Wednesday, March 02, 2016

Tips Menjaga Tubuh Agar Selalu Bugar Saat Beraktivitas




Sebagian dari kita pasti pernah mengalami saat dimana keadaan tubuh lemah dan kurang produktif dalam menjalankan aktivitas yang sedang di jalani. Hal ini, membuat aktivitas yang sedang kita jalani jadi terganggu dan bahkan dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita. Ada banyak faktor yang membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Seperti, kurangnya olah raga atau pola makan yang tidak sehat. Bagi sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja kantoran atau karyawan, pasti sering mengalami keadaan dimana tubuh menjadi lemah dan tidak bugar saat beraktivitas.

Tuntutan kerja dan kurangnya istirahat, sering sekali menjadi alasan para pekerja menjadi tidaak bugar dalam menjalankan aktivitasnya. Oleh karena itu setiap para pekerja harus menyempatkan diri untuk memperhatikan kesehatan tubuh mereka. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat tubuh menjadi tetap bugar dalam berktivitas. Diantaranya, sebgai berikut;


Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh kita terdiri dar 70% air.  Jadi air  sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Cairan tubuh yang terdiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, dan transportasi nutrisi kedalam tubuh. Air juga dapat menjaga kita dari dehidrasi. Yaitu, kedaaan dimana kondisi tubuh tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital sehingga membuat tubuh menjdai tidak bugar. Untuk meningkatkan fungsi-fungsi vital maka kita perlu meminum cukup air putih. Jika, fungsi-fungsi vital tubuh kia berjalan dengan baik maka tubuh kita tidak mudah lelah dan dapat menjalakan aktivits dengan baik.


Istirahat dan Tidur Yang Cukup

Pada dasarnya tidur yang ideal bagi setiap orang adalah 7- 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran beristirahat. Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas dimalam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Karena begitu pentingya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal. Dengan tidur dan istirahat yang cukup, maka tubuh tidak mudah lelah dan akan tetap terjaga saat sedang beraktivitas.


Sempatkan Untuk Berolahraga

Lemahnya daya tahan tubuh, sering disebabkan karna kurangnya energy di dalam tubuh kita, dengan aktifitas fisik dapat meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke sel akibatnya kekuatan otot meningkat, daya tahan juga meningkat. Olahraga membuat jantung dan paru-paru berkerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar, siap untuk digunakan untuk segala aktifitas anda. Tapi bagi sebagian pekerja atau karyawan selalu beralasan bahwa tidak ada waktu luang untuk berolahraga.

Padahal banyak cara yang dilakukan untuk menyempatkan tubuh berolahraga meski waktu yang kita miliki terbatas, Seperti meluangkan waktu untuk lari pagi atau anda pergi ketempat fitness  pada akhir pekan. Atau jika anda enggan untuk pergi ke tempat fitnees, anda bisa beli perlengkapan fitness sendiri di toko online. Salah satunya ada di blanja.com, anda cukup mencari di kategori sport untuk melihat alat-alat fitness yang di jual.






Menjaga pola makan

Pola makan yang tidak teratur, dapat membuat tubuh kita mudah terkena penyakit. Makanan yang tidak sehat  dan nilai gizi yang tidak seimbang yang masuk kedalam tubuh, juga berdampak pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, anda harus menjaga pola makan yang teratur dan menjaga asupan gizi yang cukup pada makanan yang anda konsumsi. Hal itu akan membuat tubuh cenderung lebih tahan terhadap berbagai anacaman penyakit.


Puasa

Dengan berpuasa tubuh kita akan menjadi lebih bugar. Karena, saat berpuasa tubuh kita akan mengalami detoksifikasi lebih cepat. Ketika kita tidak sedang berpuasa, biasanya kita akan makan sebanyak 3 kali sehari dan proses pencernaan akan menjadi lebih berat. Berbeda jika kita berpuasa, selama kita berpuasa maka lambung akan beristirahat dengan begitu proses pembuangan racun dalam tubuh kita akan lebih cepat dan tubuh akan menjadi tidak mudah lelah dalam beraktivitas.

14 comments:

  1. Yups, puasa bisa juga jd salah satu cara utk tetap bugar dan sehat..

    ReplyDelete
  2. Mungkin permasalahan sy saat ini kurangnya olahraga. Saya hanya berolahraga sekali sepekan, bahkan pernah dlm sepekan tak sekaliun berolahraga

    ReplyDelete
  3. tips agar bugarnya mantep nih terutama poin terakhir PUASA keren dan memang sangat terbukti tuh

    ReplyDelete
  4. olahraga ini yg plg malesssssss... pulang kantor maunya cepetan smp di rumah krn tugas lain sudah menanti...

    ReplyDelete
  5. olahraga di rumah, nyapu ngepel, dan ternyata saya krg tidur.. *pantes krg bugar :D

    ReplyDelete
  6. Duh, bener2 deh kalau urusan olahraga seringnya ketemu the big M(ales) :(

    ReplyDelete
  7. aku jarang berolah raga dalam arti yang sebenarnya, tapi menggerakkan badan secara tidak teratur iya, Mbak. Tapi emang dibutuhkan kok olahraga itu y

    ReplyDelete
  8. Kebetulan aku termasuk orang yang banyak minum air putih.. Memang terasa banget efeknya kalo banyak minum air putih tubuh kita terasa bugar..

    ReplyDelete
  9. kalau lagi dluar knapa ya aku sukanya minum teh tawar , harus dikurangi nih

    ReplyDelete
  10. sampai saat ini saya masi susah untuk mulai berolahraga Mbak :(

    ReplyDelete
  11. Olahraga saya hanya yoga dan banyak berjalan kaki.. Plus minum air alkaline pH 9.5.. Alhamdulillah segaaar tanpa suplemen vitamin :)

    ReplyDelete
  12. untuk olahraga saya sudah jarang melakukannya mbak. palingan hanya jalan kaki sore hari ajha :)

    ReplyDelete
  13. Makasih tips nya mba, udah menghindari begadang nih.

    ReplyDelete
  14. Yang susah ini rutin berolahraga itu ya, tapi itu sangat terasa dampaknya bikin tubuh lebih segar dan fit

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran