Monday, May 16, 2016

Tanggal Tua, Gak Takut Tuh...

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Pernah merasa tanggal tua sangat sengsara? Saya pernah! Hihihi.... Iya pernah, karena salah mengatur masalah keuangan. Karena terlalu sering memanjakan lidah, juga memang tuntutan anak-anak yang ingin makan enak di luar, akhirnya di tanggal-tanggal muda, saya, suami dan anak-anak makan-makan dengan enak di luar, seakan-akan tanggal gak pernah berubah menjadi tua, selalu muda, seakan-akan duit tinggal metik dari pohon wkwkwk....


makan sini
makan sana


makan terus
Gara-gara kepingin makan enak terus di luar, begitu tanggal tua, tinggal gigit jari muehehe.....
Selain gara-gara keseringan makan enak di luar, jalan-jalan tanpa perhitungan juga yang bisa menyebabkan tanggal tua berasa kiamat :D Ada yang pernah merasa seperti itu? hihihi.... Walaupun gak berasa kayak kiamat-kiamat amat sih, karena jalan-jalan tanpa perhitungan ini, yang membuat salah satu tanggal tua menjadi dilema. 

jalan sini

jalan sana


jalan-jalan terus

Lalu... hal apalagi yang bisa membuat tanggal tua berasa nyut-nyutan? makan udah, jalan-jalan udah, semua tanpa perhitungan. Satu lagi adalah belanja. Belanja tanpa perhitungan, akan membuat tanggal tua terasa sangat menyakitkan. Sakitnya tuh... di sini *megangkepala* :D


belanja sana
belanja sini


belanja terus

Hal-hal yang tanpa perhitungan seperti ini yang akan merusak tanggal tua. Seolah-olah tanggal tua itu seperti zombie.

Sebagai seorang perempuan apalagi seorang ibu, harus bijak dalam menggunakan anggaran rumah tangganya. Tentu kita tahu masalah ini. Tapi itu teori, prakteknya? Tanggal muda foya-foya, tanggal tua mati suri hehehe....
Siapa yang melarang untuk makan enak di luar? Siapa yang melarang jalan-jalan sebagai bentuk refreshing? Siapa pula yang melarang belanja? Gak ada! Hanya saja.... tetap harus diperhitungkan dan disesuaikan dengan budget yang ada. 
Biasanya.... kalau saat tanggal tua kita meringis, itu karena kita tidak bisa memperhitungkan anggaran rumah tangga kita. 

Untuk menghindari hal-hal di atas tidak terjadi lagi, dan supaya tanggal tua saya selalu happy, juga supaya anggaran rumah tangga tidak bersaldo negatif di akhir bulan, ada beberapa hal yang saya lakukan, yaitu diantaranya : 

1. Jangan Mupeng-an

Nah ini adalah salah satu penyakit hati dan mata. Ngeliat orang upload  foto makanan enak di media sosial, mupeng nyobain, padahal tak ada dalam list anggaran kita. Ada teman yang upload foto jalan-jalan ke suatu tempat, mupeng kesana, supaya kekinian, padahal kita tak punya anggaran dalam bulan ini untuk kesana. Ada teman nawarin tas keluaran terbaru padahal tas yang kita punya masih bagus, langsung mupeng. Ya iyalah dapat dipastikan tanggal tua jadi sengsara kalau seperti ini mah.... Jadi sebisa mungkin, tarik nafas... buang nafsu jauh-jauh, hush... hush....

2. Jangan Baper-an
Terkadang kita wanita, bawaannya 'melas' melulu. Ada teman yang sudah pernah merasakan makanan enak di suatu tempat, lalu kita 'melas-melas' diri sendiri, duuh.... kok temen saya sudah bisa merasakan makanan di tempat enak tersebut, tapi kita belum/enggak ya....
Ada  teman yang bercerita punya sepatu merk bagus keluaran terbaru, langsung baper. Duuh... saya mah kenapa ya, gak punya uang buat beli sepatu keren itu, sementara teman saya bisa. 
Aduh... duh... duh.... itu namanya penyakit hati. Buang jauh-jauh... Harus banyak bersyukur. Jangan selalu melihat ke atas, nanti silau, mata jadi sakit.

3. Jangan Lebay
Aah... kalau saya gak bisa punya barang yang teman saya punya karena mahal, saya mau kredit aja deh... 
Padahal itu barang gak penting-penting amat. jangan lebay deh... Emang kalau gak punya barang tesebut besok mau mati? Enggak kan? Jadi sekali lagi.... buang jauh-jauh hawa nafsu.... Karena boros adalah temannya setan. Hiiy... gak mau kan berteman sama setan?

4. Cari Diskonan
Naah... kalau kebetulan kita sedang membutuhkan sesuatu barang, seperti mendadak harus beli sepatu olahraga karena ada lomba senam di komplek se RT/RW, kita bisa cari barang diskonan. Tapi mencari barang diskonan harus jeli dan teliti ya... Jangan mentang-mentang diskon-nya gede-gedean, lalu tanpa diperhatikan dengan seksama, langsung aja kita eksekusi, yang akhirnya malah menyesal. Menyesal karena cepat rusaklah, warnanya udah pudarlah, dll. Kalau mau cari diskonan, www.mataharimall.com tempatnya. Karena di matahari mall kita bisa tobat. Iya tobat, tobat belanja mahal, karena cuma di matahari mall kita bisa belanja gak kemahalan.



5. Cari TTS *mengerutkan kening* :D
Isshh... apalagi sih ini bu? Wong lagi ngomongin pengetatan anggaran rumah tangga, malah ngelantur ke TTS segala. Ya iyalah... siapa yang gak nungguin TTS. Lah wong ini mah TTS yang berarti Tanggal Tua Surprise kok! Nah kan, ada Tanggal Tua Surprise segala lho... Asyik bener! Di saat lagi galau-galaunya a.k.a ngodok kantong sedalam-dalamnya -siapa tahu ada duit ngumpet-, eh... ini ada TTS segala. TTS ini hadir di minggu ketiga setiap bulannya, tentunya hanya di matahari mall lho ya... Nih kayak cerita si Budi ini, dia juga pake TTS, makanya si Budi gak pernah takut sama tanggal tua :)
Tanggal tua, gak takut tuh... 


87 comments:

  1. oh please jangan lebay, mau kok begini begitu *malah nyanyik, hampir aja mbak kemarin aku kegoda diskonan, padahal uang tinggal dua lembar hehe

    ReplyDelete
  2. Emang ya, kalau tanggal muda suka sana suka sini, kupikir cuma diriku yg boros ti tanggal muda. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah gitu, tgl tua nya mendadak migren hehe

      Delete
  3. Waw.. Asik tuh main TTS, bisa tetep memuaskan hasrat belanja yah walubtgl tua. Hihi

    ReplyDelete
  4. Memang suka gelap mata ya..kalo uang lagi banyak-banyaknya, keinginan jadi ikutan banyak..hi..hi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal tak ada dalam list belanja kebutuhan bulanan

      Delete
  5. Hihi, tanggak tua beraneka rasanya ya

    ReplyDelete
  6. aku mah dinikmati hari tanggal tua itu, jadi nyaman deh

    ReplyDelete
  7. tanggal mudaku itu di tanggal tua mbak, sedangkan tanggal tua malah terjadi di tanggal muda huhuhu T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi pengaturannya sama aja kan mba... :)

      Delete
  8. tanggal tua... tanggal penuh perjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... tapi kalo tgl mudanya bisa efektif, tgl tua bisa tersenyum :)

      Delete
  9. Kalau saya gajiannya justru di tanggal tua mbak :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dibalik ya, tgl muda jadi tgl tua, tgl tua jadi tgl muda :D

      Delete
  10. Enaknya mah tgl tua bisa ksana ksini dan tgl tua bisa makan ini makan itu.....hehe

    ReplyDelete
  11. Ceritanya si Budi menginspirasi para Emak tetap bisa atasi nyut2an saat tanggal tua..

    ReplyDelete
  12. Di kantong ada TTS hati langsung jadi adem yah bu.hehe

    ReplyDelete
  13. jangan Mupeng-an. ough itu sangat beraattt... :P

    ReplyDelete
  14. mbaaaak...
    Gimana dong inih, aku kan anaknya mudah baper dan suka lebay parah bhahahaha...

    *pantesan kalo tanggal tua suka berasa zombie banget hehehe*

    ReplyDelete
  15. Jangan mupengan. Namanya perempuan klo lihat barang bagus sering gak bs menahan diri. Tetep mupeng, mbak... :D

    ReplyDelete
  16. aku mupengan makanya ada suami yang kontrolin kalo aku belanja, bahkan suami wanti2 bikin list belanjaan maklum mantan shopaholic ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... sama dong, suami saya juga pengerem saya mba :D

      Delete
  17. Diskon malah kadang hadir di tanggal tua ya mba ahhhhh sebelllll hahahahhaha. Harus pinter - pinter baca mantra "Ngga butuh, aku ngga butuh, kapan - kapan aja".

    ReplyDelete
  18. hahaha iya ini saya banget..tapi dulu hihi :)

    ReplyDelete
  19. Tanggal tua mah nggak usah ditanya sengsara apa nggak, pasti jawabannya kebanyakan iya, hahahahahahahahaahaha.... Yang paling penting sih strategy ngatur uangnya aja ya mba,... Saya juga ikutan lombanya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. strategi keuangan itu penting :) saya udah mampir ke blog-nya

      Delete
  20. Tanggal tua mah nggak usah ditanya sengsara apa nggak, pasti jawabannya kebanyakan iya, hahahahahahahahaahaha.... Yang paling penting sih strategy ngatur uangnya aja ya mba,... Saya juga ikutan lombanya nih...

    ReplyDelete
  21. Saya juga pernah kali ngalamin seret ditanggal tua, Mbak. Akhir-akhir ini uang bulanan habisnya karna 'duh, suntuk skripsi nih, nonton yuk. Makan sushi, yuk.' dan alasan apapun yang mengatasnamakan 'suntuk sripsi' :"( huhu

    ReplyDelete
  22. Aku nggak baper sih kalau tanggal tua. Cuma hiper sensi aja hahahaaa

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. Kao udah mupengan, trus baperan,, emang rempong ya maakkk... jd uring2an.. intinya ya jagalah hati dan jagalah mata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huum betul mba, harus bisa jaga hati & jaga mata :)

      Delete
  25. Buat saya gak ada tanggal tua mak, hihih sama aja asalkan kita manage keuangannya jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik dong mba... emang sih kalo mengelola keuangan dgn baik, gak akan takut sama tgl tua hehe

      Delete
  26. hahahah, tanggal mati suri... Kl yg ini bener2 gak berkutik juga saya... :))))

    ReplyDelete
  27. cari diskonan?


    setujuuuuuuuu, kalo sekarang meski saya ga ngalamin tanggal tua, tapi cari diskonan mah jalan terus :)
    wkwkkwwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... cari diskonan biar berasa tgl muda terus :)

      Delete
  28. yuk cari diskonan, aku paling seneng diajak nyari diskonan , apalagi di toko online

    ReplyDelete
  29. bener nich, jangan mupengan. Good luck kompetisinya ya Mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaalo mupeng-an, nti duit cepet abis hehehe

      Delete
  30. haduuh tanggal tua tuh emang yaa bikin sakit badan mendadak meriang, untung ga punya stroke maak hihiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iih.. jangan sampe dong mak Nchie hehehe

      Delete
  31. Paling susah untuk tips nomor satu, karena semakin diredam justru semakin ingin :p
    Btw terima kasih telah berkunjung ke blog saya sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin diredam semakin membara ya hehehe..
      sama2 sudah berkunjung kesini juga :)

      Delete
  32. Biar ga mupeng kalau saya ya jangan klik Toko online, langsung scroll cepet2 kalau ada foto makanan. #kekepdompet biar rumah segera berdiri :)

    ReplyDelete
  33. Kalau tanggal muda mkan-makan mulu, tanggal tua harus puasa ya mbak Santi, hehe

    Mau dong saya dapat TTS yang ini, jadi tanggal tua ngga khawatir lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. puasa sih enggak, cuma nahannya itu gak kuku hihihi...

      Delete
  34. Jalan teruuusss.. Shopping terusss.. Kuliner teruusss.. Tanggal tua gigit jari mba hehhee.. *colek suami* good luck ya mba ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... gak lagi2 deh... tgl tuanya jadi pusiiing... :)

      Delete
  35. mau tanggal muda atau tua kalau bisa ngurus keuangan tetep bisa belanja ya mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum mba, gak makan2 enak di luar melulu hehehe

      Delete
  36. makan sini makan sana makan terus...eeh itu mah sayah banget hihihi
    semoga sukses buat lombanya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... saya juga itu mah. Makasih mba Inna :)

      Delete
  37. Di hidupku gak ada tanggal tua. Semua sama aja. :D Semoga menang, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dong kalo tgl muda terus hehe... Makasih mba Anisa :)

      Delete
  38. tanggal tua bertapa dulu..jangan lirak lirik sana sini

    ReplyDelete
  39. Tanggal tua emang membuat banyak orang kelabakan a tapi enggak buat mbak Santi Dewi... hebaatt

    ReplyDelete
  40. Kalau aku gak takut, kan ada magic com dan celengan Eh, ketinggalan, ada diskon super JEGERRRR....di mataharimall.com jugaaa....

    ReplyDelete
  41. Cari diskonan mah itu saya Mbak. Saya banget!! Haha. Sampai saking tergodanya sama diskon, beli sepatu malah sama semua, duh, mau irit jadi buntung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentang2 diskon ya, main hajar aja hehehe

      Delete
  42. Tanggal tua...siapa takut? Takut sih engga...cuma dompetnya yg ga mau diajak berani ...hahahaha... ngeri kalau ngajak istri liat diskon..takut khilaf dan kalap ...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran