Tuesday, May 22, 2018

Bahan jilbab yang Nyaman Digunakan Sehari-hari

Bahan jilbab - Seiring dengan perkembangan fashion pakaian muslimah yang ada di Indonesia, jilbab, sebagai salah satu pelengkap pakaian muslimah pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Berbagai macam model dan jenis bahan bisa kita pilih untuk kegiatan kita sehari-hari, maupun untuk kegiatan resmi yang akan kita hadiri. 

Dengan adanya berbagai macam jenis bahan jilbab, kita bisa memilih mana yang nyaman menurut kita untuk kita pakai sehari-hari. Kenyamanan menggunakan jilbab, akan membuat aktivitas kita pun terasa nyaman dan tidak terganggu. Bayangkan jika kita sedang di luar rumah, di panas matahari yang terik, jika kita menggunakan bahan jilbab yang panas, pastinya aktivitas kita akan terganggu.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bahan dan jenis jilbab yang nyaman digunakan sehari-hari.
Bahan untuk jilbab sangat bermacam-macam dan cara perawatan yang dilakukan juga tidak semuanya sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis jilbab yang banyak sekali macamnya agar tidak salah memilih atau salah saat membeli.

Jika kita adalah perempuan yang senang bergerak, bahan atau jenis jilbab yang dipilih lebih baik memiliki tekstur lentur untuk mendukung aktivitas kita.



Berikut beberapa bahan jilbab yang nyaman digunakan sehari-hari:

1.    Higet
Bahan jilbab yang pertama adalah Higet. Higet merupakan bahan untuk jilbab yang berbentuk kaos yang cukup tipis dan memiliki tekstur sedikit kasar. Bahan untuk jilbab ini murah dan paling banyak digunakan untuk kaos atau jilbab saat kampanye. Bahan higet ini jarang digunakan untuk menghadiri acara formal karena bahannya yang tipis dan kadang mengkerut.

2.    Katun
Bahan jilbab yang nyaman digunakan sehari-hari selanjutnya adalah katun. Cara perawatan bahan ini sangat mudah dan cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari meskipun bahannya yang kaku dan tebal membuatnya sulit untuk diibentuk sesuai dengan gaya berkerudung yang diinginkan. Bahan katun ini sering digunakan kaum hawa yang pada umumnya di Indonesia sejak adanya trend hijabers muncul untuk berbagai acara, mulai dari acara yang sangat santai, bekerja di kantor, sampai formal sekalipun.

Katun terdiri dari dua jenis, yaitu kain katun combed dan kain katun caded. Kain katun combed memiliki serat yang lebih halus sedangkan kain katun caded memiliki serat benang yang kurang halus dan rajutannya kurang rata.

Bahan katun terbuat dari kapas alami murni 100%. Untuk jenis katun yang memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan mampu menyerap keringat membuat pemakainya sangat nyaman dan cocok ketika digunakan pada acara santai. Katun tersebut sering disebut dengan katun paris. Bahan katun ini  tidak mudah kusut, tidak mudah luntur, dan tidak berbulu.

3.    Polyster
Polyster menjadi bahan jilbab terakhir yang nyaman digunakan sehari-hari. Selain itu, bahan untuk kerudung ini cocok untuk digunakan dimana saja, mulai dari aktivitas sepanjang hari atau saat akan datang ke acara formal. Bahan Polyster tidak mudah kusut dan tidak membutuhkan perawatan khusus jadi tak heran jika jenis ini memiliki banyak peminat. 

Bahan Polyster ini susah atau kurang bagus saat menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan saat cuaca sedang panas. Selain itu, bahan untuk kerudung ini memiliki tekstur yang kurang lentur karena serat yang dimiliki tebal dan kaku sehingga sulit untuk digunakan atau dikreasikan menjadi model berjilbab yang diinginkan. Tak hanya itu, bahan untuk jilbab ini cukup panas saat digunakan apalagi jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Dengan begini, kita bisa memilih waktu yang tepat jika ingin menggunakan bahan jilbab dengan bahan Polyster, misalnya saat musim dingin atau musim hujan.

Itulah beberapa jenis bahan jilbab yang nyaman digunakan sehari-hari. Dengan mengetahui jenis dan tekstur yang dimiliki bahan jilbab maka kita tidak akan salah memilih jilbab saat akan beraktivitas. Semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. kalau aku suka yang bahan adem... kaya kaos gitu

    ReplyDelete
  2. aku sukanya bahan yang nyaman dan gak bikin gerah, plus mudah dibentuk - bentuk gitu hehe

    ReplyDelete
  3. aku suka yg bahannya lemes n gampang diatur :)

    ReplyDelete
  4. dulu booming bahan jersey ya, lama2 ga suka saya karena jiplak membentuk kepala dan tubuh

    ReplyDelete
  5. Aku suka bahan katun sih, adem kalau dipakai.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran