Monday, October 24, 2016

Masalah yang Sering Muncul dalam Menyewa Apartemen


Walaupun memiliki banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari sewa apartemen, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga akan menjumpai beberapa masalah dalam menyewa apartemen. Masalah yang terjadi kadang berasal dari masalah internal maupun eksternal dari pemilik apartemen. Masalah sewa apartemen ini, pastinya sangat merugikan calon penyewa. Apalagi bila masalah timbul disaat perjanjian atau kesepakatan sudah disetujui.

Kali ini, saya akan berbagi seputar masalah-masalah yang mungkin terjadi ketika akan menyewa sebuah apartemen. Berikut ini adalah masalah yang mungkin akan muncul :

1.  Menggunakan Jasa Agen

Bila kita menyewa sebuah apartemen melalui sebuah jasa agen yang mempromosikan unit apartemen, kita harus mengetahu dengan jelas pemilik apartemen. Masalah yang mungkin terjadi ialah, kadang jasa agen hanya sebagai penyalur atau perantara. Kerugian bila kita menyewa dari jasa agen dan tidak mengetahui pemilik aslinya adalah pada saat terjadi kerusakan. Biasanya jasa agen akan sulit dimintai pertanggungjawaban bila terjadi kerusakan di unit apartemen yang disewa.

2. Pemilik akan menjual apartemen ketka masih disewa

Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah, ketika kita menyewa sebuah apartemen, tapi tiba -tiba pemilik sebelumnya sudah menjual apartemen tersebut pada saat kita masih menyewa apartemennya. Hal ini membuat status kepemilikan apartemen menjadi berpindah tangan. Dalam hal ini kita harus mengetahui siapa pemilik apartemen yang baru. Biasanya kita juga harus menandatangani kontrak baru karena kepemilikan yang sudah berpindah. Namun kita juga bisa mengelak karena kita sudah memiliki kontrak resmi di awal.

3. Pelanggaran Kontrak Sewa Menyewa

Ketika kita menyewa apartemen, usahakan untuk mendapat perjanjian tertulis yang resmi. Jangan sampai hanya perjanjian dilakukan secara lisan apalagi tanpa adanya sebuah saksi. Hal ini bisa membuat pemilik ingkar janji atau tidak menepati perkataan di awal perjanjian. Jadi usahakan untuk mendapat surat kontrak penting, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

9 comments:

  1. Poin kedua serem juga ya. Saat ada yg nyewa eh dijual, gmn tuh?

    ReplyDelete
  2. Betul banget ini, ketiga masalah di atas sering muncul kalo kita mau menyewa apartment. Harus lebih teliti kalo perlu sewanya langsung ke pemilik dan ada hitam di atas putih. :)

    ReplyDelete
  3. repot kalu masih ngontrak trus pemiliknya mau jual harus pindah dengan cepat ya

    ReplyDelete
  4. Sering kejadian yang nomor 2. Seperti kontrak rumah juga ya Mbak :)
    Tetap harus waspada

    ReplyDelete
  5. poin kedua sering menimpa beberapa temen saya. ada sih yg uang sewanya dibalikin & dikasih waktu sm yg punya utk cari tempat baru... Blm pernah dgr yg smp apes mesti keluar sblm waktunya

    ReplyDelete
  6. Nah, aku pernah ngerasain tuh ngontrak rumah sih bukan apartemen, yg punya rumah mau jual rumahnya dan terpaksa pindah, nggak enak banget kalo lg situasi seperti itu

    ReplyDelete
  7. Oohhh.... begitu ya ternyata. Hhmmm...

    ReplyDelete
  8. seuju banget. Harus ada kontrak tertulis bila urusan sewa menyewa

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran