Wednesday, March 01, 2017

3 Pengaruh Kesuksesan Anak

Hari minggu yang lalu, saya mengikuti ya... boleh dibilang seminar lah ya, pada sebuah bimbingan belajar ternama yang ada di Serang. Kebetulan Farras sekarang kelas 5 SD, sebentar lagi akan naik ke kelas 6 SD. Dan saya memang berencana di saat Farras sudah kelas 6 SD, saya akan mengikutkannya pada bimbingan belajar, sebagai sarana dalam mempersiapkan ujian nasional kelak. Disamping itu, ikut pada bimbingan belajar, akan membawa Farras pada suasana dan lingkungan baru, yang otomatis bertemu dengan teman-teman baru. Bisa jadi kan, Farras bosan jika harus diajarkan oleh orang tuanya terus menerus :)



Dalam seminar tersebut disebutkan bahwa kesuksesan siswa dipengaruhi oleh :

1. Orang tua

Ya... orang tua yang selalu memberikan dukungan dan semangat terus menerus pada anak, akan mempengaruhi prestasinya. Bayangkan jika orang tua cuek terhadap pendidikan anak-anaknya. Berpikir bahwa, sekolah saja sudah cukup, orang tua tidak perlu lagi repot ngurusin sekolah anak maupun belajar anak. Kalau mau belajar, ya di sekolah aja... Entahlah apa ada orang tua yang berpikir seperti itu. Namun yang jelas, peran orang tua sangat penting dalam membawa anak pada kesuksesannya, baik di sekolahnya maupun di lingkungannya.

2. Sekolah (lingkungan sekolah) dan guru

Sekolah (lingkungan sekolah) dan guru adalah faktor penentu juga dalam prestasi anak. Pernah gak dulu waktu sekolah merasakan malas sekolah karena gurunya gak enak ngajarnya? hehe... Saya pernah. Perasaan kalau guru ini ngajar, kok gak masuk-masuk ya, ke otak? :)

Lingkungan sekolah yang nyaman, teman-teman yang baik, tak ada bully, tak ada ketakutan, dll akan membuat anak-anak senang bersekolah, yang akan membawa anak pada kesuksesannya dalam menempuh pendidikan. Sekolah dan guru yang tahu dan mendukung minat anak, akan membawa anak-anak memiliki prestasi cemerlang.

3. Lingkungan yang baik

Selain lingkungan sekolah yang baik dan nyaman, lingkungan lain pun semisal lingkungan di rumah, teman-teman sepermainan di rumah yang baik, bukan lingkungan yang akan membawa anak-anak pada kelakuan yang tidak baik dan jorok, 

Mencari lingkungan rumah yang baik memang terkadang susah-susah gampang ya... Sekarang ini banyak perumahan yang ditawarkan pada kita sebagai konsumen. Dan dalam memilih perumahan, kita pun perlu mencari lingkungan yang bisa memberikan kebaikan dan kenyamanan buat anak-anak kita, seperti perumahan baru di Bandung.

Jadi... ketika kita mencari perumahan, kita harus bisa sebijaksana mungkin dalam memilihnya.

8 comments:

  1. Ortu memang berperan suangat penting ya Mbak. Tak ada yg lain yg bis amenggantikannya heheheh

    ReplyDelete
  2. Betul banget itu. Lingkungan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak.

    ReplyDelete
  3. Tanggung jawab kita sebagai orang tua ya mba memberikan lingkungan yang kondusif buat perkembangan anak :)

    ReplyDelete
  4. Setuju sekali. Poin nomor 2, saya juga pernah. Saya suka pelajarannya, tapi gurunya nggak suka. Alhasil, pelajaran nggak nangkap-nangkap. :D

    ReplyDelete
  5. Iya mbak, menurutku lingkungan rumah/lingkungan sekitar pengaruh banget ke perkembangan anak.
    Aku juga pengen masukin raka bimbel..nunggu kls 6juga..ndak bosan klo dr sekarang

    ReplyDelete
  6. Selain orang tua lingkungan juga sangat mempengaruhi ya mbak. Saya bersyukur saat ini tinggal di lingkungan yang baik, tetangga juga baik dan pengaruhnya positif. Jadi kami bisa ikutan berperilaku baik juga, terutama secara keagamaan jadi lebih religius :)

    ReplyDelete
  7. lingkungan adalah faktor yang sulit untuk dikendalikan sepenuhnya ya mbak.. jadi memang memilih tempat tinggal jg jadi faktor penting bagi ortu

    ReplyDelete
  8. semoga kita menjadi orang tua yang baik dan sayang anak buat masa depan mereka
    sayang anak sayang anak sayang anak

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran