Thursday, September 08, 2016

Metode Pembayaran Belanja Online


Trend belanja online sekarang ini semakin menanjak. Banyak orang yang lebih nyaman belanja secara online dibanding mengelilingi mall. Toko-toko online pun menjamur, memberikan berbagai macam kebutuhan hidup. Kebutuhan pangan, sandang bahkan papan bisa kita dapatkan melalui toko-toko online. Bahkan mungkin dari kita-kita ini, sudah memiliki toko online langganan sendiri yang bisa memberikan kepuasan tersendiri. 

Tentunya sebagai konsumen, dalam berbelanja, kepuasan adalah yang utama. Tak sedikit pula produsen, dalam hal ini toko online yang dengan maksimal memberikan kepuasan kepada konsumennya, supaya konsumen puas dan tidak 'lari' darinya yang akhirnya setia berlangganan pada toko online-nya.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan produsen untuk para konsumennya adalah dalam hal metode pembayaran. Kalau dulu, sewaktu toko-toko online belum menjamur seperti sekarang ini, metode pembayaran belanja online yang sering digunakan adalah metode pembayaran dengan cara transfer. Ada yang transfer langsung melalui bank secara antri melalui teller, ada yang menggunakan cara transfer uang di ATM. 

Namun seiring perkembangan toko online, metode pembayaran belanja online pun semakin beragam. Setelah cara transfer uang di ATM, metode pembayaran dengan cara COD pun menjadi idola para konsumen pengguna toko online. Lalu ada juga metode pembayaran belanja online dengan menggunakan paypall. Biasanya pembayaran dengan menggunakan paypall dilakukan di marketplace asing. Jika ingin menggunakan paypall, silahkan membuat akun paypall dengan menyebutkan kartu kredit atas nama sendiri. Selain itu, ada juga toko online yang menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Selain metode pembayaran belanja secara online dengan cara :

1. Transfer
2. COD (Cash On Delivery)
3. Paypall
4. Kartu Kredit
Ada juga metode pembayaran belanja online dengan cara :
5. SMS Banking
6. Internet Banking

Tapi untuk saya sendiri, metode pembayaran belanja online yang sering saya lakukan adalah menggunakan cara transfer uang di ATM atau dengan cara COD. Untuk paypall saya tidak memiliki akunnya. Sebenarnya untuk paypall, saya pernah membuatnya, hanya saja berhubung saya tidak memiliki kartu kredit (saya pernah punya pengalaman tak mengenakan waktu punya kartu kredit, akhirnya sampai sekarang saya gak pernah punya lagi kartu kredit), maka paypall saya tidak bisa dilanjutkan. Gak masalah. Masih banyak metode pembayaran yang lain jika saya ingin belanja secara online. Hanya saja, jika saya mendapat tawaran job yang metode pembayaran fee-nya menggunakan paypall, mati kutu saya hahaha... Paling saya pinjam paypall punya teman hihihi.... Untuk SMS Banking, saya tidak pernah menggunakan metode ini karena handphone saya sudah beberapa kali di install ulang, otomatis SMS banking ikut terhapus, dan untuk meng-install ulang bawaannya malas dan kadang lupa (jangan ditiru ya... :D ). Sementara untuk internet banking, saya sering salah masukin password, yang akibatnya internet banking saya diblokir, dan saya malas untuk mengurusnya langsung ke bank. Antri di customer service-nya itu gak ku-ku deh.... hehehe Bagaimana dengan teman-teman, metode pembayaran belanja online yang manakah yang teman-teman sukai? :D

9 comments:

  1. aku kalo barang elektronik juga lebih nyaman pake sistem cod... karena suka ngasih syarat harus boleh ngecek barangnya dulu rusak atau cacat apa nggak. Tapi kalo yang lain aku transfer atm aja.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya lebih sering yang nomor satu dan dua.

    ReplyDelete
  3. Ternyaman...COD mbak... Ada barang, uang baru keluar. Menghindari tipu-tipu... *takut ktmu lapak fiktif

    ReplyDelete
  4. Kalo ibu saya maunya cod mlulu mba hihiii.. Yg terakhir klo aku paling bisa dan suka, praktis dari mana ajaaa, asal bawa token :D

    ReplyDelete
  5. Paling gak suka tuh ya kalo bayar belanja onlen pake cc. Pernah barangnya gak sampe, tagihannya tetep jalan. Bah! Paling enak itu emang COD sih.

    ReplyDelete
  6. cod itu paling aku suka praktis

    ReplyDelete
  7. Wuah sama banget mbak santi sama aku, aku biasanya pake atm transfer tau gak COD hihihi, kalau CC paling buat pesen hotel aja itupun pake CC suami :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran