Wednesday, October 19, 2016

Variasi Harga Jual Rumah Kabupaten Bandung


Saya adalah orang Serang dan tinggal di Serang. Dan kali ini saya tidak akan membicarakan masalah harga rumah di kota saya, tapi di kabupaten Bandung.

Saya perhatikan, ada beberapa faktor mengapa harga rumah di kabupaten Bandung bervariasi. Harga rumah dijual di bandung ternyata tidaklah sama. Justru bervariasi berdasarkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Di kabupaten Bandung sendiri, variasi harga jual sebuah rumah ini lebih cenderung melihat faktor demografi apakah daerah yang rawan terkena banjir atau tidak. Sejak zaman dahulu, kabupaten Bandung adalah daerah langganan banjir sehingga harus hati-hati ketika akan membeli rumah. Jangan sampai kita menjadi korban banjir langganan setiap tahunnya. Rumah yang berdiri di lahan anti banjir di kawasan kabupaten Bandung adalah lahan emas yang bisa dijual dengan harga mahal bahkan sama mahalnya dengan harga jual sebuah rumah di pusat kota Bandung. Hal ini menyangkut ketertarikan dan ketergantungan warga kabupaten akan rumah yang anti banjir. Sebaliknya, rumah yang langganan banjir bukan hanya harga jualnya yang turun, tapi menjualnya pun sudah susah karena orang mana yang mau membeli rumah langganan banjir, saya kira tidak akan pernah ada.

Selain dari sisi demografinya, variasi harga jual rumah di kabupaten Bandung juga dipengaruhi oleh seberapa jauh jaraknya ke pusat pemerintahan setempat. Semakin dekat jaraknya, maka semakin mahallah rumah tersebut. Di kabupaten, kehormatan seseorang terhadap pejabat negara sangatlah tinggi sehingga siapa yang bisa tinggal dekat dengan para pejabat tersebut  maka akan memiliki gengsi yang lebih tinggi. jadi  buat yang hendak menjual rumah dengan posisi dengan pusat pemerintahan, maka wajar jika harganya dijual dengan mahal. Selain dua hal tersebut, variasi harga jual rumah di kabupaten Bandung juga tergantung musim, dimana saat musim lebaran maka harganya akan cenderung turun sedangkan ketika musim panen maka harga rumah disana akan cenderung menjadi jauh lebih mahal. Maka dari itu banyak sekali pertimbangan ketika seseorang hendak menjual sebuah rumah di daerah kabupaten Bandung. Mereka akan melihat apakah bulannya tepat atau bagaimana kondisinya, beragam macam. Variasi harga jual itupun bisa berubah sewaktu-waktu seiring berkembangkan perekonomian daerah. Ketika perekonomian semakin maju, maka harga rumah di kabupaten akan tidak terlalu berat harganya.

9 comments:

  1. kayaknya penting banget cari lokasi yg man banir di kab bandung ya mba...
    soale klo musim hujan langganan banjir nih di beberapa lokasi di sana

    ReplyDelete
  2. Huwa.. nggak enak banget kalo dapat yg lengganan banjir ya, Mbak. Kudu cari info sebanyak-banyaknya :)
    mampir rumah baruku kalo sempet ya mbak di www.awanhero.com

    ReplyDelete
  3. Aduh kebayang kl rumah kebanjiran pasti repot

    ReplyDelete
  4. Di daerah Dayeuhkolot mahal banget rumah sekarang, karena eksistensi kampusku 😂

    ReplyDelete
  5. paling nggak enak itu udah beli rumah mahal-mahal nggak taunya : sering kena banjir atau ada hantunya.. waaaa

    ReplyDelete
  6. Rumah sekarang jangankan yang dekat pusat pemerintahan, yang jauh aja sudah mahal ya mbak, tapi kalau sudah siap uangnya ngga masalah juga sih :)

    ReplyDelete
  7. Rumah sekarang jangankan yang dekat pusat pemerintahan, yang jauh aja sudah mahal ya mbak, tapi kalau sudah siap uangnya ngga masalah juga sih :)

    ReplyDelete
  8. Rumah, investasi yang menjanjikan mb..karena harga cenderung naik dari tahun ke tahun

    ReplyDelete
  9. banyak yang melipir k ekabupataen buat cari rumah skr karena kendala harga ya

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran