Wednesday, April 13, 2016

Brownies Kentang (Tanpa Mixer, Tanpa Oven)

Saya mau berbagi hasil membuat brownies kentang bareng adik ipar saya. Siapa tahu ada yang ingin membuat camilan yang sehat di rumah. Cara membuat berikut bahan-bahannya gampil banget :) Ya iyalah gampil, wong yang bikinnya adik ipar. Sang kakak ipar hanya memperhatikan hehe... alias ngemandorin :D
Dan inilah bahan-bahan dan cara membuatnya.


Bahan :

150 gr kentang, kukus sampai matang, buang kulitnya lalu haluskan
120 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
1/2 sendok teh baking powder
Vanili secukupnya
3 Sendok Makan (sdm) Margarine
3 butir telur

Hiasan :

Whipped Cream secukupnya
Keju cheddar secukupnya
Buah Cherry secukupnya (jika menginginkan)

Cara membuat :
  1. DCC, gula pasir dan margarine di tim sampai tercampur rata dan mencair. Sisihkan dan diamkan sampai dingin.
  2. Campurkan kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan hasil tim. Aduk rata.
  3. Campurkan tepung terigu pada adonan, aduk rata, tambahkan baking powder dan vanili.
  4. Adonan masukan pada loyang dan kukus sampai matang. Untuk mengetahui sudah matang atau belum, bisa ditusuk menggunakan lidi.
  5. Setelah matang, angkat. Olesi dengan whipped cream, lalu taburi parutan keju, hias dengan buah cherry. Brownies Kentang  (tanpa mixer, tanpa oven) siap disantap.
Hasilnya, brownies-nya lembut banget :)

sumber

Sayangnya, foto brownies yang sudah jadi, kehapus. Akhirnya saya cari penampakan brownies kentang yang mirip dengan hasil brownies kentang buatan saya adik ipar saya, mau bikin lagi belum keburu.  Alhamdulillah nemu, dan itulah penampakannya :) Tapi brownies punya saya berwarna cokelat ya, kalau di gambar kan warna brownies-nya kuning :)

24 comments:

  1. saya kalau gak liat video suka gak ngerti sama resep2.... Maklum deh, aslinya gak doyan masak, taunya makan doang... Kapan2 divideoin mbak... *eh, jangan deh... uploadingnya gak nahaaaan*

    ReplyDelete
  2. Mbaaa.. hasilnya ngembang kayak roti gitu gak sih?? aku coba buat bronis kukus (ga pake kentang sih) tapi gak ngembang, kayak bantet tapi lembut, empuk, dan ada pori-porinya. jadi gak tau gagal apa sukses hehe..

    btw, ini resepnya boleh dicoba, tinggal beli DCC :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. brownies kan emang kue bantat mba... gak ngembang. Bantat yang uenak hehe selamat mencoba :)

      Delete
  3. Ohh brownies kukus.. Jadi ngingetin aku sama bolu ketan yang di kukus dan itu enaaakkk bangeettt!! Tanpa keju hehehe.. Enaaakkkk mba, bantet tapi hasilnya jadi padet lembut

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya. kue bantat yang enak dan lembut ya... brownies :)

      Delete
  4. Membuat brownies tanpa mixer dan tanpa oven pun oke ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Nyum! Saya suka brownies kukus. Makasih infonya mbak, aku jadi bisa bikin sendiri :D

    ReplyDelete
  6. kemarin saya dan adek coba buat brownis Mba, tapi kok gak ngembang yah? huhuhu :(

    ReplyDelete
  7. wah skr lag model kue tanpa mixer tanpa oven praktis ya mbak

    ReplyDelete
  8. jadi aku jadi gak nich beli mixer? heheeee, ada kentang di rumah nich, boleh dicoba

    ReplyDelete
  9. hadir mbak! kalo yang tanpa mixer tanpa oven mata saya langsung berbinar-binar. hihi...

    tfs mbak.

    tapi kayaknya ga pake topping gapapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 mba, whipped cream bisa diganti margarine lalu taburin parutan keju. Tapi kalo pake margarine mungkin ada rasa asin2nya

      Delete
  10. Aaaaak, tanpa mixer dan oven. Menarik utk dicoba, Mbak.

    ReplyDelete
  11. Oh brownies kukus ya? Sepertinya lebih simple ya. Kapan2 nyoba.

    ReplyDelete
  12. Enaknyaaaaaaaaaaaa, aku bisa ngabisin satu loyang kalau begini hiksssssss

    ReplyDelete
  13. Dari dulu penen bikin brownis kentag tapi belum jadi2.. liat artikel ini jadi kepikiran lagi..kayaknya gampang

    ReplyDelete
  14. Gampang neh mba, bahan2nya juga ada di rumah, cobain ah.

    ReplyDelete
  15. waaah resep baru nih cobain aahh
    makasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  16. with... bias langsung di cobs di rumah buat yang didapur peralatannya sedehana

    ReplyDelete
  17. hiyaaa jadi pengen jugaaa.. nanti mau coba buat juga ahh.. makasih yah Mbak :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran