Monday, June 13, 2016

Masjid dan Dunia Anak-Anak


Postingan saya tentang Masjid & Dunia Anak-Anak yang saya ikutkan pada giveaway yang diadakan oleh Om NHer, sebenarnya masih ada terusannya, maksudnya masih ada cerita lain dari saya tentang Masjid & Dunia Anak-Anak. Tapi berhubung maksimal hanya 210 kata, maka postingannya saya bagi dua. Yang satu saya ikutkan pada GA, satunya lagi saya buat postingan biasa. 


Lalu ketika saya berselancar di dunia maya, yaitu di facebook, saya membaca ini : 

****

Sarra Risman
June 11 at 2:08pm

Karena ayah saya tidak bs posting weekend ini, maka sy berinisiatif menggantikannya untuk hari ini saja. Kebetulan akhir2 ini banyak yg nanya ttg membuat anak cinta masjid. Mrk mau anaknya ikut ke masjid, tp lgs di bawa untuk tarawih. Gk msk akal.
 Anak2 sy udh di 'gotong' ke masjid sjk 2.5th. Kl ayahnya gk bs, kakeknya. Anak2 di bw ke masjid di saat wkt shlt yg 'lengang' dulu, spt dzuhur dan ashr. Stelah sukses tdk lari2, tenang dan tdk mengganggu jamaah lain, br di bawa ke wkt shlt yg lbh 'ramai'...maghrb dan isya. Setelah berminggu dan berbulan2 sdh tenang, br di bw ke wkt shlt yg sdikit relatif lbh panjang, yaitu jumatan. Knp jumatan dulu sebelum tarawih, krn jumatan kan stiap minggu, sedangkan praktek tarawih kan kudu nunggu moment setahun sekali. Lagipula kan kl jumatan, yg bikin agak lama itu khutbahnya. Walaupun tdk blh bicara, tp ayah/kakek/Om bs menahan dg tangan agar anak yg di bawa nya tdk lari dan bercanda2. Sedangkan kl tarawih, org dewasa nya akn terus shlt.. Sehingga anak yg di bawa akan lbh susah di kontrol.

Stelah si abang tk, kakek nya yg menjemput ke skolah, dan dr situ lgs ke masjid. Dia dibiasakan dg atmosfer masjid sebelum wkt shlt tiba, jd gk dtg pas shlt. Sambil menunggu adzan, kakeknya bs menjelaskan atau cerita macem2 yg berhubungan dg masjid. Misalnya sejarah bgmn adzan di kumandangkan, cerita ttg bilal bin rabah, atau apalah. Br shlt. Jd ada prolog yg menyenangkan dan child-friendly. Belum kalau pulang nya hujan, mrk akan bersama2 menunggu reda atau menembusnya sambil main hujan.

Pengalaman ke masjid beragam rupa, mulai dr anaknya ketiduran saking khutbahnya kelewat panjang jd si kakek gk bs pulang2. sampai anaknya pipis di karpet mushalla. Kakeknya smp malu dan Hrs membayar biaya pencucian karpet ke marbotnya. Krn kejadian ini, anak kedua kadang di paksa pake pampers kl msh dlm jangka wkt bbrp bulan dr toilet training nya, khwtr mengikuti jejak abangnya. Juga kejadian kakek2 yg sk marah2 kl ada anak yg tdk khusyuk shalatnya. Sampe si adik ketakutan ke masjid krn ada kakek yg suka nyelepetin anak yg berisik dg sajadah nya. Walau yg berisik bkn anak saya, smp skrg nama masjid itu jd masjid 'kakek keprek2' untuk anak sy, bkn masjid alhuda.

Kini, krn sdh tinggal jauh dr kakek, dan ayahnya kerja smp jm 5, ibunya yg kena. Sepulang skolah stop dulu di masjid, nunggu ashr berjamaah. Si adik jd 'terpaksa' di boyong jg. Semakin usia besar.. 'instalan sblm adzan' nya tambah kompleks dan berbeda. Kini setelah SD, dikenalkan tahiyatul masjid dan rawatib sblm shlt wajibnya. Dijelaskan bhw anak muda yg mengikat hatinya di masjid dijanjikan naungan allah di akhirat sana. Saya jg bercerita kepada mereka bagaimana wkt sy balita, istiqlal adlh taman bermain sy. Smp besar, sy tetap 'di geret' ke masjid yg jarak nya 20km di gelapnya musim dingin Florida bagian utara. Dan itu satu2nya masjid di kota itu, dan sy SMP kelas 3! Pdhl kami tiga bersaudara perempuan semua. Belum kalo ramadhan, kami brgkt ke masjid dr ba'da ashr smp tarawih stiap harinya, berbuka disana krn ibu sy bergantian dengan ibu2 lain utk masak makanan berbuka.

Cinta masjid adlh proses yg panjang, ibu, bapak. Gk bs instant dan segera. Bkn hanya anak laki2, tp anak perempuan juga. Krn walau kl anak perempuan saya tau utama nya di rumah, tp kelak kan mereka diharapkan pny anak laki2 pula.belum tentu suaminya sempat membawa anak laki2 nya ke masjid walau hanya sekedar solat isya. Kl dulu ibunya tidak dibawa2 ke masjid, mana kepikiran harus berinisiatif membawak anak laki2 nya kesana? Andaikan ayah sy tdk menggeret sy dulu, bgmn sy bs cerita?

Kita masya allah tinggal di negara yang adzannya bersahut2an, dan jarak masjid dr rmh tidak seberapa. Seharusnya mengajarkan anak-anak kita cinta masjid, jauh lebih mudah dr apa yg di lalui ayah dan ibu sy. 

Tp jgn demi anak cinta masjid, jd mengganggu org lain ibadah. Itu kenapa ga bs anak di bawa tarawih serta merta. Ada setahun ke dpn utk latihan agar di ramadhan berikut nya anak bs tenang di bw ke masjid, kl skrg blm bs. Tp hanya orgtua yg cinta masjid yg bs menurunkan cinta itu kepada anak2 mereka. Jd sblm anda sibuk membuat anak anda cinta masjid, pastikan anda dulu yg cinta.
‪#‎sarrarisman

****

Diatas adalah postingan Sarra Risman, yang saya pikir masih ada hubungan (mungkin putrinya) dengan Bu Elly Risman pakar parenting, psikolog dan konsultan.

Masih bercerita tentang Masjid dan dunia anak-anak, saya pun punya cerita ketika Farras sedang giat-giatnya ke Masjid. Farras sudah paham dan mengerti kalau di Masjid itu tidak boleh bercanda, ribut dan mengganggu yang lain. Farras kalau ke Masjid biasanya bareng dengan teman-temannya menggunakan sepeda. Suatu hari, seperti biasanya Farras ke Masjid. Di dalam Masjid memang ada anak yang selalu membuat rusuh. Maka ketika sholat sudah dimulai, ributlah barisan anak-anak karena bukannya sholat malah bercanda, mengganggu temannya yang lain yang sedang sholat. Karena Farras masbuk, maka ketika sholat sudah selesai, ada Bapak-Bapak (mungkin pengurus Masjid), yang menarik tangan Farras ketika dia masih sholat (kata Farras padahal tinggal satu rokaat lagi) dan memarahi Farras dan teman-teman Farras. Sementara yang merusuhi sudah kabur. Pulanglah Farras dengan raut wajah yang keruh. Lalu saya tanya, "Kenapa Farr?" Awalnya Farras hanya diam sambil geleng-geleng (mengisyaratkan tidak ada apa-apa), tapi sikapnya menandakan bahwa 'pasti ada apa-apa'. Setelah ditanya lagi, akhirnya Farras bercerita pada saya dan suami sambil menangis terisak-isak. Setelah selesai bercerita, Ayahnya tanya : "Kenapa mesti nangis?" Farras menjawab : "Farras kan gak salah, kenapa Farras yang dimarahi?" Ayah menjawab : "Yang dimarahin kan bukan cuma Farras, tapi teman-teman Farras yang lain juga." Farras menjawab : "Iya, tapi Farras kan gak salah, mana Farras lagi sholat, main tarik-tarik aja..." Lalu suami saya berkata : " Ya udah... lain kali, kalau sholat jangan bareng sama anak-anak, masuk aja di barisan Bapak-Bapak. Jadi kalau ada yang bercanda, Farras gak kena marah. Besok sholat lagi di Masjid ya, berani gak?" Farras pun menganggukan kepalanya.

Anak-anak yang membuat keributan di Masjid memang sangat mengesalkan dan menjengkelkan. Namun sebaiknya ketika anak-anak membuat keributan, jangan langsung dimarahi. Berilah nasehat terlebih dahulu. Kalaupun sudah pernah berkali-kali dinasehati tapi tetap membuat keributan, jangan langsung memarahi setiap anak yang sholat disitu. Bisa jadi kan, tidak semua anak berbuat gaduh. Ada anak yang memang ingin sholat di Masjid dengan serius, malah kena imbas kemarahan, sementara yang berbuat gaduh sudah tak ada di dalam Masjid, seperti kejadian yang Farras alami. 

Hal ini memang bukan hanya tugas penjaga Masjid atau Bapak-Bapak yang sedang sholat di Masjid untuk menegur anak-anak yang ribut. Yang paling utama adalah tugas orang tua yang menekankan pentingnya bersikap dan bertingkah sopan ketika berada di dalam Masjid. Jangan sampai karena pernah dimarahi, anak-anak jadi tidak mau lagi sholat berjamaah di Masjid. Anak-anak adalah penerus pengisi Masjid di waktu mendatang, untuk itu sangat penting mengajarkan cinta Masjid pada anak-anak. Ketika kita tua nanti, penerus yang mengisi Masjid adalah anak-anak kita. Kalau anak-anak tidak diajarkan untuk mencintai Masjid, siapa nanti yang akan mengisi Masjid?

Supaya anak-anak tidak membuat gaduh saat sholat berjamaah di Masjid, anak-anak harus dibuat untuk bisa mencintai Masjid. Dan seperti kata Ibu Sarra Risman diatas, bahwa mencintai Masjid adalah proses yang panjang buat anak-anak, gak bisa instan. Dan itu adalah tugas kita sebagai orang tua. Cara mencintai Masjid sudah diberi contoh oleh Bu Sarra Risman di atas, dengan membawa anak-anak sholat di Masjid di waktu sholat yang jamaahnya biasanya sedikit. Dan saya rasa, teknik tersebut bisa berhasil membuat anak-anak mencintai Masjid, yang pastinya tidak akan membuat kegaduhan di dalam Masjid.


10 comments:

  1. memang harus dari kecil anak2 diajarkan pergi ke masjid...

    makasih share nya mbak

    ReplyDelete
  2. kasihan Farras. betul, nak. masuk ke jamaah bapak-bapak aja.

    ReplyDelete
  3. Kadang mmng gitu mbak.. Ada anak yang dia dah bisa anteng..eh..sebelahan ma anak2 yang msih becanda. Trus digodain. Rame deh. Giliran kena marah...semua kena..

    Untuk tipikal yang suka marahin..di tempatku ada dua golongan mbak. Ada satu bapak, sabar..klo liat anak rame, anaknya diajak keluar...trus bilangin pelan..tapi ada ibu2...ngerasa sholatnya keganggu..langsung marah2

    ReplyDelete
  4. anak saya belum saya ajak ke masjid buat shalat tarwih Mba, takutnya mengganggu jamaah lain atau dia rewel dan kepengen pulang sedangkan sayanya masih mau shalat..
    saat ini kami mengenalkannya pada masjid pada hari jumat ajah saat papa dan pamannya pergi shalat jumat. Alhamdulillah dia menikmati kegiatan ini dan selalu semangat setiap kali diajak shalat jumat :)

    ReplyDelete
  5. Bagaimanapun, anak-anak jg berproses menjadi jamaah masjid yang baik dan nggak mengganggu. Tapi begitulah anak-anak Mbak :) Semoga Farras tetap semangat ke masjid ya :)

    ReplyDelete
  6. aku juga terpikir untuk ngajakin anakku ikutan shalat di mesjid mbak, walaupun masih 19 bulan, tapi dia udah paham kalo org shalat dan sering banget ikutan shalat juga

    ReplyDelete
  7. anak2ku juga kubiasain ke masjid mba..hmm musholla yang deket rumah/di komplek sih. tp mrk mmg masih punya alasan yg blom lurus. krn sholat di sana seru ketemu temen2 hbs sholat langusng pd main...
    tp setidakny mrk kenal dulu sm mushola atau masjid.
    ramadhan ini hmapir sellau kami tarawih di masjid (di luar komplek) dan mrk mau ikutan...mulai bs mendnegarkan ceramah kultum.
    smoga lama2 makin cinta masjid

    ReplyDelete
  8. anakku kalau ke mesjid selalu semangat.katanya ya itu alasannya bisa ketemu teman2. saking sukanya sama teman main lari2an.nanti ada bapak2 yang marahin baru deh pulang ngadu :)

    ReplyDelete
  9. Betul banget. Sering aku mikir, anak2 yg kyk cacing kepanasan ini ortunya mana? Kalau waktu TPA ya mungkinlah tanpa ortu tapi jam sholat, apa ortunya nggak ikut ke mesjid juga? Ngatur anak2 di jam sholat bukan tugas pengurus mesjid tapi kewajiban masing2 ortu. Semangat ya Farras.

    ReplyDelete
  10. anak-anak udah bisa ke masjid sendiri skr lebih enak

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran