Thursday, January 28, 2016

Celoteh Fayda Part 21

Sudah lama saya tidak bercerita di blog ini tentang celoteh Fayda. Terakhir posting celoteh Fayda bulan Juli 2015. Kangen juga mendokumentasikan celoteh-celoteh Fayda di blog ini :)


Cerita pertama sewaktu suami saya bercerita tentang keinginan Fayda membawa tablet ke sekolahnya, yang secara langsung saya tolak. Saya tidak mengizinkan Fayda membawa tablet ke sekolahnya. Lalu suami saya bercerita tentang obrolannya dengan Fayda. Kira-kira percakapan antara suami saya dan Fayda seperti ini :


Fayda : "Ayah... Adek mau bawa tablet ke sekolah sih..."
Ayah  : "Buat apa Dek? Ke sekolah gak boleh bawa tablet, nanti dimarahin Bu guru."
Fayda : "Temen Adek ada yang bawa tablet ke sekolah tapi gak dimarahin Bu guru."
Ayah  : "Ya.. biarin aja sih temen Adek mah, kalo Adek gak boleh. Emang siapa temen Adek yang bawa tablet ke sekolah?"
Fayda : "K sama F. Adek mau pinjem tablet ke K, gak boleh sama K. Pinjem tablet ke F, F mah minjeminnya sama M aja, mentang-mentang M temen deketnya F." (ceritanya Fayda curhat hehe)
Ayah  : " Ya udah gak apa-apa gak dipinjemin juga, kan Adek bisa main tablet di rumah. Emang Adek buat apa bawa-bawa tablet ke sekolah? Pengen ikut-ikutan temen-temen Adek?"
Fayda : " Adek mau pinjemin ke temen-temen Adek semua, siapa aja yang mau pinjem tablet Adek, Adek kasih."

*eeaa... Adek Fayda baek banget deh... hihihi*

Dan ini percakapan kedua, kali ini percakapan antara Fayda dan saya :

Saya   : "Dek... hari ini bekel ke sekolahnya ibu bikinin spaghetti ya..."
Fayda : "Iya, spagetti-nya pake keju ya Bu?"
Saya   : "Oh... Fayda suka kalo spaghetti-nya ditaburin keju."
Fayda : "Bukan Adek yang suka sama kejunya, tapi temen Adek, K. K kan suka minta bekel Adek."
Saya   : "Oh... "

*Padahal K adalah teman Fayda yang gak minjemin tablet hehehe...*

Percakapan yang ketiga dan keempat, masih antara saya dan Fayda.

Fayda : "Bu... hujan itu darimana sih?"
Saya   : " Hujan itu berasal dari uap air yang naik keatas, dan berkumpul menjadi awan. Nanti dari awan itulah akan terjadi hujan." (secara singkatnya saya menerangkan seperti itu pada Fayda).
Fayda diam.
Saya   : " Adek ngerti gak?"
Fayda : " Enggak Bu, Adek itu gak ngerti uap air itu apa?"

*Hehehe... emaknya emang dodol, ya.. mana ngerti anak umur 5 tahun diterangin seperti itu :)*

Fayda : "Bu... bagian-bagian dari toge itu apa sih?" (emaknya tiba-tiba rieut :D )
Saya   : "Kayaknya toge mah gak punya bagian-bagian deh Dek.." (Fayda maksa harus ada bagian-bagian dari toge).
Akhirnya emaknya pasrah, menjawab sebisanya. "Mungkin akar, batang, sama apa lagi ya..." (pura-pura mikir, padahal gak tau wkwkwkwk...)
Fayda : "Apalagi Bu? Cepetan dong... " (maksa lagi).
Saya   : "Tanya Ayah aja deh... " (emaknya nyerah) :D
Fayda : "Ayah... bagian-bagian toge itu apa?"
Ayah  : "Gak ada dong Dek, toge gak punya bagian-bagian. Toge kan kecambah."

Fayda diam. Sementara pagi ini saya penasaran, apakah toge punya bagian-bagian seperti halnya tumbuhan yang lain. Setelah saya cari di eyang google, ternyata ada! Menurut wikipedia Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Saya masih penasaran sama hipokotil, apa ya? Menurut KBBI hipokotil itu adalah bagian bakal batang pada kecambah di bawah kotiledon. Berarti jawaban saya ke Fayda gak salah salah amat ya, masih ada akar, dan batang  hehehe... Ayah dan ibunya harus belajar banyak lagi nih... Dan karena pertanyaan Fayda yang tidak disangka-sangka, sayapun dapat ilmu lagi :D



34 comments:

  1. Hahaha...
    Fayda pinteeeeer bikin mamanya sampe buka wikipedia segala :)
    Aku juga seriiiing kayak gitu mbak, Fathir nanya apaan, trus aku sibuk browsing deh hehe...

    ReplyDelete
  2. hehe, nemenin anak belajar emang bikin emaknya jadi belajar lagi, soalnya sekolah zaman sekarang lebih kompleks materinya :D

    ReplyDelete
  3. uwaaa fayda suka berbagi ya.aku juga suka keju,bagiii^^

    ReplyDelete
  4. Fadya baik banget sih :D kepolosan anak kecil, biarpun nggak dikasih pinjem tablet tapi tetep inget temennya. Bisa buat pelajaran bagi orang dewasa ^^

    ReplyDelete
  5. Kayanya besok kalau punya anak, hal-hal ajaib kaya gini kudu diabadikan haahaa. seru dan unik! Fayda kamu cerdaaaas dan baik hatiii... muach!

    ReplyDelete
  6. hihihi fadya lucu ya mba kritis sampe penasaran sama bagian dari toge ^^

    ReplyDelete
  7. hehe, celoteh anak2 itu kadang suka diluar perkiraan kita ya

    ReplyDelete
  8. Krn anak guru terbaik

    fadyaaaa jgn baik2 lah sama temen #Eh

    ReplyDelete
  9. anak pinter, dan baik hati ya Fayda sampai mau mijemin tab

    ReplyDelete
  10. Celotehan anak2 kecil itu kadang bikin kita takjub ya Mba.. Jadi inget sama keponakanku yg suka bikin celotehan kayak gini..

    ReplyDelete
  11. Aku jadi kangen dengan celoteh2 Shasa waktu kecil dulu. Begitulah anak2... celotehnya kadang lucu, menggemaskan namun kadang mengagetkan juga hahaha.
    Shasa sampai sekarang juga suka bawa bekal ke sekolah, dan dia juga suka bagi2 bekalnya ke teman2nya hehehe

    ReplyDelete
  12. Celotehnya sesuatu... Fayda baik dan cerdas kayak ibu bapaknya.

    Haish... baca tulisannya mbak Santi jadi pengen nikah, jadi ibu dan punya anak kayak Fayda :-D..

    ReplyDelete
  13. Fayda ini anak yang pintar ya? se buruk apa pun perbuatan orang lain kepada fayda, fayda tetap membalasnya dengan kebaikan. ini yang perlu kita contoh.

    ReplyDelete
  14. anakku juga suka main tablet tapi klo dibawa ke sekolah aku ga kasih karna anaknya ceroboh.

    ReplyDelete
  15. udah cantik, pintar, baik hati lagi..sehat-sehat terus yah Fayda sayang :)

    ReplyDelete
  16. Kalau dikasih pertanyaan begini suka binggung sendiri ya mba. Emaknya kudu lebih pinter. Tapi itu Fayda baik banget, makanan di kasih juga sama temennya.

    ReplyDelete
  17. wah baru kepikiran juga tu bagian-bagian toge hehehhe

    ReplyDelete
  18. Fayda sudah besar ya, pinter dan sayang sama teman-temannya yak

    ReplyDelete
  19. Aaahhh si Adik cantik hatinya baik ...
    Iya ... begitu ya nak ... kita harus berbuat baik pada sesama ...
    walaupun temen kita tidak berbuat baik pada kita ...

    salut Adik ...

    Salam Om

    ReplyDelete
  20. Sama seperti anak2 saya. Suka banyak nanya. Boleh juga sy tulis tiap celotehnya..
    Thanks

    ReplyDelete
  21. Sungguh menginspirasi
    Suatu hari pengen ahhh punya postingan seperti ini :)

    ReplyDelete
  22. ibu ih, Fayda kan ga ngerti uap air! hihihihi

    ReplyDelete
  23. Namanya anak-anak, suka nanya aneh-aneh. Bikin ortunya ikut meres otak wkwkwk

    ReplyDelete
  24. Pertanyaan2 anak-anak itu suka bikin geli-geli gereget sekaligus takjub :D

    ReplyDelete
  25. Sharing yg bermanfaat ^^ Anak sy yg baru usia 3 tahun aja tiap hari main hp/tablet n dia udah ngerti macem2 dari situ

    Berkunjung juga ya ke blog saya http://bit.ly/ayomaubertanya dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak/komen di sana ;)

    ReplyDelete
  26. Celoteh kayak gini ngangenin loh mbak. Anak2ku udah gede udah gak berceloteh lucu lagi. Jadi kangen mereka kecil.

    ReplyDelete
  27. anak yang kritis bertanya adalah anak yang cerdas, sepinter-pinternya yang menjawab aja. :D
    salam kenal

    ReplyDelete
  28. Fayda bikin mama dan papanya jadi belajar lagi.. saya yg baca jg jadi ngerti klo toge msh pny bagian tubuh yg selama ini gak kepikiran, anak kecil memang hebat yaa.. daya pikirnya luas dan kreatif. :)

    ReplyDelete
  29. Hehehe Fayda lucu dan pinter. Gemes deh :*

    ReplyDelete
  30. Wkwkwkwk... lucunya.. masak tanya bagian-bagian toge.. hahahahahah

    ReplyDelete
  31. Hehehe,,, celoteh yang cantik dan pinter sekali, itulah bukti keaslian dan kejujuran anak anak,,,

    ReplyDelete
  32. beruntung sekali anak jaman sekarang semuanya serba tersedia menjadikan mereka lebih pintar dan cerdas jadinya :) Fayda sudah cantik pinter lagi juara deh pokonya

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran