni kemudian. Saya cuma diam. Setelah Ibu-nya Roni itu pergi, saya mengajak Farras buat makan siang.

Dulu... sewaktu Farras usia 3-5 tahun, sebelum Farras masuk SD, Farras juga termasuk anak yang 'emoh' sarapan. Farras baru bisa sarapan di atas jam 9. Sementara di usia 3 tahun Farras sudah masuk Kober, usia 4 dan 5 tahun masuk TK, yang mana Kober dan TK masuknya jam 07.30 WIB. Kasihan kan, jam setengah delapan sudah beraktivitas, tapi makannya jam sembilan. Pelan-pelan saya selalu menasehati Farras, menawarkan sarapan apa yang Farras mau. Awalnya menolak terus. Tapi lambat laun, sedikit demi sedikit, akhirnya Farras mau sarapan. Itu pun dengan menu yang Farras mau. Pertama kali sarapan yang Farras minta adalah coco crunch. Saya turutin, padahal Farras gak suka sama susu, tapi gak apa-apa deh. Coco crunch-nya aja yang dimakan juga gak apa-apa, susunya sedikit aja. Lumayan sudah kemajuan mau sarapan, daripada tidak sama sekali. Lalu saya coba memberi sarapan roti , karena saya masih khawatir Farras belum mau menerima sarapan jika dengan nasi. Alhamdulillah mau.... akhirnya berlanjut dan Farras pun mau sarapan nasi plus saya tambahkan protein di dalamnya. Entah itu telur, tahu atau tempe. Kadang saya memberikan sarapan berupa kentang goreng dan sosis.

Karena saya sadar bahwa sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas anak-anak. Tentunya sudah pada tahu kan ya manfaat sarapan untuk anak-anak. Selain sebagai sumber energi di saat anak-anak beraktifitas, dengan sarapan anak-anak akan mudah berkonsentrasi saat belajar di kelas. Bayangkan ketika belajar, anak-anak tidak bisa konsentrasi karena merasakan lapar. Sarapan juga akan menjaga kesehatan anak-anak. Tubuh anak tidak akan mudah lemas dan tak bergairah, juga tidak akan mudah kena masuk angin.

Kadang, kalau Farras sedang tidak mau sarapan dengan nasi, saya memberinya telur rebus plus susu. Farras memang tidak terlalu menyukai susu. Tapi terkadang, jika saya menyediakan susu untuk sarapan, Farras walaupun dengan enggan, akhirnya meminum susunya. Dan ternyata, sarapan dengan kandungan protein yang cukup, dapat memperbaiki dan membangun jaringan sehingga anak tidak mudah lelah. Protein membutuhkan waktu yang lebih lama daripada karbohidrat untuk dipecah dalam tubuh sebagai sumber energi. Sementara zat besi, vitamin dll didapatkan dari susu yang saya sediakan untuk Farras.

Jadi memang, jika kita bisa membiasakan sarapan pada anak, walaupun awalnya sulit, tapi lambat laun akan terbiasa.


Farras waktu kelas 1 SD. Udah sarapan dong.... :)


62 comments:

  1. Akhirnya jadi doyan sarapan ya, mak. Memang harus dibiasakan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... segala sesuatu memang harus dibiasakan :)

      Delete
    2. tapi kalau kekenyangan sampai sekolah ngantuk.

      Delete
    3. iya, jangan sampai kekenyangan

      Delete
  2. Pelajaran olah raga tidak sarapan ,lemes sekali. Memang sarapan itu penting ,biar lebih bisa focus sama mata pelajaran. Setuju banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi pas pelajaran olahraga, kalo gak sarapan dulu jadi lemes :)

      Delete
  3. Penting banget.
    Si Kakak juga nih begitu mulai sekolah, Alhamdulillah sudah terbiasa sarapan

    ReplyDelete
  4. Ini bener-bener kita musti sabar ya dalam menangani anak ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, kan kasihan anaknya kalo merasa lapar di sekolah sementara sedang belajar

      Delete
  5. Noofa kan paud. Kalo pagi suka nolak sarapan, tp bawa bekal ke sklhan, nanti dimakan brg sama ustadzahnyaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga bagus. tapi kalau Farras, pernah seperti itu. Jam istirahat bukannya makan, malah lari2 hehe

      Delete
  6. Saya jg dulu dibiasakan sarapan sama orangtua sebelum berangkat sekolah :-)

    ReplyDelete
  7. Harus itu....anak-anak saya sekolahnya sampai sore karena sekolah di sekolah islam terpadu kalau tidak sarapan ya lemes dong.....kalau waktu saya kecil sih ga pernah sarapan la wong ga ada yang mau dimakan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi yg sekolah sampai sore, selain sarapan bekal juga harus bawa

      Delete
  8. Aku kalau gak sarapan nasi ya minum susu Mbak biar gak kosong banget perutnya hehe

    ReplyDelete
  9. Betul sekali membiasakan sarapan hal yang baik untuk kesehatan. Kan lagi digalakkan tuh sarapan sebelum jam 9 pagi,hehe... tapi cucu bunda teteup aja gak mau sarapan, cuma minum susu Zee doank. Tapi jam 10-an di sekolah ada snack-time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu juga bagus Bunda, apalagi ditambah telur rebus hehe

      Delete
  10. Rajin belajr yah faras biar ranking 1 terus .. jangan lupa sealu sarapan sebelum perg sekolah :)

    ReplyDelete
  11. emang anak harus dibiasakan sarapan ya, kalau nggak gitu,,,ah..pastinya ntar banyak jajan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Dwi harus dibiasakan sarapan dulu sblm berangkat sekolah

      Delete
  12. Asma setiap pagi selalu susu, gak pernah mau sarapan yang lain. Sulit juga sih buat nyuruh dia makan.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget. Bahkan sebenarnya mereka juga butuh snack diantara sarapan & makan siang, tp aku kadang nggak sempat nyiapin snacknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kadang saya juga tdk sempat :(

      Delete
  14. Sarapan emang penting mbaaak, gimana bisa kuat beraktifitas kalo paginya belum makan...ujung2nya pasti jajan deh...jangan atuhlaaah...

    Aku mah kalo pagi yang simple aja mbaaak, yang penting makan, kadang cuma telor ceplok ama goreng tahu doang hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... iya mak erry, aku juga begitu :)

      Delete
  15. Anak-anakku juga selalu sarapan, kasian kalo ga sarapan lalu belajar sampai siang.

    ReplyDelete
  16. mama sarapan buat sy mana ? :D

    ReplyDelete
  17. Aku jg biasain sarapan...soale kalo g sarapan...ibunya jg kelaparan --"

    ReplyDelete
  18. membiasakan sarapan pagi memang perlu mba :)

    ReplyDelete
  19. anak2 memang harus dibiasakan sarapan, anak yang sarapan jadinya lebih pintar loh daripada yang tidak sarapan ...

    ReplyDelete
  20. paling nggak minum segelas susulah ya mbak kalau nggak keburu menyiapkan... hehe *alasan saya saja ini... :)

    * salam kenal mbak Santi...

    ReplyDelete
  21. anakku juga susah sarapan, paling minum susu :(

    ReplyDelete
  22. Aku dulu juga dibiasakan sarapan mba sama orang tua dan sekarang udah mendarah daging hehehe. Suka pusing kalau sampai ga sarapan terus nular deh sekarang membiasakan pada Kynan :)

    ReplyDelete
  23. aku dari jamannya TK sampe sekarang gapernah sarapan xixixii

    ReplyDelete
  24. si ken jg aku biasain sarapan mak, nggak sarapan berat sih, cuma roti campur susu. alhamdulillah, dia doyan :)

    ReplyDelete
  25. Anak-anakku juga selalu sarapan kalo mau sekolah, sarapan nasi biasanya. Nah kalo hari Minggu atau libur mereka minta sarapan roti.

    ReplyDelete
  26. Aku dr jaman SD jg dibiasain sarapan. Mau pake sambel doang pokoknya sarapan dl. Kecuali pas puasa tentunya....

    Keren ih Faras mau sarapan

    ReplyDelete
  27. Faiz pengganti sarapannya koko krunch Mbak, Farash keren ya

    ReplyDelete
  28. Kalau Farrel gak pernah mau sarapan, mungkin karena di sekolahnya juga ada acara makan, dan makannya juga sekitaran jam setengah 9. Dia kalau sarapan, nantinya di sekolah gak bisa makan, gitu sih kata dia hahaha

    Mungkin nanti kalau di SD baru sarapan deh, soalnya kalau SD kan jam makan siangnya siang banget hihii

    ReplyDelete
  29. Roni nggak pernah sarapan karena mungkin nggak dibiasakan sejak awal ya mbak

    ReplyDelete
  30. Iya lah ya, sarapan itu penting. Apalagi kalo banyak kegiatan seharian...

    ReplyDelete
  31. Kalau anak-anak memang sebaiknya sarapan ya, soalnya perlu energi yang banyak, anak-anak kan aktif banget

    ReplyDelete
  32. Betul Mak, sarapan menunjang aktivitas seharian. Noted nih, buat bekel kalau nanti aku punya anak :)

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah Dija sebelum berangkat ke sekolah, selalu sarapan dulu Tante...

    ReplyDelete
  34. saya ga bisa pergi klo blum sarapan... mending telat deh drpd ga mkn dl, hihihi...
    jav jg alhamdulillah dibiasain sarapan...

    ReplyDelete
  35. wah kasihan si roni. kebanyakan jajan manis juga bisa bikin emoh sarapan ya

    ReplyDelete
  36. masih ingat betul dari sekolah dulu gak pernah lupa untuk sarapan, yg masak nenek saya krn ajuh dr ibu. krn di desa gak pernah sarapan roti dan susu hehe.. tapi selalu ada aja yg di makan sebelum berangkat sekolah dan akhirnya kebiasaan

    ReplyDelete
  37. Sarapan itu memang penting sekali ya. Navaro termasuk anak yang gak bisa kalau gak sarapan. Sebelum di asekolah, dia yang malah nanya kesaya.. hari ini sarapannya apa mih? :D

    ReplyDelete
  38. anak2ku juga kuwajibkan sarapan mbak... meskipun jam 9 pasti break dan dibawakan bekal.
    ga mesti makan lengkap, bahkan sering juga sarapannya sy kasih buah yg manis2

    ReplyDelete
  39. Aku sendiri seorang anak yang tidak terbiasa sarapan sejak kecil, 11 12 sama Mama. Tapi nggak separah Roni sih, jam istirahat sekolah juga pasti udah makan. nanti kalau menikah dan punya anak mau dibiasakan sarapan ah biar konsentrasi belajarnya dan terhindar dari sakit maag :)

    ReplyDelete
  40. jadi inget waktu dulu kecil, susah banget mau sarapan gegera kalo habis sarapan jadinya mules di sekolahan, abisnya toilet sekolahnya jorok..
    karna kebiasaan buruk itu akhirnya pas dewasa punya maag deh..
    tapi untungnya sekarang udah sembuh dan tobat :D

    ReplyDelete
  41. Gw terbiasa sarapan sejak TK, sarapan ku langsung nasi lengkap. Dan sampai sekarang kalo pagi blm kena nasi, pasti lemes pusing hahaha

    ReplyDelete
  42. Kalo sarapan emang harus dibiasain dari kecil mbakk..
    Soalnya kalau dr kecilnya ga dipaksa2 sarapan, jadi sampe besar, hawanya males aja kalo sarapan *kaya akuuu

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah dari dulu selalu membiasakan sarapan sebelum beraktifitas, kecual akhir akhir ini kalau kepepet lupa deh :D Hehehe

    ReplyDelete
  44. Hemm yammi , lebih lebih susu kambing yg banyak kalsiunya Bunda.

    ReplyDelete
  45. memang harus dibiasakan
    meskipun anak saya juga susahnya minta ampun kalau sarapan

    ReplyDelete
  46. wajib banget kalau anak-anak sarapan supaya di sekolah bisa nyimak pelajaran

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran