Wednesday, October 26, 2016

Cerita Farras : Farras di Banten Science Day (Kedua)


Banten Science Day : "Semua anak terlahir sebagai ilmuwan".
It's a late post. Huum, karena kegiatan ini diadakan tanggal 8-9 Oktober yang lalu, tapi baru bisa saya tulis dan posting sekarang. Telat banget kan? Tak apalah, yang penting saya sudah mendokumentasikan kegiatan Farras di Banten Science Day 2016 di blog saya ini :)

Ini adalah kali kedua Farras ikut kegiatan Banten Science Day. Yang pertama tahun 2013. Tulisannya ada di sini Farras di Banten Science Day. Sebenarnya dari tahun 2013 itu, Farras sudah menunggu-nunggu Banten Science Day lagi. Kami kira akan setiap tahun ada, namun mungkin karena banyaknya kesibukan dan lain hal, maka Banten Science Day baru bisa dilaksanakan lagi di tahun 2016 ini. Begitu mendengar akan ada acara ini, Farras sudah antusias sekali, karena memang setelah acara Banten Science Day tahun 2013 dulu baru usai, Farras sudah bilang pada saya dan ayahnya kalau nanti ada lagi acara Banten Science Day, Farras mau ikut. Ternyata memang Farras tertarik pada acara-acara seperti ini. Pertama karena acaranya semi-semi kemping gitu, kedua karena Farras memang menyukai dunia science, ketiga karena acaranya memang sangat menarik.


Seperti tahun sebelumnya, Farras ditemani ayahnya. Saya menemani Fayda di rumah. Tahun ini Banten Science Day diadakan di SMAN 1 Cinangka, Anyer. Di depan SMAN ini ada pantai Florida Indah yang pantainya bagus dan menurut cerita, di pantai ini kita bisa melihat sunset dengan indah :) Saya pernah ke pantai Florida Indah ini bareng suami, sengaja pengen lihat sunset-nya, tapi sayang, mataharinya ketika terbenam malah tertutup awan, jadi gak bisa terlihat deh sinar matahari saat tenggelamnya :( Udah jauh-jauh dari Serang ke Anyer cuma mau liat sunset, eh... malah mataharinya malu, minta ditutupin sama awan :) 

InsyaAllah, kalau tahun depan Banten Science Day ada lagi, mungkin kami akan ikut berempat :) Acara dimulai hari Sabtu siang menjelang sore. Hari pertama di sana, Farras langsung telpon saya dan mengatakan kalau Farras baru saja melihat pembedahan burung dan melihat bagian-bagian dalam katak yang bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Sepertinya ini bagian dari kelas Biologi.

Kegiatan di Banten Science Day 2016 ini terdiri dari :

1. Kelas Astronomi
2. Kelas Biologi
3. Kelas Robotic
4. Kelas Geologi
5. Lampion Pilot
6. Sainstrik

Foto milik Banten Science Day

Seru banget kan, acaranya... :)

Malam minggu anak-anak menerbangkan lampion. Hampir 100% anak-anak berhasil menerbangkan lampion, hanya ada beberapa yang tidak berhasil terbang. Untungnya cuaca mendukung, Alhamdulillah. 


video

Di akhir acara, diadakan lomba membuat rocket untuk anak-anak SMA.



Pulang dari Banten Science Day, Farras banyak bercerita mengenai astronomi dan geologi. Hmmm.... sepertinya kelas Astronomi dan Geologi berkesan buat Farras :) Apalagi di sana Farras bertemu dan berkenalan dengan anak 'ajaib' bernama Rafi. Rafi masih duduk di TK namun menguasai ilmu-ilmu astronomi dan fasih berbahasa Inggris. Bahkan ketika menjawab dan menerangkan astronomi pun menggunakan bahasa Inggris dengan lancar :)

Foto milik ibunya Rafi :)


Alhamdulillah acara Banten Science Day 2016 berlangsung lancar. Farras pun mendapat teman dan pengalaman juga pengetahuan baru yang seru. Semoga tahun depan Farras bisa bertemu kembali dengan teman-temannya di sini juga bertemu dengan teman-teman baru nanti. See You InsyaAllah next year :)

Oh iya, kata suami saya, ada Mba Anazkia di sana, teman blogger saya yang baru bertemu sekali. Semoga nanti kita bisa ketemu lagi ya mba Anaz :)



Video-video di atas milik Banten Science Day yang saya ambil dari youtube :)


Terima kasih para panitia Banten Science Day 2016 yang sudah bekerja keras untuk terselenggaranya acara keren ini :) 

31 comments:

  1. Sangat menginspirasi anak-anak ya Mbak :)
    Keren seru acaranya :)

    ReplyDelete
  2. nampaknya farras minat nih sama dunia astronomi, padahal belum tentu anak2 yang lain minat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, minat Farras memang pada astronomi, science, pokoknya yang berbau2 IPA :)

      Delete
  3. seruuu banget ya, bayar mba ikut ini?

    ReplyDelete
  4. Eh ada Kak Aip ya, awal mulanya kenal banten science day itu kalau ga salah tahun 2014 atau 2015 yang lalu, itu juga karena salah satu mentornya teman sekomunitas di pembaca buku. Dan selalu berharap, suatu hari nanti, di Bekasi diadakan kegiatan bermanfaat semacam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih... dirimu kenal sama ka Aip hehe... mungkin th 2013 ya mba, soalnya th 2014 dan 2015 kayaknya gak ada. memang pernah ikut BSD?

      Delete
  5. Wah senang sekali ya Farras ikut acara semacam ini. Kapan bulan aku ke Serang, sayang dirimu gak ikut acara jalan-jalan itu yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. acara jalan2 yang mana ya mba? adduh saya kudet nih... :(

      Delete
  6. wah asyik banget, ketemu sama kak Aip dan kawan-kawan. Dulu di Kediri juga pernah loh dan seru banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aish... ternyata ka Aip terkenal ya hihihi

      Delete
  7. seru bgd sih acranyaaa mbaakk, farras aja excited bgd tuh kayaknya ya mbk, klok ada acara begini nih di sini, aku jg bakal ngangkut keluargaku jg deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang banget farras mba... cerita ke saya ttg astronomi n geologi semangat :)

      Delete
  8. Pasti senang ya mas Farras, kegiatannya macam-macam dan seru.

    ReplyDelete
  9. whoa acaranya keren.. aku juga suka sama acara beginian.. bikin nambah wawasan.. semoga farras makin pinter yah ikut acar begini.. :)

    ReplyDelete
  10. Menarik banget acaranya.
    Anak2 menjadi bersemangat menggali science ...
    Asyiiiik sambil praktek ...
    itu mikroskop nya gede amat .. teropong apa mbak?

    Seruuu pas raktek membedah hewan ..
    Saya ngalamin dulu saat sekolah .. bedah burung, bedah katak.

    Semangaaat dek Farras .... !

    ReplyDelete
  11. Cerita ini bagus untuk menginspirasi anak lain di seluruh pelosok mba. Ada kalanya postingan ini saya bagikan di fb nanti. Semangat hehe

    ReplyDelete
  12. Farras pinter ya.. Udah besar bakalan jadi ilmuwan ini mah, semangat dek! :D

    ReplyDelete
  13. Sepertinya akan tercipta ahli astronom, nih. :D Doa terbaik untuk cita2 Farras, Mbak.

    Selamat Hari Blogger Nasional ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. waah, acara keren dan bermutu. Lomba roketnya pasti bikin anak-anak antusias banget yah, Mba. Sering-sering nih diadain, jadi anak terpacu dan mencintai ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  15. Rangkaian acaranya seru banget ya mbak..
    Klo dibuat semenarik itu..saya yakin anak2 yang awalnya memandang sains itu susah dipelajari...akan berubah. Lahirlah saintis2 handal Indonesia

    ReplyDelete
  16. Positive Activity, I Like this! Ini adalah kegiatan yang sangat bagus bagi anak-anak, bisa mngembangkan psikomotorik anak juga

    ReplyDelete
  17. Asik acaranya. Bikin anak-anak senang :)

    ReplyDelete
  18. Waaah, ini bikin anak terinspirasi dan semakin giat belajarnya :)

    ReplyDelete
  19. tadinya mau ikutan juga..tapi ga ada yg anter xizixi. padahal dah nanya2 tentang kegiqtannya k panitianya. hiks

    ReplyDelete
  20. wah asik nih acaranya sangat edukatif

    ReplyDelete
  21. Bagus ya mba, ada kegiatan kyk gni,,anak2 jd mkn nambah wawasannya,,

    ReplyDelete
  22. Asyik banget nih. Saya iri di Banten rutin ngadain Science Day tiap tahun. Farras pasti seneng banget ya. Kota saya kapan yaaaa... pindah ke Banten aja dulu gitu? Hihi...

    ReplyDelete
  23. asyik banget ada acara yang mengedukasi kaya gini ya mbak. Anak-anak jadinya bisa belajar banyak, mulai dari pembedahan burun dan lain sebagainya. Semoga di Pekanbaru juga diadakan acara seperti ini mbak.

    ReplyDelete
  24. wah, anaknya keren Mbak. semoga Faras jadi tambah semangat belajar ya, siapa tau bisa jadi Astronom. :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran