Friday, March 17, 2017

Pentingnya Kerjasama dalam Pengembangan Sebuah Lembaga

Lembaga dalam kamus besar bahasa Indonesia salah satu artinya adalah badan (organisasi) yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan keilmuan atau melakukan suatu usaha. Lembaga memiliki sebuah struktur dan sistem yang memiliki kompleksitas tinggi karena mencakup segala aspek. Lembaga atau organisasi memiliki sebuah tujuan tertentu, misalnya lembaga hukum akan didasari oleh hukum, lembaga pendidikan merupakan badan yang berisikan orang-orang yang bergerak dibidang pendidikan dan memiliki struktur dan tujuan berkenaan dengan pendidikan. Sebagai motor penggerak dalam sebuah lembaga, pelaku dalam hal ini manusia yang berada dalam organisasi tersebut akan menggerakkannya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Seringkali, masih terjadi kekurangan disana-sini maka sebuah lembaga biasanya bekerjasama dengan lembaga lain untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Sebagai contoh lembaga pendidikan milik perusahaan Kalbe yang bernama Kalbis Instiute atau yang juga dikenal dengan nama kampus kalbe.


Kampus ini memiliki akses yang baik untuk mahasiswanya dalam memperoleh pekerjaan karena nama perusahaannya yang besar, dimana Kalbe merupakan perusahaan farmasi yang dikenal se-Asia Tenggara. Nilai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi lembaga lain untuk bekerjasama. Kampus yang telah berdiri sejak 1992 ini juga telah berkembang menjadi kampus yang besar dengan memiliki beberapa prodi dan strata pendidikan dari D3 hingga S2.

Untuk pengembangan kampusnya, perusahaan kalbe menginginkan peningkatan mutu dan mahasiswa yang masuk menjadi 8000 mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut kampus kalbe menggandeng lembaga lain yang dianggap memiliki kredibilitas tinggi yaitu BINUS. Binus yang telah memiliki pengalaman dalam pengembangan sekolahnya selama 30 tahun dianggap dapat menjadi partner terutama pada admisi dan peningkatan mutu pendidikan.

Kampus yang memiliki program khusus game computing dan technology yang berada di naungan program studi Teknik Informatika ini juga bekerjasama dengan beberapa game developer dalam berbagi ilmu. Bahkan untuk lulusan terbaik berkesempatan untuk bekerja pada perusahaan game developer yang menjadi partner kampus ini. Bentuk-bentuk kerjasama itulah yang dapat meningkatkan mutu dari pendidikan di kampus kalbe.

Jadi sebaiknya setiap lembaga harus meningkatkan mutunya dari tahun ke tahun agar memiliki daya saing yang baik dan memberikan output yang baik juga. Peningkatan dapat diperoleh dengan banyak cara termasuk mendatangkan orang yang berpengalaman atau langsung bekerjasama dengan lembaga lain yang ditinjau dapat meningkatkan mutu dari lembaga itu sendiri.

4 comments:

  1. Sekarang emang teknologi makin canggih, kalau nggak dikembangin maksimal sayang banget ya Mbak

    ReplyDelete
  2. wooooow.. KALBE punya kampus??? keren ya mak.. aku baru tahu lhooo.. terimakasih informasi nya ya mak..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Wah,,saya pikir lembaga-lembaga itu saingan,,tapi nyatanya malah kerja sama. Seperti blogger juga, saling menguatkan satu sama lain. Loh, kok :D

    ReplyDelete
  4. Wah, keren. :) Meski sebenarnya aku kurang mengerti tentang dunia kampus

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran