Monday, August 08, 2016

Konsultasi Kesehatan Anak, ke Konsula Aja....


Sebagai seorang ibu, pasti akan panik ketika anak sakit. Apalagi jika anak kita sakit secara tiba-tiba atau mendadak. Mendadak demam di tengah malam misalnya. Atau tiba-tiba anak kita kulitnya gatal-gatal tanpa kita tahu apa penyebabnya. Jangankan ibu yang memang panikan seperti saya, ibu-ibu yang memang dasarnya tidak panikan pun pasti akan merasa resah dan gelisah (kayak lagu aja :D ) ketika anak sakit. Jangankan sakit yang perlu penanganan serius, sakit yang sembuhnya hanya dengan istirahat aja, tentunya akan merasa gundah.
Tapi nih... bukan hanya ibu-ibu aja lho... yang suka panik kalau anak sakit, para ayah juga ada yang panikan, seperti suami saya. Anak saya kalau kulitnya lecet aja, cerewetnya melebihi dokter kulit hihihi... (piss ayah) :D Nasehat dan petuahnya bikin kuping 'ngueng-ngueng' hehehe....

Lalu apa yang harus kita, sebagai orang tua lakukan ketika anak tiba-tiba sakit? Sementara kalau mau periksa ke dokter praktek harus menunggu sore atau malam hari, belum antrinya yang panjang, untuk ke RS harus antri berjam-jam. Dan apa pula yang harus para orang tua lakukan ketika anak sakit, tapi hanya ingin sekedar konsultasi aja? Misalnya nih, ketika anak kita punya seperti koreng, akibat digaruk-garuk tangan anak yang kotor dan garukan yang keras, sehingga meninggalkan luka yang akhirnya mengoreng?

Seperti kejadian yang baru saja saya alami hari Minggu kemarin, tiba-tiba saya lihat di belakang telinga anak saya ada luka, seperti koreng. Saya kaget dong... Lalu saya tanya sama anak saya, ini kenapa? Anak saya cuma geleng-geleng. Setelah saya periksa, sepertinya luka di belakang telinga anak saya hasil dari garukan tanpa anak saya sadari. Mungkin ketika dia tidur, tanpa sadar dia garuk-garuk telinganya sehingga menimbulkan luka. Kalau langsung ke dokter kan gak mungkin lha ya... ini kan hanya luka biasa aja, tapi kalau didiamkan saja khawatir infeksi, dan juga ini hari Minggu, dokter pasti pada tutup. 

Jangan khawatir, sekarang ini, kalau kita ingin konsultasi, ingin daftar ke dokter tanpa lama menunggu, atau hanya ingin chat dulu dengan dokter, ada layanan yang namanya Konsula. Apa sih Konsula itu? Konsula merupakan direktori dokter #1 di Indonesia, pelopor layanan pembuatan janji dan konsultasi dengan dokter atau tenaga profesional kesehatan lainnya secara online. Jadi... jika ingin Konsultasi Kesehatan Anak, jangan ragu untuk mendatangi/menghubungi Konsula.

12 comments:

  1. emang bener ya kudu bener2 ini cari informasi diinternet dengan tepat. kalau nggak malah nyesatin..untung ada konsula ya bisa konsultasi dulu

    ReplyDelete
  2. aku juga lebih suka tanya langsung ke dokter via sms atau WA coz kalau gugling kadang bingung yg bener yg mana -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang info hsl googling itu gak semuanya bener

      Delete
  3. terima kash infonya mbak, wah ini berguna banget apalagi yg punya anak kecil. Kadang suka panik kalau anak sakit ya

    ReplyDelete
  4. wah baru tahu... mau lihat ah. tfs yaa

    ReplyDelete
  5. Biasanya selain info dari Internet, aku pun suka tanya teman-teman atau saudara dan kolega yang sudah pernah jadi pasien atau punya pengalaman dengan dokter-dokter tertentu :)

    ReplyDelete
  6. kalau kepepet and blm. bs ke dokter oke juga ya mb bs ke konsula dl. at least dpt info sementara yg ngurangin paniknya yah

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran