Thursday, January 05, 2017

Tips Memilih Calo Untuk Menjual Rumah


Terkadang kita sudah melakukan berbagai tips rumah dijual di surabaya untuk membantu rumah bisa lebih cepat terjual terkadang sudah dilakukan, namun rumah tak kunjung laku. Nah, terkadang banyak orang yang cenderung mengambil jalan pintas dengan menggunakan perantara calo. Jika itu terpaksa dilakukan, karena ada kebutuhan mendesak maka perlu ditimbangkan segala sesuatunya secara seksama agar kita terhindar dari berbagai hal yang sifatnya akan merugikan.

Pemilihan calo atau perantara yang tepat dapat memberikan keuntungan tersendiri baik bagi kita sebagai penjual atau pun bagi si calon pembeli. Nah berikut ini beberapa tips memilih calo untuk menjual rumah yang perlu diperhatikan ketika memutuskan hendak menjual rumah memakai jasa perantara.

Tips memilih calo untuk menjual rumah yang tepat :

1.      Pilihlah calo yang jujur
Tips memilih calo untuk menjual rumah pertama adalah jujur. Pemilihan calo atau perantara (makelar) yang jujur akan memberikan kenyaman kepada kita sebagai penjual juga kepada calon pembeli. Calo yang jujur akan transparan dalam proses negosiasi dan segala hal administrasi yang berkaitan dengan proses jual beli nantinya.

2.      Pilihlah calo yang profesional
Tips memilih calo untuk menjual rumah kedua adalah profesional. Alangkah baiknya, jika memilih calo berdasarkan profesionalitasnya, bukan melulu karena kenal atau karena dia sahabat kita atau anggota keluarga kita. Jika kita memilih mengguankan calo berdasarkan kecakapan kerjanya, maka kita akan mendapatkan lebih banyak keuntungan ketimbang hanya berdasarkan kedekatan hubungan emosional atau personal.

3.      Pilihlah calo yang cocok dengan kita
Tips memilih calo untuk menjual rumah ketiga adalah cocok. Memakai jasa calo pun tidak semudah yang kita bayangkan. Kita harus sensitif dan selektif dalam memilih pihak yang cocok sebagai calo. Tanpa adanya kecocokan antara kita dan calo (makelar), maka akan sulit menjual rumah.

4.      Pilihlah calo yang memiliki jaringan luas
Tips memilih calo untuk menjual rumah yang terakhir ialah memilih calo yang memiliki jaringan luas. Hal tersebut diperlukan agar dapat menjaring calon pembeli potensial dan rumah cepat laku dengan harga yang kompetitif sesuai harapan kita.


Demikian uraian singkat tentang tips memilih calo untuk menjual rumah yang tepat. Dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemilihan calo (makelar) di atas diharapkan proses jual beli dapat berjalan secara transparan, akuntabel dan menguntungkan semua pihak. 

4 comments:

  1. Kalau untuk mencari calo yang belum dikenal seperti agar gimana gituh mbak suka melebih lebihkan, tapi biasanya kalau saya mah suka mencari orang yang kenal saja agar bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  2. Biasanya pilih tetangga atau sodara yg sudah kenal baik biar nggak ketipu :)

    ReplyDelete
  3. kami pun menggunakan jasa calo saat jual kebon.
    memang lebih cepat terjual. Kriteria yang mbak tulis dapat menjadi bahan pertimbangan ... mantab !

    terimakasih tips nya mbak Santi.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran