Wednesday, October 25, 2017

Pesona Wisata Kabupaten Semarang


Menurut wikipedia, Kabupaten Semarang pertama kali didirikan dan diberi nama oleh Raden Kaji Kasepuhan yang dikenal sebagai Ki Pandan Arang II. Ketika dalam perjalanan Ki Pandan Arang II menjumpai deretan pohon asam. Asam bahasa Jawanya asem, yang berjajar secara jarang. Bahasa Jawa jarang adalah arang-arang, maka terciptalah nama Semarang.

Masih menurut wikipedia, Kabupaten Semarang ditetapkan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1950 tentang pembentukan kabupaten-kabupaten dalam lingkungan provinsi Jawa Tengah. Pada tahun 1969-1979 ibukota Kabupaten Semarang berpindah ke Ungaran. Sebelumnya pusat pemerintahan berada di daerah Kanjengan (Kota Semarang).

Saat ini Kabupaten Semarang semakin menggeliat. Dilihat dari gencarnya pemerintah daerah Kabupaten Semarang dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dalam mempromosikan wisatanya. Hal ini tetunya sangat bagus dan positif.  Pemerintah daerah Kabupaten Semarang terus menggali potensi wisata yang dimiliki Ungaran sebagai ibukota Kabupaten Semarang. Tenyata pemerintah daerah setempat sangat jeli dengan terus menggali potensi wisata lalu dipromosikan secara gencar yang bisa meningkatkan PAD yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar Kabupaten Semarang.

Pariwisata Kabupaten Semarang ternyata beragam. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, wisata buatan, desa wisata, juga wisata budaya. Silahkan dipilih, kemana hendak berwisata. Apakah ingin berwisata sejarah, atau berwisata kuliner? Dijamin tidak akan mengecewakan :) Karena pastinya kita semua tahu bahwa Kabupaten Semarang memang menawarkan beragam wisata yang sangat menggiurkan dan akan meninggalkan kesan yang menyenangkan. Dari segi kulinernya saja, Kabupaten Semarang memiliki kuliner khas yang bisa kita coba dan nikmati diantaranya tahu bakso Ungaran yang terkenal, lumpia, bakpia, wingko babat, getuk goreng, bandeng presto, dll. Belum lagi aneka kuliner hasil inovasi masyarakat sekitar yang akhirnya menjadi kuliner khas daerah Semarang.

Saya sendiri sudah beberapa kali ke Semarang karena adik ipar tinggal di Semarang. Anak-anak pun sudah beberapa kali mengunjungi tempat wisata yang ada di daerah Semarang. Seperti museum kereta api Ambarawa yang merupakan wsiata sejarah Kabupaten Semarang, juga berwisata buatan di daerah Bandungan, Ungaran. Penting kan, jika anak-anak mengetahui sejarah bangsanya. Tempat-tempat wisata yang seperti ini yang bermanfaat bagi anak-anak juga akan menambah pengalaman dan pengetahuan anak-anak. 

Baiklah kita tengok satu persatu wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

1. Wisata Alam
Tempat wisata alam Kabupaten Semarang sungguh banyak, diantaranya adalah : Curug Tejo Asmoro, Cemoro Sewu, Curug Kembar baladewa, Curug 7 bidadari, hutan wisata Penggaron, dll

Curug Kembar Baladewa.
sumber www.kabsemarangtourism.com

2. Wisata Sejarah, diantaranya adalah : Museum Kereta Api Ambarawa, Candi Gedong 9, dll

museum kereta api Ambarukmo

3. Wisata Religi, diantaranya adalah : Makam & Masjid Nyatnyono, Klenteng Sam Po Kong, Vihara Buddhagaya Watugong Semarang, dll

makam & masjid nyatnyono
sumber www.kabsemarangtourism.com

4. Wisata Kuliner, diantaranya adalah : sudah saya sebutkan diatas. Kuliner Semarang memang sangat beragam, sehinga jika kita mengunjungi Semarang, tidak bingung untuk membeli oleh-oleh, saking banyaknya oleh-oleh khas Semarang. Contohnya adalah tahu serasi yang merupakan makanan khas dari Bandungan, Ambarawa.

tahu serasi
sumber www.kabsemarangtourism.com

5. Wisata Buatan, diantaranya adalah Umbul Sidomukti, Pemandian Muncul, Bandungan Indah Water Park, dll

naik kuda di wisata buatan, Bandungan, Ungaran


wisata buatan di Bandungan, Ungaran

6. Desa Wisata, diantaranya adalah : Desa Wisata Bantir Hills, Desa Wisata Kemetul, Kampung Pelangi, Jemabatan Biru Tuntang, dll

bantir hills
sumber www.kabsemarangtourism.com

7. Wisata Budaya, diantaranya adalah : Kuda Lumping, Keprajuritan merupakan tarian yang berasal dari daerah Getasan mengisahkan tentang perjalanan Pangeran Sambernyowo, Tongkling adalah kesenian yang merupakan wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan unsur gotong royong yang berada di desa Harjosari Kecamatan Bawen.

Nah... jika kita tahu begitu banyak pesona wisata yang ada di negeri kita tercinta ini, seperti pesona wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Semarang, kenapa mesti jauh-jauh kita berwisata? Selain akan menambah kecintaan kita terhadap negara kita, pengetahuan kita tentang tempat wisata yang beraneka ragam yang ada di negara kita pun akan bertambah, disamping itu membantu mempromosikan pariwisata negara kita pada wisatawan mancanegara yang akan menaikkan PAD. Ayo berwisata ke Kabupaten Semarang :)


18 comments:

  1. semarang, nggak kalah dengan yogya ya mbak. semoga aja mas bisa kesana :D

    ReplyDelete
  2. Setuju kak, wisata semarang memang wajib kunjubgingi,
    ,banyak sekali wisata2 semarang yang perlu di explore


    Back ya kak, salam kenal
    Www yukgas id

    ReplyDelete
  3. dulu sepertinya pernah ke semarang deh.. tapi hanya lewat saja :D
    Semoga menang ya mbaak lombanya :)

    ReplyDelete
  4. wisata sejarah yang terkenal lainnya lawang sewu, sama gunung ungaran :)

    ReplyDelete
  5. Meski belum pernah kesana.. tp lihat pemandangannya aja udah adem... pasti seru klo bisa kesana... apalagi klo kesana nya sama si dia... ehemb.. 😊😊

    ReplyDelete
  6. lengkap ya wisata di sana , perlu buat ngadem dan nambah wawasan

    ReplyDelete
  7. Tinggal di kota Semarang tp blm sempat mampir ke kabupatennya. Mupeenggg...

    ReplyDelete
  8. Sekali2nya ke semarang itu dulu bangettt ternyata banyak ya pilihannya pengen e mulih jowo maneh mampir semarang

    ReplyDelete
  9. Mau coba ke museum KAnya..
    Seru kayanya Mbak yah heheh
    Dilu cuma lewat doang ke semarang

    ReplyDelete
  10. waaah, keren banget ya wisata di Semarang, belum pernah ke sana

    ReplyDelete
  11. Traveling ke Semarang ajak anak-anak kayaknya seru, ya

    ReplyDelete
  12. dija pingin ke museum ambarawa itu lhoo
    naik kereta api jaman dulu

    ReplyDelete
  13. Wisata alamnya sejuk, bikin kangen. Aku baru beberapa tempat. Masih pengen menjelajahi wisatanya.

    ReplyDelete
  14. Ilmu baru nih semarang ternyata dari kata asem dan arang digabung dari semarang hehehhe. Tapi jujur sih dari dulu pengen banget ke semarang terutama ketika saya lihat film ku kejar cinta sampe negeri china tuh loh. Beberapa wisata di eksplor semua dalam film itu. Mulai dari simpang lima, masjid agung semarang, sam poo kong, terus juga kapal laksamana cheng ho. Ahh benar memang kata mbak santi dewi. Di semarang semua wisata lengkap. Mulai dari wisata alam, religi, sejarah sampai kuliner yang lezar pun tersedia

    ReplyDelete
  15. Baru beberapa yang aku pernah ke sana mba..

    Harus lebih.sering nih maen ke.Semarangnya

    ReplyDelete
  16. Iya, wisata Kabupaten Semarang ternyata kaya banget, kudu lebih sering dipromosikan ya :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran