Saturday, February 27, 2016

Kenangan di Kota Bandung

Pernah beberapa kali mengunjungi kota Bandung walaupun sudah lama sekali. Terakhir ke Bandung tahun 2015. Itu pun karena piknik bareng TK anak saya, Fayda ke Trans Studio Bandung.

Bandung memang sudah banyak perubahan, apalagi sekarang dipimpin oleh Walikota yang peduli akan kota bandung. Salah satu perubahan yang menonjol dari kota Bandung adalah macet. Tapi saya yakin walaupun kemacetan sering terjadi di jalan-jalan kota Bandung, pastinya tertib dan terkendali.

Kalau tidak salah, pertama kali saya mengunjungi Bandung ketika saya kuliah, mungkin sekitar tahun 1996-1997. Semasa SMA, saya punya dua orang teman dekat. Tapi begitu lulus SMA, kami melanjutkan kuliah di tempat yang berbeda. Saya kuliah di Jakarta, dua teman dekat saya, yang satu kuliah di Lampung, satunya lagi kuliah di Bandung. Nah... saya pernah mengunjungi dua teman dekat saya tersebut ke kota dimana mereka kuliah. Bandung dan Lampung.

Saya juga punya kenangan yang sangat menyedihkan di kota Bandung. Almarhum ayah saya wafat di kota Bandung tepatnya di RS Boromeus ketika beliau melawan rasa sakitnya. Ayah saya meninggal karena sakit stroke. Saat itu ayah saya sedang bertugas di Purwakarta. Ketika stroke menyerangnya, beliau dilarikan ke RS Boromeus, RS yang dekat dengan Purwakarta. Otomatis, saya sebagai anak tertua harus bolak balik Purwakarta-Bandung. Sementara ibu saya yang menjaga ayah saya selama 24 jam. Kebetulan adik saya sedang kuliah di Bandung, jadi saya bisa menginap di tempat kost adik saya.

Kenangan yang menyenangkan dan pahit plus menyedihkan pernah saya alami di kota Paris Van Java ini. Kedua kenangan tersebut sampai sekarang masih melekat di ingatan saya, apalagi kenangan ketika kehilangan orang yang sangat saya sayangi, kasihi, cintai, hormati dan hargai. Sungguh di kota Bandung, saya merasa sangat kehilangan ayah saya.

Hal lain yang membuat saya terkenang akan Bandung sehingga ingin selalu mengunjunginya lagi adalah :

1. Cuaca. Cuaca Bandung itu dingin banget. Walau begitu, saya suka. Justru salah satu keunikan kota Bandung dan selalu dikangenin, ya... karena cuaca ini. Cuaca dingin membuat udara selalu terasa segar.

2. Makanan :) Tahu sendiri kan, Bandung itu seperti surganya makanan. Berbagai jenis makanan ada di Bandung. Sewaktu saya mengunjungi teman dekat saya itu di Bandung ada satu makanan yang sepertinya sedang 'naik daun' saat itu dan saya sangat ingin mencicipinya. Nama makanan itu adalah cuanki (bener gak sih nulisnya? :D ). Iya sih, kalo sekarang cuanki itu udah banyak dijual di luar kota Bandung, bahkan di Serang pun sudah ada walaupun rasanya beda jauh dengan cuanki yang ada di Bandung. Saat itu saya penasaran banget sama cuanki Bandung, walaupun belinya pun dari mamang-mamang yang suka lewat di komplek-komplek perumahan.

Selain cuanki, makanan yang ingin saya coba di Bandung adalah batagor. Batagor Bandung kan katanya terkenal enak. Dulu.. di kota saya belum ada batagor Bandung seperti sekarang. Tapi yang sekarang pun batagornya sepertinya tidak seenak batagor Bandung yang aslinya.




Apalagi sekarang ini batagor bukan hanya batagor bumbu kacang, batagor kuah pun ada. Hm... nikmatnya :)

Sewaktu ayah saya sakit di RS Boromeus dan saya menginap di tempat kost adik saya, pagi-pagi saya pernah membeli surabi khas Bandung yang rasanya enak banget :) Surabinya surabi oncom. Waktu ke Bandung saya memang ingin mencoba surabi Bandung. dan ternyata memang enak. Kalau sekarang surabi sudah banyak variasi nya ya... ada surabi duren dll. Setelah makan surabi oncom sebagai menu sarapan saya, saya jadi ketagihan kepengen lagi makan surabi oncom Bandung. Di Serang memang ada yang jual surabi, tapi lagi-lagi rasanya beda euy...


3. Fashion. Saya mengenal yang namanya Factory Outlet karena  kota Bandung. Dulu Bandung itu terkenal dengan yang namanya Factory Outlet. Sampai-sampai ketika saya ke Bandung, saya pengen banget ke Factory Outlet yang ada di bandung tapi malah gak pernah kesampean :( Walaupun sekarang Factory Oulet sudah menjamur dan menjamah kota Serang, tapi setiap saya ingat/membaca Factory Outlet, maka saya akan ingat kota Bandung.

Selain Factory Outlet, Bandung juga dulu dikenal sebagai trend-nya kerudung. Orang Serang yang ingin beli kerudung model terbaru, pengennya beli di Bandung, walaupun gak semua orang Serang seperti itu ya...  Kalau sekarang sih, beli kerudung model terbaru gak harus ke Bandung, di Serang juga sudah banyak :)

Ada satu pasar di Bandung dimana disitu adalah pusatnya kerudung, yaitu Pasar Baru. Nah... pasar inilah yang jadi inceran :)

4. Tempat wisata. Bandung terkenal dengan surga wisata. Waktu Farras berusia 2,5 tahun, saya dan keluarga pernah mengunjungi tempat wisata Ciwidey. Diundang oleh teman suami saya, beserta teman-teman suami dan keluarganya yang lain juga. Di Ciwidey kami menginap di vila milik Perum Perhutani (kantor saya juga kantor teman suami saya yang mengajak kami), dan kami mengunjungi Kawah Putih. Sayang foto-foto sewaktu di Ciwidey dan Kawah Putih hilang. Tapi kenangan sewaktu disana, tak terlupakan :) Ciwidey benar-benar dingiiiin....

Itulah kenangan saya tentang kota Bandung. Bandung memang adalah kota kenangan.



27 comments:

  1. Pertama kali menginjakkan kaki di kota Bandung sekitar tahun 1995 yang lalu.. Terakhir kali tahun 2002.. Dah lama gak ke Bandung kangen banget.. Kabarnya di sana byk berubah ..banyak spot2 cantik yang bisa dikunjungi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba saya juga udah lama ga ke bandung. terakhir th 2015 cuma ke trans studio aja. Kabarnya memang bandung tambah cantik

      Delete
  2. surabiiiiiiiii, udah lama ga makan surabi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... saya juga kangen surabi oncomnya bandung

      Delete
  3. Bandung memang ngangenin ya, cobain juga mbak kupat tahunya. Enak euy..

    ReplyDelete
  4. Iya bener Mak, dulu mah bandung dingin banget yaa. Sampe pernah tuh nginep di penginapan, kemudian mimisan gara2 kedinginan.

    ReplyDelete
  5. Bandung memang nggak ada habisnya ya bikin selalu ingin kembali mbak :D

    ReplyDelete
  6. Aaak aku juga paling demen ama kuliner Bandung! Kecuali sotonya, soalnya terlalu bening dan encer. :v

    ReplyDelete
  7. Bandung itu ... ngangenin ya Mbak Santi

    ReplyDelete
  8. Wah ini ibu ibu rame banget baru arisan yaaa

    ReplyDelete
  9. aduuuh...malem-malem lihat foto batagor. oooh tidaaak....

    ReplyDelete
  10. Wah iya nama factory outlet (FO) identik ma Bandung dulu hehe
    Saya jg blm pernah ke Bandung stlh dipimpin walikota yg skrng, katanya bnyk sekali yg berubah, moga bisa ksana nanti ma keluarga :)

    ReplyDelete
  11. 1997? itu saya masih berusia sekitar 4th. wags, mbaknya sudah kuliah saya masih belum sekolah :v

    ReplyDelete
  12. saya baru sekali ke Bandung tp sayangnya kenangannya kurang menyenangkan... lam kenal mak :)

    ReplyDelete
  13. wah pas mbak kuliah di bandung sekitar tahun 1996-1997 aku itu baru lahir lhoo hahaa.
    Btw aku sendiri belum pernah makan cuanki. Jadi pengen nyoba.
    Aku setuju bandung cuacanya bikin kangen, dan banyak Factory outletnya haha. Murah muraaah lagi yaaak

    ReplyDelete
  14. aku juga mau ikutaan GA inii... hehehe.... sama dong aku juga udah ke transtudio, gratis, acara sekolah hehehe...Bandung tuh romantiiisss...

    ReplyDelete
  15. 1997 saya udah pindah ke kota lain meninggalkan Bandung :)

    ReplyDelete
  16. kenamgan yang indah good luck buat lombanya
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. bandung memang ngangenin ya

    Sukses Ga nya ya

    ReplyDelete
  18. Kulinernya..hemmm... Siapa yg mau ajak saya ke Bandungggg....?? Hehe...

    ReplyDelete
  19. yg saya suka di Bandung itu gedung2 lama dipertahankan, jadi suasananya beda... Sayangnya kami yg tinggal di Jakarta ini kl udah ke sana mindahin macet deh... Jd yah, lo lagi lo lagi kl pas liburan atau akhir pekan ke sana

    ReplyDelete
  20. batagornya enak tuh kayaknya, emang sih yah yang bikin betah bandung itu yah makanannya

    ReplyDelete
  21. wah sama ya terakhir ke Bandung ke Trans studio juga

    ReplyDelete
  22. Mba, aku malah belum pernah ke Trans Studio, mba. Kayaknya seru ya :). Hehhee

    ReplyDelete
  23. Aahh, waktu ke Bandung blm sempat cobain surabi, jadi pengen segera ke Bandung lagi wisata kuliner dan jalan2 ke tempat wisata lainnya :)

    ReplyDelete
  24. Aduh... saya jadi inget alm. bapak juga. Hiks...
    Makasih sudah ikutan GA saya. :)

    ReplyDelete
  25. bandung emang mirip yogya, terbuat dari kenangan

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran