Wednesday, May 25, 2016

Waktu Yang Tepat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Hai Mommies
Kayaknya sekarang waktunya yang tepat buat berbincang-bincang soal my teacher, my life, my hope and she is my beautiful daughter. Si kecil yang selalu punya banyak akal untuk setiap tingkah lakunya, si kecil yang mampu membuat seisi rumah tertawa dengan celotehnya dan si kecil juga yang mengajarkan kepada saya bahwa dia terus tumbuh dan belajar setiap saat.

Melihat dia setiap hari mengajarkan saya untuk terus bersyukur dengan kehadirannya. Bersyukur dengan pertumbuhannya yang bagus, kecerdasannya dalam bermain serta akalnya yang banyak untuk dapat memenuhi rasa ingin tahunya. Belum lagi tawa cerianya yang membangkitkan semangat di setaip celah kesusahan saya menjadi Ibu.

Mommies tahu kan, tidak mudah menjadi ibu?
Kita harus pintar mengatur segala hal, harus cekatan dalam setiap situasi dan kondisi serta harus multitasking dalam segala segi. Seperti pagi tadi, saya harus selalu bangun pagi menyiapkan sarapan, merapikan rumah dan mengurus suami untuk berangkat ke kantor. Akan tetapi saya tidak perlu takut bangun kesiangan atau tidak dapat mengerjakannya pagi-pagi karena saya memiliki alarm terbaik yang diciptakan Tuhan untuk saya, My princess.

Dia akan berlari dari kamarnya membangunkan kami, ayah & ibunya. Dan jika kami tidak bangun dia akan berteriak lalu menangis. Jika sudah begitu biasanya saya yang repot. Padahal sebenarnya itu hanya akalnya saja agar kami bangun dan mulai menemaninya bermain.

Tindakannya yang kecil seperti itu memberitahu saya bahwa setiap saat adalah merupakan waktu dalam tumbuh kembangnya. Karena tidak ada waktu yang tepat untuk mengajarkan anak segala hal, sebab mereka cepat merekam segala hal yang mereka dengar, lihat dan perhatikan. Mereka akan belajar dari kebiasaan-kebiasaan yang tercipta serta perhatian kecil yang mereka lakukan.

Bagi saya, tidak ada waktu yang tepat untuk tumbuh kembanganya karena dia akan terus berkembang sesuai dengan proposisinya. Dia akan belajar dan jika saya mengajarkan serta merencanakan masa depannya sejak dini, dia akan menjadi one step ahead kids yang hebat. Tentu hal ini akan sejalan jika saya mengetahui lebih dulu bakat yang dimilikinya. Karena itu, saya selalu memperhatikan setiap pertumbuhannya untuk mengetahui potensi dirinya.

So mommies, cerita kalian bagaimana? 


20 comments:

  1. terkadang anak-anak justru mengajarkan kita banyak hal yah Mba Santi :)

    ReplyDelete
  2. Bener banget, tumbuh kembang anak tiada akan pernah berhenti, ya, Mba. Saya mengamati dan involve di dalamnya sejak tahun 1996, kala Intan hadir di dunia, hingga kini. Dia terus menjadi guru, teman, anak juga terkadang lawan saya dalam belajar menjadi ibu yang baik dan bijak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Al, kadang kita justru belajar dari anak2. Belajar utk tdk mudah emosi dsb

      Delete
  3. Yup, seiap saat adalah saat untuk mereka - begitulah menurut mereka dan kita harus pintar2 menyiasatinya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kadang kita tdk menyadari tingkah anak sebenarnya adalah cara mereka utk mencari perhatian kita

      Delete
  4. Dulu saya sempat terkaget-kaget ketika pulang kerja, tiba-tiba anak saya sudah bisa begini sudah bisa begitu tanpa saya sadari. Kadang agak nyesel tidak mengikuti perkembangannya detik demi detik karena kami harus kerja dari pagi sampai petang, huhuu

    ReplyDelete
  5. waah keren!
    memang benar, untuk menghasilkan tumbuh kembang anak yang baik, kita perlu memperhatikan momen-momen beharga mereka ^^

    ReplyDelete
  6. Makanya saya pilih kerja di rumah agar bisa menikmati waktu tumbuh kembang mereka dengan baik. ^^

    ReplyDelete
  7. Insyaallah sebentar lagi merasakan jadi ibu, Mba, gak sabar rasanya melihat bayiku lahir ke dunia dan menemani setiap tumbuh kembangnya :)

    ReplyDelete
  8. Aku sih menikmatinya, Mba. Begitu anak lima tahun ke atas polahnya makin membuat kita berpikir.

    Hihihii... Seru sih liat tingkah mereka

    ReplyDelete
  9. Iya ya Mbak, sejatinya justru dr anak-anaklah kita belajar bagamaina menjadi orang tua yg lebih baik:)

    ReplyDelete
  10. Wah, betul sekali ini, mbak. Anak kita itu sebetulnya 'guru kecil' kita yang secara tidak langsung menjadi pengingat buat kita dengan ulah polos mereka.

    Saya ini termasuk ibu yang malas, tapi dengan anak kecil saya yang super rajin, tanggap, dan cekatan berasa saya kayak kesindir... Hihihi

    ReplyDelete
  11. Setuju sekali mbaaaak...
    Setiap tumbuh kembang anak kita haruslah dinikmati sebaik2nya :))

    ReplyDelete
  12. yes setuju one step a head mom, jadi merencanakan dengan benar, jauh-jauh hari y

    ReplyDelete
  13. setuju mbak. tapi juga suka sedih kalau ada ibu2 yang bandingin anaknya sama anak lainnya, kan padahal setiap anak perkembangan berbeda - beda, dan semua anak memiliki keistimewaan masing - masing *komen sok iyes, padahal belum punya anak* :))))))

    ReplyDelete
  14. Iya mbak, anak anak mengajarkan banyak hal yg ga terduga ya mbak. Kadang saya suka geli dan takjub dengan pola pikirnya.

    ReplyDelete
  15. sebagai orang tua kita wajib ya memantau potensinya danmemberikan dukungan

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran