Friday, October 14, 2016

4 Tips Memilih Agen Travel Yang Tepat Untuk Liburan

Sumber : icebluesafari.com


Sudah menjadi hal umum bagi kita semua untuk menyambut tanggal merah dengan rencana liburan. Beberapa destinasi pun dilirik menjadi referensi. Dan, untuk mencapai kepuasan tinggi dalam menikmati liburan, tidak jarang perencanaan liburan pun disiapkan dari jauh-jauh hari, entah dari spot wisata apa saja yang dapat dikunjungi di destinasi kota yang dituju, hotel berbintang hingga resort terbaik untuk menginap, waktu dan juga harga tiket transportasi satu dengan lainnya, hingga kuliner khas apa yang bisa dicicipi.

Tapi tahukah teman, bahwa untuk mendukung perjalanan liburan yang menyenangkan dan sesuai keinginan, kita pun perlu mencermati hal-hal lainnya yang juga utama, seperti cara kita reservasi tempat, memilih transportasi yang akan digunakan, hingga perhitungan biaya untuk bisa mencakup seluruh spot wisata yang tercantum dalam list wisata kita. Jika secara keseluruhan kita mampu mengaturnya secara rapi dan tepat, tentu itu tidak akan menjadi masalah. Namun, ketika itu adalah kali pertama kita berlibur ke suatu destinasi, tentu saja kita membutuhkan orang lain yang dapat memberikan informasi lengkap agar kita dapat menyiapkan budget yang sesuai.
Nah, sebelum menghabiskan banyak waktu menghubungi orang-orang sekedar sharing pengalaman liburan mereka ke destinasi terkait, sepertinya ada baiknya juga jika kita melirik jasa Online Travel Agent atau biasa disingkat OTA. Pihak OTA biasanya yang akan mengatur perjalanan liburan kita secara lengkap mulai dari transportasi, konsumsi, rute menuju spot wisata yang bisa dikunjungi, yang mana tentunya semua rangkaian acara liburan bisa kita sesuaikan dengan budget kita. Asyik bukan? Dengan begitu, kita tinggal menikmati perjalananannya saja.
Namun, sebelum buru-buru menghubungi pihak OTA, kita perlu jeli memilih OTA yang terbaik untuk perjalanan kita di antara sekian banyak OTA yang terlihat berkualitas.


Berikut adalah 4 tips memilih Agen Travel yang tepat agar liburan menjadi seru dan berkesan :

1Jeli Dalam Memilih Agen Travel Mana Yang Profesional


Sumber : tangerinetravel.com

Untuk yang baru pertama kali hendak melakukan reservasi apapun itu via OTA, memang gampang-gampang sulit untuk memutuskan OTA mana yang bagus. Berdasarkan review terdahulu para traveller, Agen Travel yang baik adalah yang dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya mengenai total biaya secara pastinya, destinasi tempat/perjalanan/paket liburan, dll. sesuai kenyataannya, bukan semata-mata untuk menarik orang bertransaksi melalui Agen Travelnya. Dan biasanya, Agen Travel profesional memiliki jaringan yang luas, website yang baik dan lengkap secara data dan informasinya, juga disertai dengan layanan pelanggan untuk memastikan calon pelanggannya mudah mendapatkan kejelasan informasi, atau kita juga dapat mencari tahu (by googling atau bertanya pada teman dan kerabat) tentang review pengalaman orang lain yang sebelumnya menggunakan Agen Travel terkait.

Cara lain, Anda bisa juga meminta rekomendasi dari pihak hotel untuk mengetahui Agen Travel apa yang bekerja sama dengan mereka. Dengan mengecek secara langsung seperti ini, kita bisa tahu apakah Agen Travel terkait terpercaya dan terbukti memiliki jaringan yang luas atau tidak.

2. Tidak Langsung Tergiur Harga Murah


Sumber : travatli.ir

Harga murah, memang membuat mata melirik. Well, siapa sih yang tidak ingin untung banyak? Namun, sebaiknya tidak terburu-buru tergiur dengan penawaran paket perjalanan dengan harga murah. Pastikan dulu apakah harga tersebur sudah mencakup biaya-biaya lainnya—karena ada juga yang sengaja tidak menyebutkan biaya lainnya secara detail agar iklannya terlihat unggul dan menarik banyak pelanggan, seperti: harga tiket masuk ke setiap tempat wisata, kendaraan jemputan, snack, asuransi. 

3Memilih Agen Travel Dengan Jaringan Luas 

Sumber : byforandaboutwomen.com


Memilih Agen Travel dengan jaringan luas akan memberikan banyak keuntungan untuk perjalanan kita sendiri. Agen Travel yang memiliki jaringan kerja sama yang luas dengan banyaknya pilihan destinasi tujuan travel, transportasi, hotel, dan rental mobil, akan membantu kita lebih leluasa untuk menentukan pilihan tempat, waktu, dan kesesuaian budget.

4. Pilih Rute Perjalanan Sesuai Gaya dan Keinginan 

Sumber : brightlife.co.id

Telisik dahulu, apakah perjalanan yang ditawarkan Agen Travel sudah sesuai dengan keinginan? Sebagian orang mungkin tidak masalah apapun rute perjalanannya asalkan destinasi tujuannya secara garis besar tepat. Namun, tidak jarang juga yang kemudian merasa kurang menikmati akibat kecewa dengan rute perjalanan dan spot wisata yang dikunjungi yang ternyata kurang menarik. Alangkah baiknya jika kita ketahui dulu tempat-tempat mana saja yang ingin dikunjungi, sehingga saat memilih paket perjalanan, kita benar-benar yakin tujuan spot wisata yang diinginkan termasuk ke dalam paket yang dipilih.

Sesuaikan pula dengan cara kita ingin menikmati liburan, ada paket perjalanan dengan jadwal padat dengan kunjungan ke banyak tempat, ada juga yang menawarkan jadwal yang lebih longgar supaya di setiap tempat yang dikunjungi, kita punya lebih banyak waktu menikmati tempat wisatanya, dan mungkin juga berburu souvenir di sekitarnya.

Nah, itulah tips yang bisa dilakukan untuk memilih Agen Travel yang tepat. Hope it’ll helps, and have a nice trip..!






7 comments:

  1. bener mba, kita harus sabar dan detail lihat satu satu jangan tergiur depannya hehehe

    ReplyDelete
  2. hemm,,, cakep nih tips nya.. sangat menginspirasi..

    ReplyDelete
  3. Wah ini dia yang suka bikin deg2an kalo ada rencana traveling...cari tiket murah! Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  4. Gak terasa lagi sudah mendekati masa liburan Mbak, banyak yang butuh postingan ini :)

    ReplyDelete
  5. bentar lagi liburan sekolah nih mbak, boleh yuk liburan jga

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran