Monday, March 21, 2016

Klepon Ubi Ungu

Berawal dari tugas sekolah Farras yaitu membuat klepon, maka berhubung saya belum pernah membuat klepon, saya pun mencari di internet. Dikarenakan kalau membuat klepon biasa sepertinya lebih banyak menggunakan bahan-bahan, akhirnya saya mengambil resep klepon ubi ungu, karena lebih simpel dan tidak banyak menggunakan bahan-bahan. Resepnya saya ambil dari cookpad.com. 

Awalnya Farras ditugaskan membawa bahan-bahan mentahnya saja oleh guru, namun entah kenapa, berubah menjadi membawa klepon yang sudah jadi, lalu resepnya ditulis dan dikumpulkan.

Karena klepon mesti dibawa Farras pagi-pagi, dan kalau saya membuatnya di pagi hari khawatir saya bangun kesiangan, maka klepon saya buat malam hari. Sempat khawatir juga sih, basi gak ya, kalau dibuat malam hari dan di makan pagi sampai siang hari? Saya siasati, kelapa yang sudah saya kukus dan klepon yang sudah jadi saya masukan ke kulkas. Dengan catatan, kelapanya jangan dicampur dulu dengan kleponnya. Dan Alhamdulillah enggak basi. Besoknya, sebelum subuh klepon dan kelapa parutnya saya keluarkan dari kulkas, saya diamkan dahulu dalam suhu ruang sampai tidak terlalu dingin, kemudian kleponnya saya gulingkan pada kelapa parut.


Dan inilah bahan-bahannya dan cara membuatnya. Resep yang saya ambil dari cookpad.com ini cocok dan pas banget sesuai takaran, dan rasanya enak :)

Bahan :

100 gr ubi ungu, kukus sampai matang dan haluskan
100 gr tepung ketan putih
100 gr kelapa bubuhi garam secukupnya lalu kukus (saya pilih kelapa yang tidak tua)
Garam secukupnya
50 gram gula merah lalu sisir
100 ml air hangat

Cara membuatnya :

  1. Campurkan ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan tepung ketan putih. Tambahkan garam secukupnya. Lalu beri air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis, ambil adonan secukupnya (jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, sedang saja) lalu pipihkan dan isi dengan gula merah yang sudah disisir secukupnya, lalu bulatkan. Teruskan sampai adonan habis.
  3. Rebus di dalam air mendidih sampai mengapung, lalu tiriskan.
  4. Gulingkan di parutan kelapa yang sudah dikukus.

25 comments:

  1. Saya pernah bikin klepon ubi ungu dulu. Dah lamaa. Resepnya udah lupa :D

    ReplyDelete
  2. Saya mau Mbak kelepon ubi ungunya...lempar dong ke Serdang..xixixi.

    ReplyDelete
  3. Beli tepung ketan di mana ya? Hehehhe

    ReplyDelete
  4. Saya bikin klepon pertama kali waktu SMP, warnanya ijo karena pakai daun suji, rasanya enak. Dan emang gampang ya Mbak buatnya kalo bahan2 sudah tersedia :)
    Makasih Mbak resepnya, pengin coba klepon ubi ungu :)

    ReplyDelete
  5. waah unik nih. Kalo ubi ungu bisa, berarti ubi jalar biasa bisa dong ya dibikin klepon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, hanya mesti pake pewarna makanan lagi mba, supaya ada warnanya

      Delete
  6. pewarna alami yam kalau biasanya klepon diberi pewarna hijau dari daun pandan, ini dari ubi ungu

    ReplyDelete
  7. Aaah cakep bangeeet.. Lucu jugaaa ya pakai ubi unguuu

    ReplyDelete
  8. nanti kalau ada ubi ungunya aku bikin ah, disini agak jarang ubi ungunya

    ReplyDelete
  9. klepon ubi ungunya di pasarkan gak mbak, kelihatnnya mantapp tuhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak mas, utk konsumsi di rumah aja :)

      Delete
  10. makanan tradisonal yang bikin kangen, kalo pake ubi cilembu boleh ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa saya blm pernah nyoba sih..

      Delete
  11. wah, kebetulan, di kebun belakang ada nanem ubi ungu, saatnya untuk masuk ke kitchen lab nih

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran