Friday, September 30, 2016

Musik dan Manfaatnya

Saya suka menyanyi dan mendengarkan musik. Sewaktu sekolah dulu, seneng banget nyanyi-nyanyi sendiri (apalagi di kamar mandi :D ). Ibu saya bilang, sewaktu kecil, tiap bangun tidur, saya pasti nyanyi-nyanyi centil sambil joget-joget di depan cermin hihihi... buka kartu. Bahkan pernah bercita-cita menjadi penyanyi hahaha... *tutupmuka* Namun sekarang ketika sudah berkeluarga dan memiliki anak, pelan-pelan, sedikit demi sedikit, saya jadi tidak sering lagi mendengarkan musik. Sekarang ini mendengarkan musik hanya di kantor sambil bekerja. Bahkan untuk nyanyi-nyanyi di kamar mandi pun sudah tidak lagi. Inget umur kali ya... wkwkwkwk... Padahal, suami saya pun menyukai musik. Suami saya bisa memainkan alat musik diantaranya gitar, dan harmonika. Tapi memang kalau sedang suntuk, suara musik mengalun dari dalam rumah kami. Atau suami genjrang-genjreng memainkan gitarnya. 

Kalau dipikir-pikir, sepertinya setelah saya menikah dan tinggal di rumah mertualah yang membuat saya tidak lagi sering mendengarkan musik dan menyanyi. Sewaktu di rumah sendiri, saya masih sering mendengarkan musik, mungkin hampir tiap hari. Bahkan dulu waktu masih ngekos juga tiap hari saya mendengarkan radio, walaupun dari tape yang sudah jelek :) Hingga akhirnya sampai sekarang ini, saya jadi terbiasa tak mendengarkan musik lagi di rumah. Tapi saat saya hamil, saya masih suka mendengarkan musik klasik, alih-alih untuk bayi saya, ternyata saya menikmatinya juga. :)

Padahal mendengarkan musik juga memiliki manfaat ya... Hati kita bisa terbawa suasana dan emosi dari sebuah lagu atau musik. Terkadang kita memilih lagu berdasarkan suasana hati. Ketika hati kita sedang riang, musikpun musik yang gembira. Ketika hati sedang sedih, maka biasanya kita akan mendengarkan musik yang melow. Atau malah mungkin sebaliknya ya... tergantung selera dan suasana hati masing-masing sih, hehe...


Musik bisa meningkatkan mood atau suasana hati. Musik bisa kita jadikan sebagai mood booster, musik juga bermanfaat untuk membantu kita berkonsentrasi dan fokus, musik juga membantu melepaskan stres.

45 comments:

  1. Sama, Mbak. Setelah punya anak2, saya juga makin jarang dengar musik. Penyanyi2 baru sekarang juga banyak yg tidak kenal. Kecuali dia heboh banget bikin sensasi. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. neng adminnya kemana nih...pasti begitu nongol, alesannya sibuk offline....huh

      Delete
  3. setelah nikah, genre musik saya jadi berubah genre-nya koes plus karena suami paling suka muter lagu koes plus di rumah. Alhasil anak-anak juga jadi hapal lagu-lagunya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... musik koes plus udah gak pernah saya putar lagi :)

      Delete
  4. Musik suka sih..tapi sekarang udah agak jarang. Dulu mah saya suka musik yang melow..

    ReplyDelete
  5. Musik juga kesukaan saya mbak malahan saya sehari saja hampir belum pernah tanpa mendengarkan musik selalu saja pengen ngemusik dan ternyata ngemusik juga tidak merugikan dan malah ada manfaatnya ya muantappp.

    ReplyDelete
  6. Kira2 ada widget yang bisa ditaro di blog untuk streaming lagu2 favorit ga ya

    ReplyDelete
  7. Hidup Tanpa Musik Adalah Kekeliruan (Frederich Nietzche)

    ReplyDelete
  8. Musik itu semacam, bantuan kala mood buruk melanda

    ReplyDelete
  9. Bagi saya, musik bisa jadi sumber inspirasi. Apalagi kalau sampai baper gitu :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, musik juga bisa jadi sumber inspirasi menulis ya mba Hana...

      Delete
  10. setiap hari saya pasti mendengarkan musik Mba :)
    bagi saya, musik itu membawa ketenangan dan meningkatkan kosentrasi, apalagi kalo dengarnya sambil mengetik blogpost :)

    ReplyDelete
  11. KAlo sambil ngeblog, dengar musik, nggak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang sambil denger musik, kadang enggak. Tapi kalo sambil ngeblog, enaknya musik instrumental ya... :)

      Delete
  12. Saya kalau nyanyi, kecoak aja mungkin pada kabur, tapi kalau utk mendengarkan musik sangat suka, dulu waktu jd anak sekolahan dan blm menikah, musik jadi teman setia saat malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... saya seringnya denger radion di tempat kost :)

      Delete
  13. Saya suka sekali mendengarkan musik, terutama lagu-lagu lama, meski saya tidak begitu bisa menyanyi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagu2 lama memang everlasting ya pak... :)

      Delete
  14. setuju mba santi kalau sambil kerja juga kalau dengerin musik jadi asik :D

    ReplyDelete
  15. Satu lagi Bu ...
    Musik membuat kita menjadi mudah bergaul dengan percaya diri
    (pengalaman pribadi )(hehehe)

    Salam saya

    ReplyDelete
  16. Aku kalau lagi nge-draft postingan atau BW pasti sambil dengerin musik pake headset mbak, biar moodnya tambah asyik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sambil ngedraft, denger musik, malah jadi ikut2an nyanyi :)

      Delete
  17. saya udah lamaa banget gak dengerin musik Mbak, palingan kalau bener-bener pengen bangat dan rindu, saya puter sesekali, itu pun bisa di hitung berapa banyak. Makin ke sini udah makin ninggalin kebiasaan dengerin musik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditinggalin sih enggak kalo saya, tapi udah jarang aja... :)

      Delete
  18. kl lg susah konsen, aku justru perlu dengerin musik :) Cuman kl volumenya poll, dipanggil2 sm bos jd gak denger deh :))))

    ReplyDelete
  19. Ia musik emang banyak gunanya, tapi kalau lagi butuh konsen pake musik gak bisa. Beberapa temen malah bisa

    ReplyDelete
  20. dunia tanpa musik bagaikan seorang remaja dewasa yang jomblotragis, hidup menjadi sangat hambar dan tiada berguna hidup pun, sama dengan musik juga begituh

    ReplyDelete
  21. Saya pernah denger dari salah seorang teman.

    jangan terlalu banyak mendengarkan 'musik', karena mungkin musik itu bisa menutup hati.

    Kalau shalat pun kadang lirik lirik musik suka kebawa-bawa.

    Sampai saat ini Alhamdulillah walaupun masih dengerin tapi musiknya Islami, bukan musik yang teriak-teriak gak jelas (apalagi musik barat). hehe

    ReplyDelete
  22. bener banget, mendengarkan musik bisa jadi pelepas stres setelah kerja juga membantu kita lebih bersemangat saat sedang bekerja :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran