Monday, January 23, 2017

Tips Membeli Apartemen dengan Harga Terbaik

Trend tinggal di apartemen makin meningkat di kalangan para pekerja di lingkungan perkotaan besar, khususnya Jakarta. Pergeseran gaya hidup dan kebutuhan akan kemudahan transportasi pulang dan pergi ke tempat kerja sepertinya adalah dua hal utama yang mendasari naiknya trend tersebut. Padahal beberapa tahun yang lalu, kawasan pinggiran kota Jakarta masih menjadi hunian favorit bagi mereka. Para pelaku bisnis menangkap baik demand tersebut dengan berlomba-lomba menawarkan iklan jual aprtemen dengan uang muka yang menggiurkan, beragam fasilitas pendukung serta lokasi yang menarik minat para calon pembeli.

Berhati-hati dalam memilih dan membeli apartemen, kenali kebutuhan kita bukan hanya sekedar keinginan. Terlebih jika budget yang kita miliki tidak begitu longgar, maka tips berikut ini semoga dapat membimbing kita menemukan apartemen dengan harga terbaik :

1.      Kenali Developer

Tips pertama adalah memilih developer mana yang akan kita andalkan. Mengetahui man behind the gun adalah penting untuk mengetahui sejauh mana kualitas apartemen yang ditawarkan. Kenali track record si pengembang. Kredibilitasnya dapat dipelajari dari berbagai sumber informasi.



2.  Survey Lokasi

Setelah menentukan developer pilihan kita, pasti kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan lokasi apartemen. Seperti halnya membeli rumah, membeli apartemen sepaket dengan membeli lingkungan sekitarnya. Pelajari lokasi apartemen-apartemen yang diincar, terutama fasilitas umum, semisal rumah sakit, pusat perbelanjaan, stasiun atau terminal, dan sebagainya. Umumnya, makin dekat apartemen tersebut dengan fasilitas-fasilitas umum, maka harga jual apartemen yang ditawarkan cukup tinggi. Jika kita adalah pekerja kantoran, cukup pilih yang dekat dengan kantor kita saja, walaupun cukup jauh dari fasilitas umum lainnya tidak mengapa.

3.  Tentukan Kebutuhan Kita

Selain lokasi, interior apartemen itu sendiri perlu diperimbangkan dengan masak, karena kita akan membeli kenyamanan di dalamnya. Setidaknya terdapat tiga jenis apartemen yang dijual, yaitu unfurnished (tanpa furniture), semi furnished (terdapat furniture sebagian), full furnished (furniture lengkap, siap huni). Apabila kita telah memiliki beberapa furniture, maka akan menjadi sebuah pemborosan jika kita memilih apartemen full furnished. Atau jika kita bukan tipe orang yang senang tinggal dengan banyak furniture, memilih apartemen semi furnished akan terasa hemat.

Selain itu, kita pasti ingin hidup sehat di dalam apartemen kita nantinya. Sebaiknya pilihlah apartemen yang memiliki bukaan-bukaan yang optimal, sehingga pencahayaan dan penghawaan alami dapat masuk dengan leluasa.


4. Tentukan Beberapa Pilihan

Setelah poin ke 3 terlewati, tentunya saat ini kita telah memiliki beberapa kandidat apartemen idaman yang menunggu kita beli. Ada baiknya kita membuat list yang berisi kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan. Apartemen dengan kelebihan yang paling banyak layak dipilih. 

5.  Pilih momen yang pas ketika membeli

Jelang akhir tahun, umumnya para pengembang gencar menawarkan promo harga jual apartemen dengan diskon besar-besaran. Nah, momen ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Bahkan kita bisa mendapat cash back setelah membeli satu unit apartemen di masa promo tersebut.

Semoga tips-tips di atas cukup membantu dalam menemukan apartemen idaman dengan harga terbaik.

5 comments:

  1. Kalau baca2 post tentang apartemen gini, jadi mengkhayal punya satu saja, yang full furnished :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata apartemen itu bisa beli yang kosongan juga ya ?
    Lebih murah pastinya ya ... walaupun untuk saya tetep mahal, he.

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya ya... Senang juga kalau di Indonesia ada apartemen kayak di Luar Negeri,, irit tanah... pengen juga nanti punya satu :)

    ReplyDelete
  4. Sepertinya harus melihat beberapa lokasi sekalian ya Mbak, jadi bisa membandingkan dan manteb yg mana gitu. Makasih sharingnya Mbak santi :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran