Tuesday, December 27, 2016

Tanda-Tanda Anak Betah di Sekolah


Sudah musim liburan ya... Dan tentunya sebelum liburan, anak-anak sudah dibagikan rapor, hasil mereka belajar di sekolah selama satu semester. Bagaimana dengan hasil rapor anak-anak, Bu? Ada peningkatan, statis/ tidak mengalami perubahan, atau malah mengalami penurunan? Anak pertama saya, Farras Alhamdulillah nilainya baik/bagus, begitupun Fayda, walaupun ini adalah semester pertama Fayda berada di sekolah dasar, karena Fayda baru kelas satu.

Melihat perkembangan sekolah mereka, anak-anak saya, sepertinya tidak ada kendala. Alhamdulillah. Selama 5 tahun Farras sekolah dan baru satu semester Fayda sekolah di sekolah yang sama dengan kakaknya, mereka terlihat menikmati masa-masa sekolahnya. Walaupun dulu... di awal-awal sekolah, karena Farras termasuk anak yang sangat aktif, membuat gurunya sempat protes pada saya karena tingkah laku Farras di sekolahnya yang tidak pernah mau diam, selalu bergerak. Berbeda dengan Fayda, karena mungkin Fayda adalah anak perempuan, Fayda cenderung penurut dan tidak pernah melakukan hal-hal yang membuat kening gurunya mengernyit atau kepala gurunya tuing-tuing :) Fayda anak yang tidak pernah mau berkonflik dengan teman-temannya. Bagi Fayda, lebih baik mengalah daripada menyakiti hati temannya. Pernah suatu kali Fayda bercerita sambil menangis kalau mukanya dicakar temannya tanpa sebab. Ketika mukanya dicakar temannya, di sekolah Fayda tidak menangis, justru ketika bercerita pada saya dia baru menangis. Saya membesarkan hatinya, kalau ada teman yang seperti itu, laporkan saja pada bu guru, tetap baik dan berteman, namun hindari berdekatan lebih banyak dengan teman yang seperti itu. Lain waktu Fayda bercerita lagi, kalau temannya yang mencakar wajahnya, tiba-tiba ngomong sama Fayda kalau dia punya kelainan. Saya kaget, kok anak kecil bisa ngomong seperti itu? Saya tanya sama Fayda, emang teman Fayda itu ngerti, apa yang dimaksud kelainan tersebut? Fayda cuma bilang, Adek gak tau Bu...

Dinamika dan aneka kejadian di sekolah anak-anak sudah datang silih berganti. Dan saya sebagai orang tua, harus tahu perkembangan psikologis anak saya selama di sekolah. Namun, seperti yang sudah saya uraikan di atas, Alhamdulillah anak-anak saya, terlihat nyaman berada di sekolahnya. Hal ini bisa saya lihat dari kelakuan atau tingkah laku anak-anak saya.

Tanda-tanda anak betah di sekolah :

1. Selalu semangat jika hendak pergi ke sekolah. 
Anak-anak saya tidak pernah mau jika harus izin tidak masuk sekolah. Mereka selalu giat berangkat sekolah. Terkadang, sedang tidak enak badan pun pengennya sekolah aja, kalau tidak saya larang keras.

2. Patuh pada nasehat guru di sekolah
Jika ada nasehat dari guru, anak-anak saya pasti mematuhi. Mereka akan mengataknnnya pada saya, jika guru memberi nasehat. Dan itu bagus menurut saya :)

3. Selalu bercerita tentang sekolah, guru dan teman-temannya
Anak-anak saya, terutama Fayda selalu bersemangat jika bercerita tentang sekolah, guru dan teman-teman sekolahnya. Entah itu teman yang baik pada mereka, ataupun teman yang suka mengganggu mereka. Namun selama ini, teman-teman yang mengganggunya tidak terlalu meresahkan mereka.

4. Pulang sekolah dengan gembira
Selama anak-anak saya sekolah, mereka tidak pernah terlihat sedih atau seperti memendam sesuatu tentang sekolah mereka. Jika saya tanya tentang sekolah mereka, mereka akan dengan senang bercerita, walaupun terkadang ada cerita yang terlewat, tapi masih wajar :)

Jadi dengan kondisi-kondisi seperti di atas, bisa diambil kesimpulan jika anak-anak betah selama berada di sekolah mereka. Orang tua pun harus bisa sesekali mengontrol anak-anak di sekolah. Dan saat pembagian rapor, kita bisa banyak bertanya pada guru tentang perkembangan anak kita selama sekolah.

20 comments:

  1. Oh maksudnya ciri2 atau tanda2 ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya ganti, telolet eh tulalit sayanya :)

      Delete
    2. kok saya masih kebaca sebagai Janda-Janda ya, bukan tanda-tanda, hehe

      Delete
  2. Anaknya mirip2 sama ibunya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. TAnda2na memang kayak di atas ya Mbak. Btw anakku pernah mogok sekolah, katanya temennya nakal dll. Duh kalo mo ke sekolah sih semangat Mbak. Pss mau berangkatnya, alasan ini ituh, huhuhu. Akhirnya aku harus jadi detektif cari tahu kenapa, alhamdulillah, skr hepi kalo sekolah. #malah curhat hehehe

      Delete
    2. iya mba, biasanya kalo anak mogok sekolah, pasti ada sesuatu yg terjadi n mesti dicari tau penyebabnya. Alhamdulillah ya, kalo skrg udah hepi :)

      Delete
  3. he eh betul. Fayda mirip bgt sama mamanya :-)

    betul mbak. kl anak senang di sekolah itu tandanya kayak yg mbak tuliskan.

    ReplyDelete
  4. Anak-anaknya udah besar ya mba, cantik dan ganteng. semoga jadi anak sholehah dan sholeh. Wah ini pas banget ini kayanya Vito masih moody, normal kali ya mba Santi. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Aamiin mba Zia, semoga vito jg tumbuh jadi anak sholeh. Normal mba Zia :)

      Delete
  5. setuju. Sebagai orang tua pun senang kalau anak-anak betah di sekolah. Berarti sekolahnya cocok

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillaah.. dapet semua tanda nya, dan liburan kali ini, kata icha anakku, sehari rasa seminggu.. he he.. agak lebay yaa.. mungkin saking kangennya masuk sekolah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Seneng ya, kalo ngeliat anak semangat seperti itu :)

      Delete
  7. banyak faktor yang mendukung anak betah dan semangat untuk sekolah...termasuk faktor teman-temannya yang baik..serta kegiatan disekolah yang tidak terasa begitu membebani...

    ReplyDelete
  8. Anak saya semangat sih mba kalo mau pergi ke sekolah tapi bangun paginya kadang - kadang masih malas hiks

    ReplyDelete
  9. Wah, gagah dan cantik Farras dan Fayda. Semangat terus menimba ilmunya, semoga tumbuh menjadi anak yang sholeh/ah dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa serta agama ^^

    ReplyDelete
  10. Bo et Obi juga selaluuuuu cerita tentang kejadian di sekolahnya.. happy banget mereka :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran