Monday, January 30, 2017

Naik Kereta Api Itu Banyak Untungnya, Tidak Percaya? Baca Ini!

Photoright:  mnn.com

Traveling merupakan sebuah aktivitas seru yang cocok dilakukan kapan saja, baik itu sedang musim libur, ataupun juga tidak. Tujuan traveling juga sangat beragam, bisa ke daerah-daerah sekitar ataupun juga yang jauh. Semuanya bisa diatur sesuai dengan apa yang diinginkan. Lebih mudahnya lagi, sekarang ini banyak moda transportasi yang bisa dipilih untuk melakukan traveling dari berbagai jalur, seperti jalur darat, udara, dan laut. Di samping itu, ragam moda transportasinya juga banyak, seperti pesawat terbang, kereta api, bus, sampai dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Salah satu moda transportasi yang akhir-akhir ini kian digemari adalah kereta api. Yup, kereta api ini memiliki banyak keunggulan dibanding dengan moda transportasi lainnya. Apa sajakah keungggulan itu? Yuk, intip beberapa keunggulan naik kereta api berikut ini!


Harga Tiket Kereta Api Murah Meriah

Sejak melakukan pertama kali pemesanan, kita akan bisa menikmati keunggulan dari memilih kereta api sebagai moda transportasi. Harga tiket kereta api ini sangat terjangkau dibanding dengan pesawat terbang. Terlebih jika kita memilih tiket kereta api dengan kelas ekonomi, dijamin budget untuk traveling masih hemat sampai ke tempat tujuan. Baik itu membeli tiket kereta api secara online ataupun langsung, harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Kereta api sekarang ini pun sudah jauh lebih nyaman dibanding dulu, untuk itu saya pun pernah traveling bersama anak-anak dengan menggunakan kereta api. Cerita lengkapnya ada disini.

Mengapa harga tiket kereta api lebih murah dibanding dengan pesawat? Hal ini terjadi karena minimnya biaya tambahan yang dibebankan kepada para penumpang. Jika memilih pesawat terbang, kita akan dibebankan biaya kelebihan bagasi, airport tax, dan lain-lain. Meskipun begitu, tentunya pesawat terbang memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan kereta api.

Keberangkatan Kereta Api Lebih Fleksibel

Memilih moda transportasi kereta api, tentu atas pertimbangan keberangkatan yang lebih fleksibel. Dalam satu rute pasti akan banyak sekali jadwal keberangkatan. Jadi, kita bisa memilih jadwal keberangkatan yang paling memungkinkan dengan waku yang dimiliki. Selain itu, ada juga beberapa tiket kereta api yang bisa dibeli pada hari keberangkatan, sehingga kita tak perlu khawatir akan kehabisan tiket. Dengan catatan, jangan membeli tiket terlalu mepet dengan waktu keberangkatan. 

Pemesanan tiket kereta api ini bisa dilakukan kurang lebih 3 bulan sebelum keberangkatan. Jadi, kita bisa merencanakannya jauh-jauh hari. Jika rencana tidak berjalan lancar, proses pembatalan tiket juga tidak terlalu ribet. Terlebih lagi, saat masuk ke dalam kereta api, kita tidak akan melewati prosedur yang rumit. Hanya menunjukkan KTP yang sesuai dengan tiket, kita bisa langsung naik ke kereta api yang sudah dipesan.

Harga Kereta Api Lebih Stabil

Dibanding dengan pesawat ataupun juga bus, harga kereta api bisa dibilang lebih stabil. Meskipun ada kenaikan, namun sangat jarang sekali terjadi. Beda dengan pesawat terbang ataupun juga bus. Pada hari-hari tertentu, terutama pada libur besar seperti halnya Lebaran, Natal, dan juga Tahun Baru, harga tiket pesawat ataupun juga bus melonjak naik.  Beda halnya dengan kereta api yang harganya cukup stabil, melihat hal ini tidak heran jika tiket kereta api seringkali habis meskipun jadwal keberangkatan masih jauh.

Kereta api memberikan tiket dengan harga yang menggiurkan juga pada hari-hari tertentu. Harga ini bisa kita pantau langsung di website milik perusahaan kereta api ataupun juga situs-situs booking online. Kita bisa memantau harga-harga tiket kereta api di situs online seperti Traveloka. Berbagai kemudahan akan kita dapatkan dengan booking tiket kereta api secara online di halaman ini.

Perjalanan Nyaman Disuguhkan Pemadangan Beragam

Bagi yang sudah pernah mencicipi naik transportasi lainnya, baik itu pesawat ataupun bus, kereta api memberikan kenyamanan yang lebih. Saat cuaca buruk, kita tetap akan bisa naik kereta api dengan nyaman. Lain halnya dengan ketakutan akan cuaca buruk saat naik pesawat terbang. Terlebih lagi, jarak antar kursi di kereta api juga cukup longgar, sehingga bisa selonjoran dan kaki tetap aman, tidak akan bengkak atau pegal meski melakukan perjalanan jauh.

Selain itu semua, di dalam kereta api, kita akan bisa bergerak bebas dan leluasa untuk ke mana saja. Ke toilet berkali-kali juga tidak jadi masalah. Apalagi jika membawa anak yang biasanya anak-anak adalah tipe yang mudah bosan, ditambah jika anak-anak kita adalah anak aktif yang tidak mau diam. Berjalan-jalan di dalam kereta api, dari satu gerbong ke gerbong yang lainnya bisa membantu melepas kebosanan anak-anak. Satu bonus lagi yang akan didapatkan karena memilih kereta api sebagai moda transportasi adalah kita akan bisa menikmati berbagai pemandangan indah yang disajikan oleh alam. Tidak jarang jalur kereta api melewati hamparan persawahan yang indah, sungai, jembatan, langit biru, dan juga area perbukitan.

Tunggu apa lagi? Jadikan kereta api sebagai transportasi untuk pergi ke destinasi selanjutnya, ya! Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh kereta api, traveling akan menjadi hal seru dan tak terlupakan.

21 comments:

  1. sudah lama tak naik kereta api lagi, terakhir prioroty bu :D

    ReplyDelete
  2. Percaya banget. Dan naik KA sekarang ini, waktunya ontime mbak :) jadi makin asik naik KA

    ReplyDelete
  3. Pas untuk yang suka mabuk ya mbak. Biasanya jarang mabuk klo naik KA. Aku punya rencana ajak Alya naik prameks mbak..KA Jogja-Solo, dengan tarif sekitar 10ribu. Pasti klo anak2 akan seneng, karena jarak ga gitu panjang, jd nggak bosen. Mungkin nunggu libur lagi.m

    ReplyDelete
  4. aku juga lebih suka naik kereta utk jarak jauh mbak, anti macet, anti mabuk, dan posisi kursinya lebih "luas" dibanding bis :)

    ReplyDelete
  5. naik kereta lebih asik ya, jaid pengen naik kereta api

    ReplyDelete
  6. Saya sepakat mba. Jadi kayak di film 5 cm ya hihihi

    ReplyDelete
  7. Sempat kaget pas tau harga kereta subang jakarta,5ribu ^^

    ReplyDelete
  8. Setuju, apalagi kereta jaman sekarang udah jauh lebih nyaman :D

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete
  9. Memang betul, nik kereta apai saat ini memang lebih nyaman, stasiun yang bersih, petugas yg ramah, gerbong yg bersih, serta tidak berjubel penumpang

    ReplyDelete
  10. Iya betul mbak...pemandangannya yang nggak kita dapat kalau naik mobil atau bus...juga murah meriah :D...sayangnya Kereta api di Indonesia cuma ada di pulau Jawa.

    ReplyDelete
  11. Saya suka naek kereta. Sayang, sekarang mah udah jarang. Gak pernah pergi jauh-jauh lagi sih. CIta-cita saya, pengen bawa anak-anak naik kereta ke Jogja. Semoga kesampaian dan mereka suka. Hehehehe...

    ReplyDelete
  12. Naik kereta itu paling suka pemandangannya

    ReplyDelete
  13. saya abelum pernah naik kereta api , jadi saya belum test keuntungan nya di mana, gara" mbak saya lebih tau, makasi mbak sharingnya

    ReplyDelete
  14. Bener-benar, harga tiker sekarang termasuk murah. Pelayanannya semakin memuaskan, memanusiakan manusia. Masih ingat jaman dulu, kalau naik kereta berjubel-jubel manusia belum pedagang yang mondar-mandir. Nanti tidurnya dibawah kursi atau lorong-lorong kereta. Dan pernah aku mengalami tidur di kamar WC karena tidak kebagian tiket kursi, yang paling ngenes lagi, dari jogjakarta ke jakarta berdiri. Sungguh tersiksa jaman dahulu kala :D

    ReplyDelete
  15. aku juga lebih suka memilih mengunakan kereta api untuk jalan-jalan jauh. Anak-anak yang aktif bisa jalan-jalan di gerbong kereta yang lega ya.

    ReplyDelete
  16. Salah satu kelebihanya kereta relatif tepat waktu, aku udah kenyang tiap hari naik KRL Jabodetabek he he

    ReplyDelete
  17. saya baru sekali naik kereta api waktu ke Jogja, sayangnya sepanjang jalan ketiduran jadi ketinggalan pemandangan indah yang tidak ditemukan saat melalui jalur bis

    ReplyDelete
  18. Tiket EXE kereta jkt - sby sama kayak tiket pesawat, itulah kenapa sekarang daku jarang naik kereta hehehe

    ReplyDelete
  19. Anak-anakku juga paling suka naik kereta api. Lebih nyaman sih emang kalau dibandingkan dengan bus.

    ReplyDelete
  20. Naik kereta selalu menyenangkan :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran