Wednesday, September 14, 2016

Bandung Sebagai Kota Kenangan

Bandung, sebagai ibukota Jawa Barat, mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan. Dulu... kota Serang masih dalam wilayah Jawa Barat. namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dan Serang menjadi ibukota dari Provinsi Banten.



Tidak kita pungkiri bahwa Bandung adalah kota wisata dan kota kuliner. Saya sendiri senang sekali jika bisa mengunjungi Bandung, karena lidah saya akan dimanjakan, begitu juga dengan mata saya. Tempat wisata yang ada di kota Bandung dan sekitarnya bisa memanjakan mata dengan pemandangan-pemandangannya yang indah, makanannya juga bisa melenakan lidah kita. Bahkan, makanan-makanan yang 'berlabel' Bandung, dan berasal dari Bandung, di Serang pun banyak dan menyebar. Sebut saja batagor Bandung, cireng Bandung, es campur Bandung, sop buah, seblak Bandung, tahu Bandung dan lain-lain. Dan semua makanan tersebut, adalah jajanan favorit orang-orang Serang :) Sepertinya memang ikon Bandung sudah menjadi bagian dari kota Serang, karena mungkin pengaruh dari lamanya Serang berada dalam wilayah Jawa Barat. Bahkan dulu bahasa yang banyak digunakan di bagian kota Serang, banyak yang menggunakan bahasa Sunda. Bahasa Jawa Serang-nya sendiri, jarang digunakan. Saya sendiri lebih bisa menggunakan bahasa Sunda dibanding bahasa Jawa Serang. Namun untuk di daerah perkampungan (desa), lebih banyak yang menggunakan bahasa Jawa Serang. Saya pun sering mendengar bahasa Jawa Serang dari para tukang kue yang sering menjajakan kue-kuenya dengan berjalan kaki yang berasal dari kampung-kampung atau desa-desa yang ada di pelosok kota Serang. 

Banyak tempat wisata yang ditawarkan oleh kota Bandung. Dulu... tempat wisata di Bandung yang familiar di telinga saya adalah Tangkuban Parahu. Namun sekarang, selain Tangkuban Parahu, tempat-tempat wisata lainnya pun sering saya dengar. Pernah sempat mengunjungi Lembang ketika kuliah, menginap di Ciwidey dan jalan-jalan ke kawah putih bersama teman-teman suami plus keluarga, yang dinginnya ampun-ampunan :) pernah study tour ke SMA 3 Bandung sewaktu saya masih sekolah, dan jalan-jalan di kota Bandung, pernah ke Transstudio Bandung, dan tempat lainnya yang saya sudah lupa, tapi tidak akan bosan jika harus kesana lagi :) 

Bandung attractions memang pantas sekali untuk dikunjungi dan dirindukan. Karena memang setiap kali berkujung ke Bandung, pasti akan kangen untuk mengunjunginya kembali :) Saya sendiri pun akan selalu semangat jika harus berkunjung ke Bandung :) Udaranya yang dingin, makanannya yang enak-enak dan tempat wisatanya yang indah-indah, membuat Bandung akan selalu dikenang :)

Bagaimana dengan teman-teman, pernahkah mengunjungi kota Bandung? Punyakah kenangan indah dan akan selalu dikenang dari kota Bandung? :)

18 comments:

  1. terakhir saya ke Ciwidey :) yg plg dikenang di kota Bandung adalah banyak temoat makan enak & masih banyak rumah2 tua yg cantik utk dilihat (maksudnya difoto, heheheh)

    ReplyDelete
  2. bandung jg kota kenangan buat saya, 5 th di bandung buat sekolah bnyk kenangan manis dan pahitnya

    ReplyDelete
  3. Bandung, semua kenangan tersimpan rapat di kota itu :)

    ReplyDelete
  4. Bandung, selalu membuat kangen, kemarin, sekarang dan selamanya

    ReplyDelete
  5. Bandung adalah kota yang selalu penuh cerita. Mulai tempat dilahirkan (meski nggak besar di Bandung), ketemu jodoh dan menemukan jati diri (eaaaaa)

    ReplyDelete
  6. Lama.ga ke Bandung lagi...
    Dulu ga kuat dingin nya

    ReplyDelete
  7. Yuk ke Bandung. Sekalian kopdar, kita berwisata dan kulineran. :)

    ReplyDelete
  8. Selain kota kota dan cafe ternyata di bandung juga banyak raftingnya juga ya bu, keren jadi pengen main air lagi, kemarin soalnya jg hbs main rafting ke progo

    ReplyDelete
  9. mbaaaaak,
    kapan atuh ke Bandung, buruan nanti aku traktir makan bakso ceker langgananku yang nendang banget! hahaha..

    ReplyDelete
  10. Kenanganku di Bandung juga banyak mba. Jadi pengen ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  11. Kenanganku di Bandung juga banyak mba. Jadi pengen ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  12. Beberapa kota besar sudah saya datangi, kecuali Bandung. Sebenarnya sudah lama ingin ke Bandung, tapi belum ada acara yang tepat. Semoga suatu saat segera bisa ke Bandung :)

    ReplyDelete
  13. PEnasaran sama Saung Mang Udjo, saya. Pengen liat dari dekat ...

    ReplyDelete
  14. Wah kalau bandung mah jangan ditanya deh. Perubahan cepet banget disana. Selalu ada yang baru. Trend setter kayaknya kalo mbandung mah.

    ReplyDelete
  15. udah lama ga ke tangkupan perahu, padahal ana2 ngajakin juga

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran