Friday, December 08, 2017

Ide Unik Desain Rumah Minimalis Untuk Pengantin


Pernikahan adalah sesuatu yang dinantikan oleh setiap insan yang belum menikah.  Jika teman-teman dan pasangan sedang menantikan hari bahagia tersebut, atau baru menikah, tempat tinggal adalah hal terpenting yang dipikirkan selanjutnya. Ada beberapa ide desain rumah minimalis, yang bisa dijadikan contoh untuk merancang rumah idaman teman-teman.

Mengingat semakin tingginya harga properti, tidak ada salahnya untuk membeli sebuah rumah mungil terlebih dahulu. Teman-teman bisa mencari rumah dengan tipe kecil, dengan dua kamar saja. Pasangan pengantin baru sedang mencicipi indahnya kehidupan berdua. Jadi, belum membutuhkan banyak ruangan di dalam rumah. Namun demikian, dengan berjalannya waktu, kelak akan hadir anak-anak di tengah-tengah teman-teman, jadi alangkah baiknya jika teman-teman juga mempersiapkan minimal satu kamar tidur, agar bayi atau anak yang hadir kelak memiliki ruang pribadinya sendiri. Membeli rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit, termasuk untuk mendesain interiornya.  Agar lebih hemat dan praktis, cobalah untuk menggunakan desain minimalis. Selain tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendesainnya, konsep ini juga sedang kekinian.

Bagi teman-teman yang belum memiliki pengalaman memiliki rumah, memilih dan mengatur desain rumah bukanlah hal yang sederhana, termasuk mendesain rumah minimalis. Nah, agar tidak bingung pahami dulu apa yang dimaksud dengan rumah minimalis.

Rumah minimalis adalah rumah yang mengedepankan arsitektur dengan gaya minimalis. Menurut website majalah arsitektur dan desain, gaya ini mengikuti gaya hidup sederhana masyararakat Jepang, yang disebut dengan ‘Zen’. Prinsip dasar dari filosofi ini adalah, semakin sedikit benda yang kamu miliki, maka hidup kamu akan semakin bahagia. Rumah bergaya minimalis tidak ada hubungannya dengan ukuran bangunan atau tipe rumah, seperti yang banyak orang kira. Rumah minimalis artinya rumah dengan konsep gaya arsitektur minimalis. Rumah dengan ukuran bangunan besar pun bisa saja mengadopsi gaya minimalis, untuk diterapkan di rumah tersebut.

Kamar Tidur Pengantin Baru
Setelah mengenal rumah minimalis dan tipe ukuran rumah di Indonesia, teman-teman bisa memilih desain rumah minimalis dari 5 ide unik ini. Mari kita intip ide-ide menarik di sini, antara lain:

Tradisional Indonesia
Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat memesona mata. Siapa yang menolak jika ditawari tinggal di rumah minimalis dengan dua kamar tidur saja, tapi sangat nyaman dilihat? Misalnya rumah minimalis bernuansa Bali. Pasti akan membuat hari-hari teman-teman semakin penuh cinta. Desain rumah dengan memasukkan nuansa tradisional Indonesia bukan hal baru. Banyak pengembang perumahan telah menerapkannya untuk menarik minat pembeli. Sama seperti desain rumah bernuansa Jepang atau Eropa, rumah dengan desain bernuansa tradisional laku dijual di kota-kota besar. Teman-teman dapat memperoleh ide desain rumahnya dari majalah serta website arsitektur dan desain dari luar negeri. Nuansa tradisional yang seringkali dipergunakan adalah Bali, Jawa, dan Sumatera.

Nuansa Modern
Desain rumah minimalis bernuansa modern, barangkali jarang terpikir oleh kita. Padahal ide ini cukup unik untuk diterapkan pada desain rumah murah di Surabaya tempat tinggal teman-teman kelak, bersama pasangan hidup. Modern di sini berarti segala model ruangan, letak jendela dan pintu, serta pemilihan bahan bangunan mengadopsi gaya masa kini. Jika teman-teman memiliki banyak ide untuk mengadopsi gaya futuristik, teman-teman dapat menerapkannya pula pada desain rumah minimalis bernuansa modern ini. Cobalah berdiskusi dengan pasangan teman-teman, mengenai desain moden seperti apa yang cocok diterapkan pada rumah tempat tinggal teman-teman. Contoh desain rumah bernuansa modern, dapat dilihat pada pemilihan bahan teralis untuk jendela. Teman-teman dapat memilih yang bernuansa kekinian dengan bahan produk inovasi terbaru, dan berwarna terang seperti perak atau putih gading. Cantik bukan?

Nuansa Alam
Keindahan alam selalu memesona hati, bukan? Langit yang biru dinaungi awan putih berarak, rumput menghijau, tanah yang berwarna cokelat, dan warna-warni bunga, membuat kita merasa bahagia. Mengapa tidak mengadopsi saja nuansa alam, ke dalam desain rumah minimalis untuk teman-teman dan pasangan? Tentu saja karena bernuansa alam, maka pemilihan warna untuk kusen jendela, warna pintu, dan sebagainya, bisa disesuaikan dengan warna-warna yang menonjol di alam. Seperti biru, hijau, cokelat, dan kuning. Apalagi jika teman-teman dan pasangan adalah tipikal pasangan masa kini, yang senang bertualang menjelajahi alam. Pasti pasangan teman-teman akan sangat bahagia, bisa menghabiskan hari-harinya di rumah dengan nuansa alam ini. Tidak percaya? Coba saja, deh J

Nuansa Pedesaan (country)
Pedesaan atau country, bisa menjadi ide unik untuk membuat desain rumah minimalis khusus pengantin baru. Warna-warna lembut, keceriaan bunga dan segarnya dedaunan, dapat membuat hari-hari teman-teman semakin menyenangkan. Teman-teman dapat menyiasati nuansa pedesaan ini, ketika membangun rumah dan merancang bentuk pintu atau jendela. Teman-teman bisa memakai bentuk yang unik, seperti rumah Hobbit yang melengkung bundar. Tentu ingat ya, film besutan Peter Jackson itu? Ide ini sepertinya membutuhkan perencanaan yang matang. Namun, teman-teman dapat berkonsultasi dengan arsitek atau kontraktor pengembang rumah. Selamat berkreasi J


Selamat mencoba ide desain rumah murah di Surabaya unik diatas untuk memperindah desain rumah minimalis idaman pasangan yang baru menikah. Selamat menempuh hidup baru :)

4 comments:

  1. biar bukan pengantin baru, rumahku minimalis n perlu didesain ulang nih :D

    ReplyDelete
  2. Kayaknya nuansa alam bagus juga buat pasangan yang tidak baru lagi, lumayan kalo ada suasana baru kan gimana gitu, rasa berbulan madu hihihi

    ReplyDelete
  3. Pengen banget rumah yang minimaliiiis. Dari pengamatan saya, rumah yang minimalis terasa lebih spacey dan enak buat wara wiri ke sana ke mari muehehehe

    ReplyDelete
  4. Pengin bgt suatu saat punya rumah yg desainnya minimalis semoga bisa punya 😄

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran